badge

Street Gourmet Bandung : Bis Kuliner Keliling kota Bandung

Kulineran di Bandung memang ngga ada habisnya, selalu saja ada yang baru, yang lebih enak, yang unik dan seterusnya. Seperti kali ini kami berkesempatan mencoba kuliner di dalam bis, keliling kota Bandung.
Hah? Gimana maksudnya?. Jadi ya, sesuai dengan taglinenya; City Tour While You Dine In , dengan Street Gourmet Bandung ini kita tuh naik bis kelilingan kota Bandung, ke titik-titik menarik dari kota Bandung alias City Tour selama 1,5-2 jam sembari menikmati masakan yang disajikan di dalam bis Street Gourmet ini, settingan bis-nya sendiri seperti diner/restoran yang cukup mewah lho. Seru deh.

Penggagas konsep restaurant on a bus ini adalah dua gelandang Persib yaitu Tony Sucipto dan Airlangga Sucipto. Konsep bis restoran dengan keliling kota ini merupakan konsep pertamakali di Indonesia dan merupakan negara ke 5 yang memilikinya selain; Spanyol, Perancis, Inggris dan India.
Street Gourmet ini memadukan konsep kuliner dan pariwisata, jadi memang kita akan makan masakan yang disiapkan para kru-nya langsung di dalam bus. 

Fasilitas Bus Street Gourmet Bandung ini :
- Bis Full AC
- 24 seat/tempat duduk (kombinasi meja isi 4 orang dan 2 orang)
- TV layar lebar
- Fasilitas Karaoke (buat rombongan keluarga besar biasanya suka nih nyewa 1 bis)
- Internet gratis / Wifi
- Tour guide
- Colokan listrik
- Apron supaya baju kita tidak kotor kena makanan (ini dipinjamkan aja, jangan dibawa pulang ye)
Interior Bus Street Gourmet Bandung
Pengalaman kita mencoba Street Gourmet Bandung ini sangat menyenangkan. Dimulai dengan pemesanan tempat yang cukup lewat telpon/SMS ke 081703267777 dan langsung dijawab dengan responsif. Atau bisa juga mampir ke Mr Komot di jalan Cilaki no 45, Bandung.

Supaya lebih yakin dapat tempat, disarankan untuk melakukan pemesanan beberapa hari sebelumnya, waktu itu kami memesan 2 hari sebelumnya, lalu kita diminta konfirmasi lagi sehari sebelumnya. Buat pemesanan tempat minimal 2 orang dan maksimal 24 orang (sesuai jumlah bangku), bahkan bisa pesan tempat untuk private party (siapa tau ada yang mau bachelor/bachelorette party atau mau ngelamar pacarnya dsb, mereka bisa dekorasi juga kok - liat aja foto-foto di IG nya Street Gourmet Bandung ini)

Biaya dan Jadwal trip Street Gourmet Bandung
Street Gourmet ini mengenakan biaya Rp 150 ribu plus PPN 10% per orang, sudah termasuk 1 set menu yang terdiri dari hidangan pembuka (salad dan sup), makanan utama dan makanan penutup.

Ada beberapa jadwal keberangkatan Street Gourmet Bandung yang bisa kita pilih untuk ikutan :
- Jam 9 pagi
- Jam 12 siang
- Jam 3 sore
- Jam 6 malam

Masing-masing dengan lama perjalanan dari 1,5 jam hingga 2 jam (tergantung tingkat kepadatan lalu lintas kota Bandung).
Kami ikut jadwal yang jam 12 siang, biar sekalian makan siang, soalnya jam lainnya kan nanggung jam makannya ya. Nah disarankan untuk tiba di tempat mangkalnya itu sekitar 1 jam sebelum waktu jadwalnya, supaya bisa milih tempat duduk yang strategis dan ngga kemepetan.

Dimana sih Street Gourmet Bus ini?
Tempat mangkal bus Street Gourmet sekaligus tempat bertemu (dan membayar) Street Gourmet ini adalah di Jalan Cilaki no.45, Bandung (sekaligus tempat Mr. Komot - partner kerjasama Street Gourmet ini).

