badge

Cara Perpanjang Paspor Online


Setelah mengalami beberapa kali pergantian paspor karena habis masa berlaku dengan cara tidak terpuji alias pakai calo, akhirnya paspor keempat saya ini (iye itung mundur aja udah tua emang eyke) diputuskan untuk mengurus sendiri secara online (walaupun ngga 100% online juga sih secara prosesnya pengurusannya ini menurut saya). Itu juga saya ngurus sendiri karena saya kehilangan nomor hape si calo langganan saya, padahal terakhir ngontak dia itu 2 tahun yang lalu sewaktu paspor Pak Suami sudah habis berlaku juga. 

Ini paspor saya sebenernya masih 7 bulan lagi masa berlakunya tapi berhubung mau mengurus visa untuk trip Maret ini jadi mau ngga mau harus bikin dari sekarang supaya masih keburu urusan visanya.
Hal yang pertama perlu dilakukan adalah browsing pengalaman orang lain, sekitar 3 blog ada tuh saya bacain, salah satunya punya temen saya ; Deedee yang walopun tulisannya kayak novel saking panjangnya, tapi lumayan membantu, thanks ya dee!.

PRA PERMOHONAN PASPOR ONLINE
Saya coba buka webnya imigrasi.go.id dan mencari menu paspor online.



Ketemu terus pilih menu PRA PERMOHONAN PASPOR ONLINE lalu tinggal klik-klik ngikutin aja diisi terus yang ada di bagian isian sampe harus ngisi formulir biodata lengkap. Pastikan kamu inget data diri selengkapnya termasuk nomor paspor lama dan masa berlakunya.




Jangan lupa memilih Kantor Imigrasi mana yang ingin kita jadikan tempat mengurus.

Pertama saya pilihnya Jakarta Pusat karena saya pikir lebih sepi, mengikuti pengalaman Pak Suami yang 2 tahun lalu foto paspor disana. Eh ternyata Kanim Jakpus untuk antrean paspor onlinenya tersedia jadwal kosongnya baru setelah tanggal 23 Februari. Lha lama amat...kagak keburu ntar ngurus visanya dong.


Akhirnya saya coba pilih Kanim Jakbar dan Kanim Jaksel, wuih sama ramenya baru ada di minggu ketiga Februari untuk jadwal ke imigrasinya. Terus iseng nyoba milih Kanim Jaksel ULP (Unit Layanan Paspor) Karang Tengah secara deket rumah ye...eh ternyata ada yg tanggal 10 Februari!.  Sebenernya deket rumah saya ada 2 opsi Kanim ULP: Pondok Pinang atau Karang Tengah ini, tapi yang Pondok Pinang itu mungkin saingannya sama orang kaya di Pondok Indah yang semuanya butuh paspor jadi ngga ada tanggal yang available sampai minggu ke 4 Februari.


Nanti kalau sudah selesai dengan semua isian formulir yang ada di websitenya, akan keluar tuh notifikasi kalau kita harus membayar biaya pengurusan paspornya. 
Biaya untuk paspor online isi 48 Halaman adalah Rp 355 ribu.
Ada opsi lebih murah untuk 24 halaman itu Rp 155 rb sajuah...tapi kayaknya tidak tersedia untuk paspor online deh. Lagian mana mungkin eyke pake paspor 24 halaman cyiinnn...setahun aja bisa abis 24 sendiri..apalagi 5 tahun...hahaha. #congkak #sombongnyapol
Oiya kalau mau buat e-paspor itu biayanya Rp 655 ribu, mahal yah..

PROSES PEMBAYARAN PASPOR ONLINE
Bukti Pengantar pembayaran ke Bank itu dikirimkan ke email ke kita dan harus diprint, ada barcodenya dan info tentang paspor yang akan kita buat serta jumlah nominal yang harus dibayarkan di BNI. Bentuknya seperti ini:

Pembayaran dilakukan hanya di BNI. Bisa semua kantor cabang BNI. Ngga usah repot-repot nyari nomor rekening BNI-nya di print-out pembayarannya ada dimana kalau mau transfer. Soalnya ngga ada. Jadi lupakan transfer online ke BNI. Makanya ini sebagian maksud yang saya bilang prosesnya ngga online-online amat. Lha wong kita juga harus jalan kaki ke Kantor Cabang BNI terdekat terus antre buat bayar ke teller BNI juga. Aneh banget kan? Kenapa juga ngga pake transfer online.

Btw setelah saya membayar biaya perpanjangan paspor saya di teller, saya baru tahu kalau bisa bayar juga dari ATM BNI, tapi syaratnya harus punya ATM BNI, yaelah, kaga punya juga eyke, percuma dong ya.

