badge

Makan Steak Kobe Halal di Kobe Jepang


Pertama kali mencoba makan steak daging sapi Kobe sebenernya di Edogin Hotel Mulia Senayan beberapa tahun yang lalu, dan waktu itu juga kita lagi merayakan anniversary, kalau ngga salah itu anniversary ke 2 deh, karena kita kayaknya waktu itu ngga kemana-mana karena Pak Suami lagi setiap hari lembur terus di kantornya karena ada proyekan dari kliennya. Terus bosnya yang bule baik hati itu (Hallo Mr Chad!) begitu tau tanggal itu kita anniversary, disuruhlah kita pergi dinner mewah dan bisa dirembuirse ke kantor!, gila seru banget kantor dia dulu itu (hmmmff...).

Untuk mengenang pengalaman 11 tahun yang lalu itulah kita berniat untuk anniversary kali ini kan kebetulan lagi di Jepang, jadi kita pengen nyobain steak Kobe yang otentik tuh kayak gimana sih kalau di kota Kobe-nya sendiri. Nah, ternyata menjadi muslim yang baik itu ngga gampang ya..karena Pak Suami itu udah ngga mau kita makan daging merah dan unggas kalau memang tidak pasti halal, karena proses penyembelihan di negara maju itu bukan pakai pisau disembelih melainkan disetrum, supaya lebih efisiensi, jadi jatohnya itu daging ngga halal juga. Yah kurleb begitulah, agak menderita sih gueh defisit zat besi dan protein hewani ya kalau lagi jalan-jalan keluar negri. Untunglah kalau di Jepang kan seafoodnya banyak ragam dan segar-segar ya.

Balik lagi ke urusan nyari tempat yang nyediain steak Kobe Halal ini ternyata ngga gampang ya, segala penjuru Kobe udah saya gugel, akhirnya nemu juga kontaknya LEE dari Tatsuya Butchery di Kobe, satu-satunya tempat penyembelihan daging di Kobe yang menyediakan daging sapi Kobe yang disembelih secara halal, dan langsung saya email dia untuk pesan tempat untuk ktia berdua. Di website memang disebutkan bahwa untuk paket Steak Kobe Halal cuma bisa dipesan 2 hari sebelumnya, jadi ngga bisa tuh ujug-ujug ke restonya dan mesen menu itu. Jadilah saya pesan untuk tanggal 10 Feb (anniversary kita sebenernya bukan tanggal segitu) dan untuk makan siang, karena kalau malam kita kuatir kedinginan balik lagi ke Osakanya, soalnya kita kan nginepnya bukan di Kobe. Lee sangat kooperatif dan responsif, dia langsung membalas email saya dan minta nomor WA saya, akhirnya kita wasapan biar lebih cepat. Info dari Lee, nama restoran tempat kita akan makan adalah Tsuki Usagi, lokasinya di tengah kota Kobe, dan cukup dekat dari stasiun Sannomiya, Kobe, kalau jalan kaki sekitar 10 menitan deh
Untuk paket set menu Kobe Halal ini sebenarnya ada 3 macam cara masaknya yang ditawarkan:
1) Steak biasa
2) Hoba Yaki (dipanggang diatas daun Hoba dengan saus Miso)
3) Sukiyaki
Harganya juga beda sih untuk masing-masing paket itu, dan harganya ini per orang loh ya, jadi 1 set menu itu dihitung per orang.
- Paket Steak JPY 12960,
- Paket Hoba Yaki : JPY 10800
- Paket Sukiyaki : JPY 10800
Mahal banget yah? iyalah, daging sapi Kobe itu kan memang salah satu jenis daging wagyu paling enak dan paling mahal, namanya juga premium.



Kita pilih 1 set Menu Steak dan 1 set menu Hoba Yaki jadi total itu sekitar JPY 23760 (sudah termasuk pajak) dan harus dibayar di depan. Jadi Lee langsung kirimin saya invoice elektronik dan saya bisa bayar dengan kartu kredit melalui online dari link invoice yang dia kasih. Gampang banget sih ya di Jepang mah udah canggih semuanya.

