badge

Berburu tiket murah di Garuda Travel Fair 2016 tanpa antri

DISCLAIMER : Bukan posting berbayar ya kakaaak...

Wiken ini bener-bener deh ya bikin bankrut.
Ini semua gara-gara ada Garuda Travel Fair 2016 dan emang paling worthed beli tiket Garuda murah itu kalau lagi di event Garuda Travel Fair ini, kalau pameran travel lainnya sih ngga akan semurah di Garuda Travel Fair ini. Saya hampir tiap tahun beli di acara GATF ini, sejak pertama kali mereka bikin acara ini. 
Tahun ini Garuda Travel Fair 2016 berlangsung dari tanggal  29 April -1 Mei 2016 di JCC, jadi baru aja selesai deh ya saat saya nulis ini, hahaha maap soalnya kan postingan ini bukan promosiin acaranya juga sih cuma mau sharing aja pengalaman tahun ini berburu tiket murah di Garuda Travel Fair. Periode terbang yang tersedia adalah untuk perjalanan dari Mei 2016 hingga Maret 2017. Jadi lumayan panjang ya.

Promo Garuda Travel Fair 2016 ini tersedia untuk ke semua tujuan domestik dan luar negeri. Harga tiketnya cukup fantastis murahnya kalau dari promo-promo yang beredar di Wasap grup-grup. 
Sebagai ilustrasi aja, harga tiket pp ke Singapura mulai dari Rp. 700.000; Hongkong pp mulai dari Rp. 1,9 juta; Osaka pp mulai dari Rp. 2,5 juta; London pp mulai dari Rp. 6,9 juta, sementara untuk perjalanan domestik itu harga sekali jalannya juga murah mirip kayak naik maskapai low budget aja, seperti ke Bali mulai dari Rp 600 ribu, ke Yogya cuma Rp 400 ribu, ke Raja Ampat aja cuma Rp 2,5 juta!. Ke semua ini dengan kondisi belinya saat Happy Hours dan ikut promo cashback dengan kartu kredit bank partner.

Menurut berita-berita, event ini diisi dengan 48 travel agent, 12 hotel dan resort, 4 organisasi wisata nasional, 23 pengelola theme park dan travel equipment, serta 24 industrial company dengan Bank BNI sebagai bank partner pembayaran dengan promo cashback Rp 1,5 juta (untuk 50 orang pertama setiap harinya) dan Rp 700 ribu untuk 300 orang pertama setelah yang 50 orang tadi. Lumayan yak..
Tahun ini untuk masuk ke tempat acara itu bayar Rp 30 ribu tiket masuknya tapi kalau pakai Kartu Kredit BNI bisa masuk gratis, anak-anak umur 5 tahun kebawah dan warga senior diatas 65 tahun juga gratis.

Terus seperti halnya acara Garuda Travel Fair sebelumnya, selalu ada harga promo murah banget di jam-jam Happy Hours. Tahun ini jam Happy Hours-nya rada beda, jadi antara jam 10.00-12.00 dan 16.00-18.00 WIB, dimana harga tiket jadi lebih murah hingga 80%!.

Oiya buat yang ngga tinggal di Jakarta sebenernya juga berkesempatan yang sama, karena GATF tahun ini juga ada secara serentak di 13 kota lainnya; Bandung, Medan, Pekanbaru, Jambi, Semarang, Solo, Yogyakarta, Surabaya, Denpasar, Makassar, Menado, Timika dan Jayapura.
Antrian Garuda Travel Fair 2016 di JCC,
Foto dari sini 
Dari foto-foto yang beredar sejak hari Jumat pagi jam 10an itu udah rame banget keliatannya di JCC, antrian orang membludak banget, saya rencananya mau kesana jam makan siang eh kok liat foto-foto yang beredar agak ilfil ya, jadilah saya batal kesana. Sorenya sempet kepengen ke JCC, eh Uber kok tarifnya sampe 3x aja gitu, males banget kan. Akhirnya saya googling aja, nyari apa mungkin beli tiket promo Garuda Travel Fair tanpa harus bermacet-macet dan antri di JCC ya, soalnya tahun lalu saya bisa tuh beli tiket promo GATF di salah satu tur agent yang ada di Pondok Indah Mall, hahaha.

Eh dari hasil googling-an saya nemu ada 2 travel agent yang mempromosikan bahwa mereka bisa jual tiket promo GATF via online dan phone, jadi ngga perlu macet-macetan kesana, yaitu Panorama Tours dan Ezytravel (grupnya Dwidaya Tour). Suer ini bukan postingan berbayar tapi emang cuma pengen ngasi tau supaya kalau ada Garuda Travel Fair ngga perlu ngoyo macet-macetan antri desek-desekan disana.