Untungnya BNI tempat saya membayar tidak perlu antre karena saya adalah orang pertama yang masuk saat mereka baru buka..hahaha ambisius banget sih ya gueh.
Saat pembayaran akan kena charge biaya lagi Rp 5000 dari BNI. Jadi ya siapin aja duitnya Rp 360 ribu kalau yang diproses itu paspor 48 halaman.
Setelah membayar, akan dapat slip bukti pembayaran 2 lembar copy karbon. Perhatikan ada yang namanya "Jurnal Bank" di bukti bayar tersebut.

KONFIRMASI PEMBAYARAN PASPOR
Setelah dapat slip bukti bayar, langsung buka email lagi dan cari email dari SPRI yang mana sebelumnya ada lampiran barcode untuk membayar ke BNI itu. Cari link "Lanjutkan" atau URL panjang untuk meneruskan proses pendaftaran paspor online kita. Klik link tersebut dan kita akan kembali ke halaman web Imigrasi meneruskan proses pendaftaran.

Masukan nomor Pendaftaran kita dan Nomor Pembayaran (Nomor Jurnal Bank) lalu baru bisa milih tanggal kedatangan kita ke Kanim yang sudah kita pilih sebelumnya. Proses selanjutnya diikuti saja karena hanya mengkonfirmasi isian yang telah kita lakukan, termasuk memilih tanggal kedatangan ke kantor Imigrasi. Setelah selesai semua konfirmasi permohonan akan dikirim email ke kita untuk konfirmasi kedatangan dan copy formulir yang sudah kita isi. Filenya berupa attachment PDF ada 3 lembar dan semuanya harus di print di kertas A4.


KEDATANGAN KE KANTOR IMIGRASI.
Sebelum berangkat ke Kanim yang sudah dipilih, siapin dulu dokumen yang harus dibawa ke kantor imigrasi untuk proses perpanjangan paspor online :
- Fotokopi halaman biometrik Paspor (yang ada foto kita dan halaman belakang yang ada info data paspor sebelumnya, (dalam 1 sisi kertas A4, jangan dipotong)

- Fotokopi KTP bolak balik (dalam 1 sisi kertas A4, jangan dipotong).

- Jika KTP bukan KTP Jakarta/berbeda kota dengan lokasi Kanim, harus menyertakan Surat Domisili, silakan diurus terlebih dulu daripada udah nyampe ngga bawa dokumen itu disuruh pulang lagi.

- Fotokopi Kartu Keluarga (dalam 1 sisi kertas A4, jangan dipotong).

- Fotokopi Buku Nikah/Akta Nikah (untuk yang sudah menikah,  halaman yang ada foto dan detil biodata, dalam 1 sisi kertas A4, jangan dipotong).

- Fotokopi Akta Lahir (dalam 1 sisi kertas A4, jangan dipotong).

- Slip Bukti bayar dari BNI.

- Konfirmasi jadwal Imigrasi dan formulir online dari lampiran email (ada 3 halaman).

- Semua dokumen asli disebut di atas dibawa semua.

Kantor Imigrasi buka dari jam 7.30 pagi jadi saran saya jangan males, ambisius lah kayak saya, jam 6.20 udah sampe depan Kanim Jakarta Selatan Unit Layanan Paspor di Ruko Bona Indah Karang Tengah. Satpamnya aja baru bukain konci kantornya..hehehe
Atas: posisi jam 7.50 sudah ramai antrian.
Bawah : Kontainer pemisah aplikasi paspor
Berkas saya langsung diperiksa oleh satpamnya, dan dikasi map kuning Imigrasi lalu langsung dimasukin ke kontainer plastik besar yang tulisannya PASPOR ONLINE. Selain kontainer itu, ada 2 kontainer lainnya dengan tulisan PASPOR MANUAL dan PASPOR LANSIA.

Nomor urut pemanggilan berdasarkan urutan map yang masuk di kontainer masing-masing, jadi untuk pemohon Paspor Online itu saya urutan pertama dipanggil namanya karena map saya paling bawah. Memang ambisiusme ini terbayar ya karena tepat jam 7.31 itu nama saya dipanggil dan langsung diminta ke konter nomor 3 yang mana berkas saya langsung diperiksa petugasnya ealah dalah saya kurang fotokopi paspor lama dan halaman foto buku nikah. Tapi kata petugasnya itu di seberang ada Snapy kalo mau fotokopi dan abis fotokopi langsung balik kesitu aja dan langsung naik ke lantai 2 untuk foto.
Suasana di Kanim Jaksel Wilayah II ULP
Ya udah saya kerjain aja semua, ngga sampe 5 menit itu saya udah duduk manis di area tunggu lantai 2 untuk nunggu giliran difoto. Saya dapat giliran nomor 3 berhubung kesalip tadi harus fotokopi dulu kan ya..kzl deh ga jadi nomor 1 lagi (ambisiusnya kebangetan). Di lantai 2 ini banyak kursi tunggunya dan ada mesin tunggunya otomatis, tapi ngga jelas sewaktu saya disana tuh kayanya ngga berfungsi dengan baik.