Kita bisa bayar tunai ataupun menggunakan transfer KlikBCA, sayangnya Street Gourmet ini belum menerima pembayaran dengan kartu kredit ataupun kartu debet karena memang mesin EDC-nya belum ada. Cukup disayangkan karena dengan biaya segitu per orang kan kalo beramai-ramai lebih enak ngutang yeh (alias gesek kartu kredit).
Start dari jalan Cilaki no 45 bandung
Ada toleransi sekitar 15 menit untuk yang terlambat datang, sekalian juga bisnya masih dibersihkan dan para kru juga beberes dulu. Saya sempet sih ngintip masuk duluan sewaktu mereka masih bebersih, hehehe badung ya, untung gak diusir..hihihi.

Bagian dalam bis Street Gourmet ini cukup mencengangkan saya, hahaha...saya ngga berharap banyak sih tadinya, saya pilir ah paling gitu aja interiornya. Ternyata akika salah cyiiin...interior bus Street Gourmet ini mewah pisan euy...ciamik, dan berkelas sekaliiii.
Modelnya kayak diner ala US gitu, dengan sofa-sofa berlapis kulit, ada beberapa meja untuk 4 orang dan 2 orang, terus ada tipi LCD layar lebar di sisi depan dan belakang, dapurnya juga kinclong. Di masing-masing meja disediakan colokan listrik jadi kita bisa sambil nge-charge gadget/ponsel kita sembari makan (dan sightseeing di dalam bis).

Sewaktu kita sudah duduk semua di dalam bus, teteh 'pramugari'nya ngejelasin beberapa hal tentang perjalanan yang akan kita lakukan, termasuk peraturannya itu kita ngga boleh berdiri atau jalan-jalan di dalam bis, jadi kudu duduk manis aja di meja kita, soalnya kan pelayannya akan mondar mandir nganterin makanan, ribet banget kalo peserta trip juga ikut-ikutan berdiri dan jalan di dalam bis.

Teteh dan Aa' yang mengawal perjalanan kita keliling Bandung
Makanan Street Gourmet Bandung
Jujur sewaktu saya tau bayarnya Rp 150 ribu++ itu dapet 4 macam makanan per orang, saya ngga terlalu berharap banyak untuk cita rasanya. Murah lho itu kalau dipikir-pikir. Dengan harga segitu, per orang itu kan dapat 4 macam makanan pembuka (salad dan sup), makanan utama dan makanan pencuci mulut.
Ternyata dugaan saya salah total. Sewaktu saya mencicipi menu makanan pembuka kita yang pertama kali dikeluarkan yaitu saladnya, ...damn...this is goood!.

Oiya ada 3 macam set menu Street Gourmet Bandung yang bisa dipilih;
Set Menu GOURMET 1:
- Appetizer: Nicoise Salad dan Green Pea Soup
- Entree: Burger Steak (dengan kentang goreng/mashed potato)
- Dessert: Pannacota


Set Menu GOURMET 2:
- Appetizer: Sweet Sour Salad dan Potato Soup
- Entree: Manchurian Chicken (dengan nasi)
- Dessert: Volcano

Set Menu GOURMET 3:
- Appetizer: Karedok dan Dori Soup
- Entree: Nasi Campur
- Dessert: Colenak atau Lupis

Saya milih Set GOURMET 1 dan Pak Suami milih Set Menu GOURMET 2, emang agak males milih yang nomer 3 karena selera aja sih, kita berdua ngga ada yang doyan Karedok dan kayaknya dessert dari Menu 1 dan 2 lebih enak aja, hihihihi.
Appetizer menu set 1 dan 2 : sup dan saladnya enak semua
Main course set menu 1; Burget Steak
Main course set menu 2; Manchurian Chicken
Pannacotta set menu 1 ini enak bangettt, rasa mangga gitu...yumm..
Dessert set menu 2; Volcano, ga seenak Pannacotta sih, tapi enak juga
Karena kita milih 2 menu yang berbeda, jadilah kita bisa saling nyicipin pesenan masing-masing, Saya paling suka Green Pea Soup, Sweet Sour Salad, dan Pannacota-nya. Burger Steak-nya sebenernya agak kurang greget karena dagingnya agak kering dan bumbu sausnya kurang banyak (tapi boleh nambah saus sih sebenernya), terus Volcano-nya ngga seenak yang dibayangin. 

