badge

Keliling Osaka dengan OSAKA CITY PASS

Ollaaa..balik lagi dengan cerita jalan-jalan ke Jepang kemarin yaaa..masih banyak nih episodenya. Tapi ya gitu di sela-sela kesibukan kerja, ngajar, tepar batpil basian salju Jepang, pindahan ruangan kantor (padahal gw ga ngapa2in jugak) de el el sejuta alasan lainnya jadi ini baru sempet nulis lagi.

Okeh lanjut...
Kita udah pernah sih ke Osaka 2 tahun yang lalu trip ke Jepang itu kita stay 3 hari di Osaka (waktu itu di area Esaka), dan sekarang ini Osaka kita jadikan kota hub dari day trip kita ke Kobe dan Nara karena cukup dekat untuk ditempuh dengan kereta super cepat. Nah hari terakhir sebelum kita pulang itu saya dedikasikan untuk jalan-jalan di kota Osaka aja, soalnya waktu dulu pun belum puas sih keliling Osaka. Bahkan Dotonbori aja belom tamat waktu itu karena udah kecapean.

Nah kebetulan banget karena udah mendedikasikan seharian di Osaka, jadi kita mau coba pakai Osaka City Pass (1 Day) yang kita dapat dari HIS Travel Indonesia.
Harganya Rp 367.200 per orang dan setiap setnya akan dapat 2 tiket:
1) Tiket untuk Wonder Loop+Wonder Cruise
2) Tiket untuk naik Subway seluruh trayek di Osaka

Bisa dibeli dari Jakarta/kota lain di Indonesia yang ada cabang HIS Travel Indonesia, atau lewat HISGO Online Booking ini. Oiya saya dari Jakarta dapat kertas booking ordernya dan langsung saya tukar dengan OsakaCity Pass-nya di konter HIS Travel di bandara Kansai begitu kita tiba.

Pagi hari kita udah semangat karena rencananya kita akan nyoba pertama kali sewaktu naik Subway dari stasiun Tennoji deket hotel kita, enaknya stasiun Tennoji ini juga adalah JR Stasiun jadi kalau pakai JR Pass (dan kawan-kawannya) juga bisa langsung jalan tapi tetep bisa connecting dengan jalur subway juga dari Tennoji ini, plus ngga terlalu banyak tangganya (maklum disini jompo orangnya).
Selfie di subway, mentok ga ada malu
Lancar banget waktu pake Osaka City Pass untuk naik subway, seneng deh, cuma tinggal masukin kartunya di sisi masuk mesin dan ambil lagi kartunya di sisi dalam mesin. Berlaku untuk setiap keluar dan masuk stasiun. Seneng deh ga pake repot ngetap kartu ICOCA yang kadang ternyata udah abis saldonya,..hahah soalnya pernah kejadian waktu sehari sebelumnya kartu ICOCA kita cepet banget habisnya, giliran di tap buat masuk stasiun udah ngga bisa, bikin malu aja.

Rencananya kita akan nyobain Wonder Cruisenya dari Dotonbori, karena hari itu adalah hari Sabtu dan menurut rutenya kalau hari Sabtu itu jadwalnya adalah Rute A dan dari hotel kita itu paling gampang ya menuju Dotonbori aja sekalian nyari sarapan di sekitaran situ.
Sarapan di salah satu bakery di Namba Walk
Dari hotel ke Dotonbori sebenernya cepet, cuma ya karena pake nyangkut ngopi dan sarapan dulu di Namba Walk ya jadi sejaman lebih deh baru sampe Dotonbori, plus ditambah lagi pake drama kalo pak Suami ngga bawa jaket karena dia mau beli jaket di Uniqlo aja, eh ternyata di Uniqlo Namba Walk malah ngga ada ukuran dia, kacaw, terus nyampe Uniqlo Shinsaibasai juga ngga ada yang warna dia mau, lha kok apes amat ni orang. Akhirnya karena udah kuatir kesiangan, saya paksa aja udah kita naik Osaka Wonder Cruise aja dulu deh, entaran aja cari jaketnya lagi.

Osaka Wonder Cruise

Nah nyari lokasi naiknya Osaka Wonder Cruise ini ternyata lumayan juga jalan kaki nyusurin pinggiran sungai Dotonbori itu, udah gitu patokannya kan toko Don Quijote yang gede banget, pas kita samperin kios penukaran tiketnya, eh ternyata salah aja gitu lho, yang Osaka Wonder Cruise adanya sekitar 200 meter di seberang arah kiri dari Don Quijote...lhaa..dasar udik, baca gugel map aja salah yak..