Tips: begitu naik lantai 2/ area wawancara-foto itu langsung masuk aja serahin berkas map kuning kita ke petugasnya yang berada dibalik ruangan berkaca.

Lantai 2 ; Ruang tunggu foto dan wawancara
Untungnya nunggunya ngga lama, cuma 5 menit langsung giliran saya.
Awalnya diwawancara gitu loh saya bikin paspor mau kemana, terus kerja atau liburan, kerja dimana. 
Lalu diminta untuk melakukan pemindai sidik jari. Seperti biasa semua 10 jari saya ini ngga ada yang kedeteksi dong di mesin scannernya. Sampe diulang 2x tetep aja ngga kebaca. Emang kebangetan sih ni sidik jari saya dimana-mana ngga kebaca. Maklum deh putri keraton tangannya halus dong ya ngga pernah ngerjain kerjaan rumah, hehehe. Akhirnya si mbak petugas nyerah dan ngasi catatan aja di data aplikasi saya kalau emang sulit dideteksi mesin scanner. 
Lalu saya diminta mengkonfirmasi semua data aplikasi saya yang ada di layar komputernya.

Setelah itu baru saya diminta duduk tegak di kursi untuk difoto. Kacamata dilepas ya, boleh senyum tipis tapi ngga boleh nyengir apalagi keliatan gigi.
Sehabis foto, saya diberikan copy slip bukti bayar dan dicap untuk pengambilan paspor baru adalah 3 hari kerja setelah foto pada jam 13.00-15.30 jadi saya harus ambilnya di hari Senin membawa kertas pengambilan paspor dan slip bukti bayar tersebut.

PENGAMBILAN PASPOR
Pengambilan paspor boleh diwakilkan tanpa surat kuasa oleh keluarga yang ada dalam 1 Kartu Keluarga kita. Jika diambilkan oleh orang lain tetap harus membawa Surat Kuasa dari kita.
Menurut saya untuk pengiriman paspor nih sebenernya kalau mau prosesnya lebih online kan bisa dikasi pilihan untuk dikirimkan dengan layanan pos tercatat, kayak kalau bikin visa Amerika itu bisa ada pilihan untuk dikirim kerumah atau ke kantor kita tanpa biaya tambahan. Jadi ngga repot lagi balik ke kantor imigrasi lagi. Mana jam pengambilannya kan nanggung banget.

Sewaktu saya mengambil paspor saya, itu saya dateng tiba disana sekitar jam 1 siang, langsung dibantu satpam untuk nomor antrian. Ternyata saya dapat nomor 036 dan langsung diminta naik ke lantai 2 untuk pengambilan paspornya. Eh ternyata sampai di atas itu di nomor antrian kan ditampilkan di layar TV gitu ya, eh baru antrian nomor 5 lho!! ya salam, itung-itung kalau per nomor itu butuh waktu 2 menit aja itu saya bakal nungguin sejam dong ya.
Dokumen yang mesti dibawa saat pengambilan paspor dan nomor antrian yang di dapat
Jadi prediksi saya baru jam 2 siang deh paling cepet saya bisa terima tuh paspor saya. Eh ternyata saya salah loh. Cepet banget proses pengambilannya, setengah jam kemudian nomor saya udah dipanggil dan paspor saya pun udah di tangan beserta paspor yang lama dikembalikan juga dalam keadaan tergunting di halaman depannya. Salut deh sama layanan imigrasi sekarang, udah sangat membantu banget dengan adanya sistem (hampir) online dan juga antrian yang tertib ini serta layanan yang cukup cepat dan pasti hasilnya.
Paspor pertamaku berhijab


TIPS PERPANJANGAN PASPOR ONLINE:
- Siapkan dulu segala dokumen persyaratan karena banyak data diri yang harus dimasukkan kedalam isian formulir online.

- Buka Website: www.imigrasi.go.id nya kalau sempat jangan di jam sibuk/jam kerja, mungkin bisa sekitar jam 6 sore keatas atau sebelum jam 7 pagi, karena kadang sulit diakses kalau di jam sibuk.