Kita kan pesan tempatnya jam makan siang ya, eh ternyata Tsuki Usagi ini sebenernya emang ngga buka di siang hari untuk makan siang, jadi mereka bener-bener ekslusif buka hanya untuk kita!. Hoah, pantesan mahal bener!..nambahin lemburan staf restonya juga kan ya.
Sebenernya hal ini adalah untuk meminimalisir memasak pesanan non halal, dan penggunaan bahan-bahan non halal yang mungkin bercampur. Jadi resto ini memang sebenarnya belum bersertifikat halal, namun mereka mencoba mengakomodir banyaknya permintaan bersantap daging Kobe halal, jadi mereka mengkhususkan untuk buka (dengan reservasi awal) di jam makan siang untuk mngakomodir pesanan maka paket Kobe halal ini.

Kita sempet nyasar dikit sih sewaktu nyari tempatnya, soalnya bingung juga nyamain lokasi di google map dengan kenyatannya huruf kanji itu keliatan sama aja. Akhirnya ketemu juga, lokasinya di Gedung Grand Coast lantai 8, itu juga pake celingukan abis naik lift begitu keluar langsung balkon sempit gitu, ternyata musti belok kanan dan barulah ketemu restorannya.

Kalau bingung nyari gedungnya yg mana, coba tonton Youtube video kita ini:


Sebenernya ini restoran sih ngga gede banget, palingan bisa makan itu (sambil duduk ya) sekitar 10-12 orang deh kalau sepenuh-penuhnya, eh tapi ngga tau ya kalau dia punya ruangan rahasia lain yang VVIP misalkan, soalnya kamar mandinya aja keren banget, bersih dan penuh dengan pernik-pernik kayak hand lotion, tisu basah, dsb di wastafelnya.

Kita langsung disambut sama Lee, kenalan deh akhirnya, saya perhatikan selain Lee, ada 3 orang yang kerja hari itu meladeni kita berdua doang, 1 orang chef nya, lalu 2 orang lagi staf
 ternyata harga segitu per set udah termasuk:
1. Hidangan pembuka:
2. Sup miso
3. Sashimi (ikan mentah) ; Salmon, Tuna, Fat Belly Tuna
4. Tempura; Ebi (udang), ikan, dan sayur (lupa nama sayurnya)
5. Hidangan utama dari 150 gram daging sapi Kobe Halal
6. Semangkuk nasi putih
7. Wakame Soup
8. Hidangan penutup (biasanya buah dengan jelly)

Sebelum makan, Lee ngasi lihat sertifikasi halal dari daging Kobe yang mau kita makan, Gradenya 12 lho, marble-nya banyak banget, duh berliur-lliur nih gueh sambil ngetik ini kalau inget rasanya.
Setelah itu dia juga kasih lihat kecap Soyu dan bumbu masak lainnya yang digunakan juga sudah bercap sertifikasi halal dari badan resmi di Jepang ini.

Makanan kita datang secara urutan yang disebut di atas, itu ya sashiminya yang Fat Belly Tuna,...ya Allah enaknyaaa...Alhamdulillah dikasi kesempatan nyobain makanan seenak ini ya Allah... hahaha lebay ya gueh, tapi suwer, dagingnya meleleh dimulut dan rasanya tuh enak banget, halussss..udah gitu cita rasa sashiminya juga seger banget.

Tempuranya sih biasa aja, tapi semua sup-supnya enak.