Selama 3 hari dari Jumat sore sampai barusan tadi ini saya bolak balik telponan dan emailan sama beberapa staf Ezytravel (karena harganya agak lebih murah sedikit dari Panorama Tours setelah saya bandingin di website mereka), terus saya pesan beberapa pilihan tujuan yang berbeda ke mereka dan mereka bolak balik ngimelin pilihan jadwalnya terus saya konfirm dan bayar langsung transfer klikbca. 

Soal pembayaran ini yang kurang fleksibel dan agak susah kalau dibandingkan kita datang langsung ke JCC (atau tempat event GATF nya) karena kita jadi ngga bisa bayar pakai kartu kredit dan ngga bisa ikutan promo cashback BNI yang bisa bikin tiket lebih murah lagi. Jadi setelah mereka kirimkan kode booking dan detil pemesanan ke email kita, pembayaran harus dilakukan dalam waktu biasanya sekitar 10-30 menit aja, jadi ngga mungkin kan 'lari' ke ATM kalau lagi dirumah, jadilah token BCA selalu di tangan, paling degdegan waktu hari Sabtu itu kita lagi nunggu konfirmasi untuk pemesanan tiket ke Osaka itu kita dapet Rp 4 juta aja, tapi time limit bayarnya cuma tinggal 15 menit lagi dan saya waktu itu lagi belanja bulanan di Hari-Hari Bintaro yang mana saya tanya ngga ada ATM BCA deket situ, terus saya keluarin token BCA ya eh sinyal XL di hape saya ngadat aja gitu dong, susah banget loading halaman klikbca. Ya ampon, tinggal 3 menit dari time limitnya akhirnya saya berhasil juga bayar dan langsung kirim bukti bayar lewat email ke Ezytravel. Terus yang susah juga nelponin mereka saat Happy Hours tuh dibutuhkan kesabaran ekstra banget.

Total saya berhasil beli 4 tiket murah promo di Garuda Travel Fair 2016 dengan tujuan ke Bali (pp Rp 1,4 juta), Gorontalo pp Rp 2 juta (saya pengen ke pulau Togean), Ternate (pp Rp 2,3 juta), semuanya di tahun ini dan ke Jepang lagi (mendarat di Osaka, pp Rp 4 juta) tahun depan, semuanya itu harga perorangan ya jadi karena saya sama pak Suami (kecuali yang ke Bali itu saya sama temen) yang tinggal dikalikan 2 aja damage kantong kita bulan ini, semuanya cash bok #nangis. Makan Indomie deh kita tiap hari bulan ini. 

Menurut berita-berita yang saya baca dan juga kalau dari pembicaraan saya dengan staf travel dari kemarin itu yang paling laris adalah tiket ke Jepang, ada 3 bandara Jepang yang promo yaitu ke Tokyo (Haneda dan Narita) dan Osaka (Kansai), saya beli yang ke Osaka karena pengen suasana lain aja, sewaktu kita ke Jepang tahun lalu kan mendaratnya di Haneda, sampe sempet menginap segala di bandara Haneda itu...maklum ngirit naik Air Asia, jadilah jadwal sampainya juga ajaib :) dengan jadwal pesawat Garuda ke Osaka yang udah saya beli untuk tahun depan sih kayaknya ngga perlu ya pake adegan nginep di bandara lagi.

Sebenernya agak rugi juga loh kalau dipikir-pikir saya ngga ke JCC langsung soalnya kita punya kartu BNI dan lumayan banget tuh kalau bisa kayak temen saya; Suhe yang berhasil dapet tiket ke Jepang Rp 2,7 juta aja, dengan cashback BNI!!, tapi dia juga udah pake gojek ngantri dari pagi disana!, hahaha gila ya...usaha bok!. 

Oiya gara-gara cari image buat artikel ini saya malah nemu kalau Bayu Buana travel malah bisa Prebook online buat mesen tiket promo GATF ini dan bisa bayar dengan kartu kredit BNI nya pakai cashback juga, saya mau nyoba deh buat promo tahun depan..eh ngga perlu nunggu tahun depan sih sebenernya karena Garuda Travel Fair ini sebenernya diadakan 2x setahun, di bulan April dan September, saya biasanya dateng yang September sih, jarang karena 2 tahun berturut-turut kemarin itu saat diadakannya GATF di bulan April itu saya lagi traveling jadi ngga bisa berburu tiket.