- Pilihlah Kantor Imigrasi yang terdekat atau bisa juga memilih berdasarkan ketersediaan waktu wawancara dan foto. Jika pilihan masih bisa diganti dengan klik tombol "Kembali" sebelum konfirmasi selesai Pra Permohonan (sebelum keluar info akan ada notifikasi pembayaran ke BNI)

- Sebelum berangkat ke Kantor Imigrasi, periksa lagi kelengkapan dokumen yang disyaratkan baik asli maupun fotokopiannya.

- Datang sepagi mungkin untuk mendapatkan urutan panggilan seawal mungkin.

- Bawa minum/cemilan secukupnya kali aja nunggunya lama kalo belum sarapan kan lumayan daripada kelaperan.

- Berpakaianlah yang rapih. Pakai blus/kemeja, jangan pake kaos/singletan/ tanktop atau rok mini/celana pendek. Jangan menggunakan atasan/hijab warna putih karena background foto adalah putih, jadi ngga keliatan nantinya. Gunakan sepatu jangan sendal jepitan.

- Buat perempuan, dandanlah yang kece daripada nyesel punya paspor berlaku 5 tahun fotonya cupu...hehehe.

- Bawa bahan bacaan atau kalau mau main henpon aja pastikan kuota dan batre cukup, jangan lupa powerbank kalo perlu.

- Bawa uang tunai karena kemungkinan tidak ada ATM di sekitar Kantor Imigrasi, siapa tahu perlu uang tunai untuk bayar fotokopi dan sebagainya.

Untuk cara jelasnya tahap demi tahap proses pembuatan/bikin paspor online bisa jelas dibaca di Petunjuk Pengisian paspor online ini

Pengalaman perpanjangan paspor online ini berdasarkan proses saya di Kantor Imigrasi (Kanim) Kelas 1- Jakarta Selatan, Unit Layanan Paspor di Ruko Bona Indah Business Center- Karang Tengah. Mungkin ada perbedaan sedikit di tempat jika dilakukan di Kanim lainnya.

Maap yah saya ngasi alamat dan petanya hanya untuk wilayah Jakarta Selatan, maklum domisilinya disitu sih, buat yang perlu tau Kantor Imigrasi terdekat di kota/areanya bisa dilihat di : Daftar Alamat Kantor Imigrasi se-Indonesia ini.

Kantor Imigrasi Jakarta Selatan Kelas 1 - Unit Layanan Paspor (Karang Tengah) Wilayah II
Ruko Bona Indah Business Center
Jl. Karang Tengah Blok B/I No.8H, Kelurahan Lebak Bulus, Kecamatan Cilandak, Jakarta Selatan
Telp.(021) 29237049
Website : www.imigrasi.go.id
Jam Buka: 07.30 - 16.00


Kantor Imigrasi Unit Layanan Paspor Wilayah I
Jl. Ciputat Raya No.27 RT/RW.005/006, Pondok Pinang, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan
Telp.(021) 7650719 - 7650715
Website : www.imigrasi.go.id
Jam Buka: 07.30 - 16.00


Kantor Imigrasi Kelas 1 Khusus Jakarta Selatan
JL. Warung Buncit raya no.207 RT/RW.001/001 Kel Duren Tiga, Kec. Pancoran
Jaksel 12760
Telp.(021)79170912, 79170910
Faks.(021)-79170907,79170910
HP.081319066600
kanim_jaksel@imigrasi.go.id
Website : jakartaselatan.imigrasi.go.id
Jam Buka:  08.00–16.00

67 comments:

  1. bulan may ini aku hrs perpanjang paspor juga nih... sama var, kemarin2 aku jg pake bantuan teman yg kerja di imigrasi... tp nth kenapa kali ini pgn coba sndiri, mumpung may aku msh dlm cuti maternity ;p

    eh, paspor 24 hal itu bukannya utk TKI/TKW ya? pernah baca di manaaa gitu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mumpung lg cuti cobq aja sendiri. Gampang bgt kok.
      Yg 24 hal itu dulunya emang bwt mrk tapi skrg byk jg yg mau kok.

      Delete
  2. Gw kmrn manual perpanjang nya, datang jam 04.30 dan jam 9 dah kelar semua. Tinggal balik 3 hari lagi untuk ambil paspor nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lama jg ya 4,5 jam..itu pagi jam segitu dah bukaaa??

      Delete
  3. Ya Allah mbaak saya terbantu sekali sama artikelnya...makasiiiih, barakallah

    ReplyDelete
  4. Mbak, masing2 berkas di fotokopi brp rangkap?