Rute City Tour Bandung dengan Street Gourmet
Kita berkeliling pusat kota Bandung selama kurang lebih 2 jam (tergantung kepadatan lalu lintas), karena bisnya sendiri berjalan dengan kecepatan 30 km/jam, jadi kita juga makannya santai terus kalau foto-foto juga hasilnya ngga goyang (penting banget kan motoin makanan sama selfie-selfie gitu, hehehe).
Rute yang kita jalani kemarin dengan Street Gourmet itu umumnya melewati bangunan bersejarah di kota Bandung;

Jalan Cilaki - Gedung Sate Bandung - Simpang Dago -  Sepanjang Jalan Dago - Bandung Indah Plaza -  Jalan Asia Afrika - Aun-Alun kota -  Persimpangan Bank Indonesia -  Jalan Braga - Jalan Suniaraja - Jalan Sudirman - Jalan Pasirkaliki -  Jalan Padjajaran - Jalan Wastukencana - Jalan Cipaganti - Jalan Setiabudi - Jalan Cihampelas - Jalan Riau - dan kembali ke Jalan Cilaki.

City Tour kota Bandung
Selama perjalanan, sang tour guide juga memberi penjelasan dan cerita tentang bangunan atau area yang kita lalui, namun kita tidak berhenti di tempat-tempat wisata tersebut jadi kita hanya bisa melihat nya dari dalam bis saja.

Oiya lucu deh, sewaktu baru naik dan duduk di meja kita itu tetiba ada yang negor saya gitu, dia bilang suka baca blog ini, seneng deh serasa ketemu fans, wakakak..makasih ya @cikahendra !
Foto bareng @cikahendra
Cocok ngga kalau naik Street Gourmet ini dengan anak-anak?
Lalu menurut saya (yang ngga punya anak tapi suka sok tau ngasi tips) kalau mau ajak anak kecil naik bis Street Gourmet ini sebaiknya bocah-bocahnya disuruh duduk di pinggir dalam meja supaya ortunya bisa ngejagain duduk di sisi luarnya, karena kalau bis sudah jalan, ngga boleh ada yang jalan-jalan di dalam bis.
Terus kalau anaknya suka bosenan, harus dipikirin gimana caranya supaya mereka ngga tetiba tantrum. Oiya setau saya sih ngga ada toiletnya ya bis ini, nah itu juga kudu dipikirin yak kalau bawa bocah-bocah (maap ngga bisa ngasi tips gimana caranya supaya bocah ngga ngompol di bis ini, wakakak).
Selain itu mungkin plis kalau masih punya bayi (dibawah 3 tahun) mah ngga usah sok-sokan ikutan bis ini deh, daripada bikin bete penumpang yang lain kalau bayinya jejeritan atau repot kudu ganti popok dsb. Ngga ada peraturan tertulis dari Street Groumet terkait ini sih, jadi ya common sense aja lah ya..

Buat yang suka main ke Bandung buat kulineran, cobain deh Street Gourmet Bandung ini..dijamin ngga nyesel. 
Seperti biasa...bonus selfie yaakkk..

STREET GOURMET BANDUNG
Jl Cilaki no 45, Bandung
Instagram : @streetgourmet_bdg
RSVP:  telpon/SMS ke 081703267777 
atau Walk-in @mr.komot

Hotel di sekitar Street Gourmet Bandung bisa dicari disini

Untuk yang ke Bandung males bawa mobil atau mau ikutan Street Gourmet Bandung ini tapi males bawa mobil, bisa pakai Uber taxi aja kok..pakai Kode Promo Uber : VARIA9UE ya buat dapetin Free Ride Uber Taxi senilai Rp 75 ribu!.
Caranya bisa dibaca di review kita tentang Uber Taksi.