Photo credit : 
Cover artikel dari sini

UPDATE PER 10 MARET 2017:
Berikut saya kasih liat tata cara cashback BNI dan kartu BNI apa aja yang bisa cashback.
Dibaca yang bener. Mohon jangan tanya2 soal detil promo BNI ini ke saya lagi karena saya ngga kerja di BNI ataupun Garuda. Jadi pengetahuan saya sama dengan apa yang ada di foto2 berikut di bawah ini:



51 comments:

  1. Kak Vari, aku ke Osaka dapet 4,2 juta dan cashback 1,5 juta. Jadi 2,7 juta aja.

    Ke Lombok aku redeem point plus beli tiket, PP Rp 900 rb per orang. Senanng:D

    Ga pake antre pula...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oiya kmu lewat travel apa belinya? Gak kesana jg ya? Yg bisa cashback kan kalo beli disana

      Delete
  2. Tiap tahun niatnya pengen kesini, tapi selalu mendem & mundur teratur liat antusiasme orang2 yg warbyasak! Gue baca postingan travel elo aja deh, biar brasa jalan2 hihihihi *murahan*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Next di september pake cara gw aja san..via tlp n email..ga pake cape bok

      Delete
  3. Nitip tentunya Vari hehehe, nitip kepada teman-teman tercintah yang mau dititipin:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oalah nitip..aku suka ga tega kalo nitip ke temen aih soalnya kepengenannya byk dgn skenario yg berbeda2..yg ada temen gw kburu males duluan..wkwkwk

      Delete
  4. wah asik nih ada tiket murah.. bakal jalan2 lagi dong ya... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Insya ALLAH, semoga ngga ada drama2 ga penting ya nantinya :p

      Delete
  5. Kemarin itu sepi banget lho tanpa antri, dan banyak travel yg bisa jual diluar pameran

    ReplyDelete
    Replies
    1. mosok sih tanpa antri, temenkku ngasi liat fotonya masih rame pisan loh

      Delete
  6. gw pernah nih ngelihat masuk pas tahun kapan gitu lah, sumpah ya kalah pasar kaget :))

    yaay Jepang lagi nih, ke Yurepnya kapan jadinya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha yoiiih emang pasar bkin kaget bnerrrr...

      Iya kak ke jepang cm 6 hari aja kali ini karena saving bwt ke yurop lg jg kok...insya ALLAH thn dpn..etapi klo ada tiket murah thn ini bisa aja khilaf sik #lha

      Delete
  7. pas liat timeline nya BNI juga udah jiper duluan, dibatasin 300 orang aja :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Astri..iya utk promo cashback ada batasan per harinya

      Delete
  8. var ke osakanya bulan apa di thn dpn? aku Februari, kali aja samaan :D.. tapi aku dpt tiketnya ga dr GATF -__-.. ga pernah mujur pokoknya kalo gatf ini.. slalu aja AA juga yg didapet ;p ..aku sbnrnya tau kalo panorama tour ada option ga ush ikutan antri... tapi krn memang traveling thn dpn tiketnya semua udh dibeli, ga bisa juga mau cari tiket baru :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya fan..aku awal feb..anniversary trip ceritanya

      Delete
  9. Hi Kak Vari,

    Dari pengalaman kakak, untuk dapat harga promo diskonnya itu untuk tanggal2 jauh2 hari seperti si AA atau bisa utk tanggal2 yang dekat2 dgn wkt diselenggarakan GATF itu?

    Thanks ya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Ika,
      untuk promo harga diskon kebetulan aku belinya start agustus thn ini onward sampe feb thn depan..sesuai periode terbang yang ada aja sewaktu kemarin promo GATF nya

      Delete
  10. Hi,
    lagi browse pengalaman yg ke travel fair..
    kalau tanya2 ke Dwidaya dan Antavaya sih rata2 sekarang airline travel fair ini bisa prebook untuk tujuan n jadwal yang kita mau, bisa diliatin juga kira2 harganya berapa. trus kalau mau dapat cashback, tinggal bawa dokumen prebooknya ke travel fair trus diproses pake kartu kredit sponsor acara itu.
    Garuda itu beda kota, beda kartu kredit sponsornya, di Jakarta sponsornya BNI tapi di Bandung sponsornya Bank Mega.
    Temen ku ada yg orang Garuda n ada yg orang Bank Mega.. temen2 lain pada prebook ke mereka jadi nga usah ngantri katanya..
    kemaren mau beli Garuda, sayangnya tanggal yg mau dipesan mereka black out - akhir desember s/d tgl 31 Des. Dan tanggal pilihan 1 Jan harganya jauh dari harga promo.. cuma worth it kalau pakai cash backnya.. sayangnya nga punya kartu kreditnya juga.
    btw, pas sebelum Garuda travel fair ini, Cathay Pacific juga lagi promo.. utk tujuan internasional lumayan juga sih harganya dan lebih banyak pilihan dibanding Garuda..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank u bwt sharingnya ya..iya klo kota lain emang beda2 vanknya n karena saya tingfal di jakarta ya bahasnya yg di jkt ajah

      Delete
  11. HUAAAA kak Vari ngeboroooong!
    hiks pas ada ini, aku udah cabs sihh...tapi gak sanggup juga kalo ngantri. Ntar september pake cara ini aja deh, makasih sharingnya kakaaaak :*

    ReplyDelete
  12. Hallo mbak Vari...
    Izin tanya...
    tiket ke Bali bisa dapet 1,4jt PP berangkat dari mana?
    Jakarta kah?