Osaka Wonder Cruise ini keren lho, kita nyusurin sungai Dotonbori diatas kapal fiber yang terbuka gitu (ada tutupan atasnya kalo ujan jadi ngga usah kuatir). Untuk perjalanan 1 rit (1 trip) ada 4 titik dimana kita bisa naik (tapi urutannya tergantung rute A atau B ya), yang pasti titik naiknya adalah di : Dotonbori, Minatomachi, Love Central (Kitashinci), Temmabashi (Osakajo), yang mana total durasi kalau kita sampai selesai ikutan dari titik 1 sampai dengan 4 itu sekitar 2 jam.

Dalam 1 kapal Osaka Wonder Cruise ini kapasitasnya untuk 11 orang, cuma ada 1 petugas yang menemani kita yaitu supir kapalnya juga, hehehe. Kebetulan saat kita naik itu cuma kita berdua doang yang naik, jadi semacam privat tour aja gitu, keren kan, hahaha.



Udah gitu berhubung emang udaranya dingin banget (namanya juga lagi musim dingin mpok!) kita dipinjemin jaket tebal gitu, tebal banget jaketnya, bagian dalamnya ada bulu-bulu tebalnya sementara bagian luarnya bahan parasut tahan air gitu. Buat saya sih lumayan kegedean ukurannya, karena kayaknya emang dibuat all size aja gitu. Pak Suami sih langsung pake tuh jaketnya, soalnya dia emang udah berkeluh kesah kedinginan dari jalan kaki juga (ya lagi siapa suruh tuh jaket ditinggal di hotel yak). Begitu kapalnya jalan, walah makin dingin boookkk...hahaha, akhirnya setelah setengah jam jalan, saya ngga tahan juga ikutan pake jaketnya, hehehe.
Oiya buat yang bawa anak kecil, jangan kuatir, ada jaket pelampung juga disediakan dan harus dipakai.

Kita cuma naik Osaka Wonder Cruise ini dari titik 1 ke titik 2 karena ngga tahan kedinginannya, tapi kita ambil beberapa foto dan video sih, sila ditonton..



TIPS Naik Osaka Wonder Cruise:
  • Jangan lupa bawa tiketnya dong ya, tunjukin ke petugasnya.
  • Dari hotel sudah dicek dulu ke websitenya untuk jadwal ketersediaan trip, karena mungkin aja ngga ada tergantung cuaca. Dariapda udah jauh-jauh kesitu kan ya.
  • Duduk kalau lagi melewati jembatan, karena kanal-kanal sungai disini banyak jembatannya jadi hati-hati kejedut/kejengkang masuk sungai pula entar.
  • Jangan merokok..karena emang dilarang sama pak kaptennya.
  • Waktu sandar kapal cuma 10 menit di setiap titik, jadi pada tepat waktu aja ya, ini di Jepang sih bukan di kampung halaman.
  • Jangan lupa kaca mata hitam dan sunscreen karena matahari kalau siang cukup terik sementara kapalnya terbuka.
Osaka Wonder Loop
Sayangnya kita ngga sempat mencoba Osaka Wonder Loop Busnya, karena udah kadung sibuk kesana kemari kelilingan Osaka pakai Subway (yang mana pake Osaka City Pass juga pastinya). Kartu ini bisa dipake sepuasnya lho buat naik Subway di area kota Osaka, selama 24 jam. Yang kita baca dari panduannya sih ya ada 2 jenis bis Osaka Wonder Loop, yaitu yang Double Decker bus atap terbuka dan Bus reguler (close top bus). Kebetulan yang berjalan hari itu adalah bus reguler, karena cuaca kurang baik menurut websitenya, jadi Pak Suami bilang, ah naik bis kan biasa aja, mending pake buat naik Subway aja ini kartunya, lebih cepet sampe kemana-mana, dasar. Padahal busnya Osaka Wonder Loop ini juga full wifi gratis lho, jadi bisa sambil upload foto juga kan di sosmed, eh Pak Suami bilang; lha kita kan juga udah sewa pocket wifi ...hehehe..maklum kita anaknya ngga bisa baca/denger tulisan Free Wifi. hahahaha.