32 comments:

  1. gile keren banget bus nya!!
    what a unique experience ya... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. yoiihh, keren yaah...gw juga impress bgt sama konsepnya

      Delete
    2. Evita cephas cariadhyJuly 9, 2017 at 7:11 AM

      Asyiik ,pengen akh ntar kalo ke Bdg

      Delete
  2. LUCUUUUUUUUUUUU aku mauuuuuuuuuu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cusss brangkuts ke Bandung....lucu bgt emang konsepnya

      Delete
  3. Mbak Vari itu Street Gourmet tour nya keren yah konsep nya. Ntar di Bandung kudu nyobain ini nih :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Keren banget emang!! Sukak banget gw jugak..cobain ya kalo lg ngeBandung

      Delete
  4. penasaran sayah jadinya...seru ya mba kayaknya...

    ReplyDelete
  5. cobain juga ah~~ kalau cuma 150 rebuan seorang sih murah :D makan di dalam bus yang lagi moving on, kapan lagi coba? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa kaan, murah dengan segala service dan makanan yg dikasi, kalo di Jakarta sih ngga mungkin yak bikin beginian, hahaha keburu kena macet dimana2

      Delete
  6. anakku udh jls g bs naik nih var..bkn kenapa2, dia minum susu di mobil aja mabok ;p.. apalagi makan bgini di bus -__-.. lucu ya konsepnya... kpn kalo k bdg my nyobain ah ^o^

    ReplyDelete
    Replies
    1. yah kasian amat ya mabok ngga bisa naik kendaraan yaa...ya emang ga bisa diajak itu mah mamahnya aja sama papahnya yg kencan ikutan street gourmet. hehehe

      Delete
  7. unik bgt ini Var, kebayang itu kalau nyetirnya di Jakarta, yang ada tour 6 jam kali yah hahaha

    eh btw rok lu lucukk ih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. naah iyaakk benerr bgt, kelar deh kalo di Jakarta mah ngga mungkin daahh, hihihi...

      eh makasih lohh, itu rok handmade loh, belinya di pasar malam di Luang Prabang, lucuk emang tapi berat sebenernya.

      Delete
  8. Pengeeen, tapi makanannya kenapa kebule-bulean semua, pilihan makanan Indonesa cuman 1 yak

    ReplyDelete
    Replies
    1. yaa begitulaah, mungkin supaya masaknya bisa cepet, kalau masakan indonesia kan bumbunya ribet, persiapannya juga banyak

      Delete
  9. keren bingittt ide bisnisnya ... aya aya wae bandung mah ....
    nyobainnnnn ahhhh .....

    ReplyDelete
  10. Wah hebat juga ya dua pemain bola ini, sudah memiliki usaha selain berprofesi pemain bola. Asyik juga, gak perlu repot-repot megangin nasi bungkus belepotan kayak di bus ekonomi biasanya :D

    ReplyDelete
  11. nah, jadi bikin semangat ke Bandung. Pengen ah saya cobain street gourmet :)

    ReplyDelete
  12. Ya Allooooh poto cika dipajang �������� mbaaak kucel banget itu cika haahahaha makasi ya mbak dah mau poto bareng �� Ramah lagi ��
    Bahagia bgt bisa ketemu mbak vari.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi...gapapa ya cika..abis cuma itu potonya..makasi jg ya

      Delete
    2. gapapa banget mbak sebenernya seneng2 kucing 😂😂😂.

      Delete
  13. Trims sharingnya. Udh pesen, baru mau bayar. Cek2 dulu reviewnya...hehe

    ReplyDelete
  14. Anjaaaaaaaayyyyy Kereeennn isssshhhhhh Ceu, Ehhh ceu Vari btw yg pake baju ijo Yahhh

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga salah ni komen? buta warna apa begimana wong ga ada yg pake baju ijo...LOL

      Delete

Boleh kok komen apa aja, nanya apa aja, curcol jg boleh. Minta di blogwalk jg boleh. Yang ga boleh itu pasang link ke website jualan ya. Tolong punya etika, jangan numpang iklan gratisan.

Spam komen link jualan = Delete.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Booking.com
Gadgets By Spice Up Your Blog