    Terima kasih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. jakarta, semua yg disebut diatas itu departure jakarta

      Delete
  13. Kak mau nanya kalo ikutan yg happy hour itu mesti bayarnya pake yg bank partner kota tersebut ga? Kebetulan lokasi di bandung tp gaada kartu mega. Makasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. ngga mesti bank partner, tapi kalo bank partner biasanya ada extra bonus

      Delete
  14. Mbak Vari boleh minta ID line atau kontak lain buat tanya2 lebih detail mbak? :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Risda..aduh maaf bgt saya baru smpt baca2 komem n balesin lg nih..
      Ada LINE: TRAVELINGCOW
      Add aja ya..

      Delete
  15. Kak, itu kk bni nya harus platinum, infite, garuda doank ya? Bni lain bisa kah dpt cashback? Program happy hour dpt disc murah terus bs tambah cashback lg kah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Suri..maaf sy telat balasnya..biasanya memang hanya BNI tertentu karena kartu kredit BNI itu luar biasa banyak jenisnya jd hrs dibatasi supaya BNI nya jg ga bankrut..hahaha

      Delete
  16. Replies
    1. mungkin karena buat ngiklanin usaha aja masih nebeng komen spam di blog orang ya...

      Delete
  17. Untuk bulan Februari ada promo ga yaa? Ada rencana mau ke Bemgkulu nih...
    Paket Umroh Ramadhan 2017
    Paket Haji ONH Plus 2017

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin kalo ga pake spam di komen orang bisa dpt rejeki beli tiket ga usah promo ya

      Delete
  18. Vari..nanya donk..kalo mau tglnya blackout gt berarti harganya biasa atau gimana ya? 10-12maret 2017 ada garuda travel fair..makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi..tgl blackout biasanya lebih mahal karena high/peak season. Tgl blackout baisanya deket2 lebaran, natal dan tahun baru.

      Delete
    2. Tapi nggak semahal yang kalo skrg ya? Sekarang garuda msh di 8jtan 😂😂. Hihihi..anak2 pingin ke jepang. Harga pp msh lumayan mahal.Mau jalannya 15des-28des 2017. Ada tips nggak dr vari?

      Delete
    3. Coba aja tunggu pas GATF.
      Tgl 24 des - 15 jan biasanya memang window blackout..hrg sdh pasti mahal. Saya jrg maksa pergi di tgl2 blackout..sayang uangnya mending dibeliin emas #lho

      Delete
  19. mau tanya donk,, itu gatf buka jam berapa ya?? terus kita harus antri cashback dulu ya baru cari2 tiket?? makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. terus terang saya lupa bukanya jam berapa, terus soal cashback juga karena saya terlalu males untuk ngantre jadi saya ngga pernah peduli soal aturan cashback ini, maap ya ga bisa bantu jwb .. hehehe

      Delete
  20. hi, mau tanya donk.. untuk promo cashback bni apakah harus pemilik kartu kredit sendiri yang antri, atau bs diwakilkan ya?
    makasih

    ReplyDelete
  21. Hai mbak, mau tanya, kalo ke jepang itu baiknya hunting tiketnya bulan apa ya (rencana pengen kesana tahun depan), trs kalo mau update info jadwal GATF itu dimana ya (biasanya dibulan2 apa)? suka kelewatan taunya.. terimakasih sebelumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. GATF itu setiap maret dan september. Kalau ke jepang semisal baru pertama kali paling bagus (dan paling mahal) itu bulan maret karena musim semi cherry blossom.

      Delete
  22. Mbak mau nanya, kalo travel fair garuda ada batas waktu gak ya untuk tinggal di negara asia misalnya? Aq rencana mw 11 hari di korea tapi kemarin sempet blog walking dapat komen katanya maksimal 7 hari aja di negara asia.

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf saya ga hapal, kayaknya better ditanyain saat fair nya nanti aja

      Delete
  23. mba vary mau tanya...semua panorama biaa melayani kah beli tiket promo si gatf ini?cukup by phone ato dtg lsg? apa mesti yg di kota besar? mks mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayaknya hanya panorama yg ada di kota tempat GATF event berada aja

      Delete

Boleh kok komen apa aja, nanya apa aja, curcol jg boleh. Minta di blogwalk jg boleh. Yang ga boleh itu pasang link ke website jualan ya. Tolong punya etika, jangan numpang iklan gratisan.

Spam komen link jualan = Delete.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Booking.com
Gadgets By Spice Up Your Blog