Kita juga dikasih tau ternyata yang namanya wasabi itu terbuat dari horseradish (sejenis umbi-umbian) yang cara alami dibuat dengan diparut, jadi di resto ini kita dikasih horseradish dan parutannya dan diajarin cara marutnya, karena yang unik, parutannya terbuat dari kayu yang ditempelin kulit hiu, dan kita marutnya diatas permukaan kulit hiu yang kasar itu. Ngga usah protes ya kasian hiu-nya atau soalnya itu juga parutan lama deh, meneketehe mereka bikinnya kapan dan ngga mungkin tiap hari ngebunuh hiu bakal bikin parutan kan kan kan...
Eniwei, kayak gini lah nih :


Sebelum masuk ke hidangan utama aja saya udah kekenyangan, lagian sih ya, mosok banyak amat ini orang Jepang makannya ampe 8 jenis gini sekali makan...
Steak Kobe yang kita pesan itu sengaja saya mintanya Medium dibakarnya, soalnya saya emang kurang doyan steak well done, bukan steak itu mah empal kalau kata saya ...hehehe. Nah tampilan Kobe Steak kita kayak gini nih...


Rasanya gimana??
Subhanallah enak banget...nget..nget...ya ampun, seperti yang saya bilang, ..dagingnya itu meleleh di mulut, ya ampun lemaknya bejibun, aduh lembut banget, udah gitu bumbunya ngga terlalu kuat jadi ngga overpowering rasa dagingnya...saya sebenernya lebih suka makan steak yang udah enak di bumbu dagingnya, jadi bukan karena saosnya seperti steak ala Amerika. Steak ala Jepang memang berbeda, bumbunya bisa miso atau lainnya (ga paham juga gueh apaan).
Atau seperti ciri khas di area Kansai ini, steaknya dimasak ala Hoba Yaki. Maksudnya adalah dimasak diatas daun Hoba, yang kalau menurut saya sepintas kayak daun jati deh. Nah yang ini dateng ke meja kita lengkap masih dengan tungku mininya dan setengah  dimasak di meja. Masakan ini juga enak sih, tapi saya lebih favorit yang Steak Kobe biasa aja. untung harganya sama, hehehehe.
Kayak gini nih tampilan si steak Kobe dengan Hoba Yaki style:


Enak juga kok..apalagi makannya sama garlic rice mereka yang ternyata rasana gurih, enak banget...hadew..ini kenapa semua makanan enak semua yak.
Duh pokoknya udah selesai 2 hidangan utama itu (btw, kita sharing gitu ya hidangan utamanya soalnya kan beda cara masaknya, jadi biar semua kecobaan), kita udah kekenyangan, terus sup wakame (rumput laut) datang, masih sanggup ngabisin, terakhir dessert berupa buah dateng, wah udah berasa KO perut gueh, jadi melipir dulu ke....toilet!, hahahaha.

Gimana? kepengen dong ngerasain makan Kobe steak di kota Kobe -nya langsung...buat yang muslim, jangan lupa ya buat nyobainnya di resto Tsuki Usagi aja, soalnya memang cuma di resto ini yang menyediakan Kobe Beef halal untuk hidangannya.

Untuk pemesanan makan set menu Kobe Halal bisa kontak ke:
LEE:+819097080776
Inget ya 2 hari sebelumnya kalau mau makan disini RSVP nya untuk Kobe Halal.
Jadi ngga bisa Walk-in begitu saja

TSUKI USAGI
Jepang, 〒650-0012 Hyōgo-ken, Kōbe-shi, Chūō-ku, 
Kitanagasadōri, 2 Chome−11, 兵庫県神戸市中央区北長狭通2-11-5 8F
(Grand Coast Building 8th Floor)
Closest Subway Stasiun : SANNOMIYA, Kobe.
Web : tukiusagikobe.jp


0 comments:

Boleh kok komen apa aja, nanya apa aja, curcol jg boleh. Minta di blogwalk jg boleh. Yang ga boleh itu pasang link ke website jualan ya. Tolong punya etika, jangan numpang iklan gratisan.

Spam komen link jualan = Delete.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Booking.com
Gadgets By Spice Up Your Blog