Berikut rute dan jadwal Osaka Wonder Loop Bus jika ada yang butuh :

Buat yang merasa ogah rugi sih kayaknya harus banget nyobain naik Osaka Wonder Loop bus ini ya, lumayan lho ini titik singgahnya ada 13 tempat hits di Osaka, jadi sistemnya memang cuma hop off-hop on aja sesuai keinginan kita selama 24 jam dari sejak kita naik pertama kali, jadi misalkan kita naik bis ini jam 10 pagi ya akan selesai jam 9.59 besok paginya lagi (berlaku juga untuk Osaka Wonder Cruise) tapi ini busnya ngga 24 jam beroperasinya melainkan dari jam 9 pagi hingga jam 9 malam aja.

Jangan lupa, kalau mau beli Osaka City Pass ini dari Indonesia bisa banget lho, cukup klik HISGO Online Booking atau dateng ke cabang HIS Travel Indonesia terdekat.

#JelajahiDuniaBersamaHISGO

18 comments:

  1. catet & save! insha Allah bisa ke Jepang jadi udah punya contekan :D itu naek kapal cuman berduaan jadi serasa private cruise gitu dong var hhihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi asek dong mw ke jepang...gw jg mau lagi ahhh..
      Iya bneran kyk private cruise

      Delete
  2. Seru bgt yak... Aku bisa dibilang kmrn g sempet kliling osaka var. Jd osaka itu bnr2 cm utk tmpat kita berangkat k kota2 lainnya, trs balik lg pas malam, trs lgs tidur :D. Jd aku cm apal stasiunnya aja wkwkwkwk.. Kayaknya fix lah jepang bakal jd tempat yg aku ga bkl bosen datangin berkali2 :D..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya akupun udah niat mau pergi lagi taun depan, mau mantengin GATF lagi nih

      Delete
  3. Aaaaakkk seru abissss xD

    Enak yah pake Osaka City Pass jadi ga khawatir.

    Hmmm Jepang prepare bgt sama wisatawannya, sampe disediain jaket gitu, bagus pula! (lihat dari fotonya xD)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya memang bagus dan anget banget jaketnya..thanks ya udh visit blog kita

      Delete
  4. waahh ga nyobain naik wonder cruise ini waktu ke Osaka, malah aku kepengen yg kapal gde yang naiknya dari deket kaiyukan aquarium itu kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya gw ga smpt ke kaiyukan pdhl udh rencana sih cuma males gtu pas udh disana

      Delete
  5. Jepang, kenapa kotamu bersih banget ya. Semoga suatu saat bisa ke sana.

    ReplyDelete
  6. Save dulu ah... soalnya khusus ttg osaka.. dari kemaren banyak orang post liburannya ke Jepang jd ikutan kepengen..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo berangkat tahun depan musim sakura...makasih ya udah mampir di blog ini

      Delete
  7. wah asik sekali bu jalan jalan bareng suamik..kayak di venezia nih loopnya. cuma bedanya pake boat. eh buk, dpnnya di gnti yg jilbab dong :)

    ReplyDelete
  8. Jepang menawarkan berbagai macam Destinasi Wisata yang menakjubkan, dengan sistem dan tata kota yang modern .... Semoga rencana saya main ke Tokyo Tahun ini gak kalah seru ....

    ReplyDelete
  9. Waaaah seru ne bisa jalan2...apalagi k jepang
    BtW,,,makasi y udah brbagi Tips naek osaka wonder cruise nya...

    ReplyDelete
  10. enaknya ke jepang, salah satu destinasi yang paling digemari

    ReplyDelete
  11. Terimakasih untuk artikel yang sangat bermanfaat ini, kami bertambah pengetahuan setelah membaca artikel ini, para pembicara internet marketing selalu menyarankan untuk kita terus menulis artikel bermanfaat seperti ini, salam dari mutiara untuk membawa kesuksesan pearl wholesale Indonesia dan sukses selalu untuk Anda.

    ReplyDelete
  12. Coba aja di Indonesia ada sistem seperti ini, stidaknya ini bisa membantu para wisatawan untuk menelilingi kota. dan pastinya ini salah satu untuk meningkatkan pariwisata di Indonesia.

    ReplyDelete

Boleh kok komen apa aja, nanya apa aja, curcol jg boleh. Minta di blogwalk jg boleh. Yang ga boleh itu pasang link ke website jualan ya. Tolong punya etika, jangan numpang iklan gratisan.

Spam komen link jualan = Delete.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Booking.com
Gadgets By Spice Up Your Blog