    ReplyDelete
  5. mau nanya, untuk dokumen yang dibawa harus dibawa aslinya apa cukup copy nya aja ya?
    makasi share nya membantu sekalii

    ReplyDelete
  6. butuh surat keterangan dari kantor ga mba untuk pelengkap ? karena saya baru masuk kerja, butuh keterangan dari kantor yang baru ga ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya sih ga pake ya. Persyaratannya sesuai yg sdh saya tulia diatas aja kok. Ga ada yg lain

      Delete
  7. mba terima kasih banget. sangat membantu & bener - bener terperinci hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi..iya sama2..makasi jg dah mampir baca n komen

      Delete
  8. Terimakasih bu Vari atas sharingnya, saya sekeluarga (istri + 2 anak yg lagi kuliah) memang akan perpanjang paspor & tertarik untuk mencobanya secara online.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 pak pande..glad saya bisa bantu info utk bpk sekeluarga

      Delete
  9. asli lucu banget baca tuisan mbak, cantik dan ambisius wkwkwwkwk....sangat membantu jempol lima (jempolnya satu pinjam tetangga)


    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasi ya buat pujiannya..ahh jadi maluuu...hahaha...

      Delete
  10. Makasih banyak mbak, kebetulan paspor saya masa berlaku nya mau habis, dan sharing nya sangat sangat membantu thanks ya..

    ReplyDelete
  11. masa berlaku paspor saya sampai 04 oktober 2016 tapi saya mau perpanjang paspornya sekarang. bisa atau tidak ? kalo bisa apakah masa berlakunya melanjutkan 04 oktober 16 ? tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebaiknya dari skrg aja karena paspor klo kadaluarsa sebelum/di bawah 6 bln sdh bisa kok bikin perpanjangannya

      Delete
  12. Kebetulan juga nih mau perpanjang...tp masa berlaku uda Lewat satu bulan kena denda ga yaa...

    ReplyDelete
  13. Kebetulan juga nih mau perpanjang...tp masa berlaku uda Lewat satu bulan kena denda ga yaa...

    ReplyDelete
  14. Mbak mau nanya sbb :
    Kalo fotocopynya b/w atau colour juga boleh ?
    Kalo ktp bogor dan kanim nya bekasi (lebih dekat) , apakah perlu srt ket domisili lagi, padahal ada asli ktp elektronik & kk bogor.

    ReplyDelete
    Replies
    1. fotokopi bebas mau berwarna atau hitam putih ngga ada batasan.
      mungkin perlu surat domisili deh, saya kurang yakin juga, baiknya telpon kanimnya aja langsung tanya ya

      Delete
  15. mba mau tanya..saya barusan daftar online dan sudah bayar, verifikasi sampai selesai. tapi saya hanya dapat email bukti kedatangan saja, ga dapat salinan formulir yg udah diisi. ini gimana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah kok beda ya..maap sy ga ngerti deh klo beda gtu

      Delete
  16. komplit banget panduannya bukk.. gwe sangat terbantu.. hahaa..
    dibandingkan sama web yang lain.. punya buk vari palink komplit..
    thank ya bukk...

    ReplyDelete
  17. Maaf mau tanya waktu perpanjangan paspor ditanyain sudah punya e-ktp blm ya soalnya kebetulan memang saya blm ngurus e ktp .thank you

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pokoknya ktp yg masih berlaku. Mrk ga peduli ektp atau bukan

      Delete
  18. Mba saya mau tanya mengenai "Konfirmasi jadwal Imigrasi dan formulir online dari lampiran email (ada 3 halaman)" karena saya hanya mendapat 1 halaman konfirmasi jadwal imigrasi. Apakah formulir online didapat dari email yg sama atau ada cara lain mendapatkan formulir online nya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di dapat dari email yg sama. Mungkin skrg udh beda kali jumlah halamannya (?).

      Delete
  19. Mbak, kalau bikin surat domisili tuh dimana yaa? Makasih....

    ReplyDelete
  20. Mba.. Pasport saya udah habis masa berlakunya dr juni 2015. Berarti saya bikin pasport baru atau bisa perpanjang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi citra...perpanjang, tapi nanti dapatnya paspor baru dengan nomor paspor yg baru

      Delete
  21. Halo mba...terima kasih blognya sangat membantu. Kemarin berarti perpanjang paspornya masa kadaluarsa pasport masih lebih dari 6 bulan ya (6+ bulan). Pilihan di paspor online nya "Penggantian-Habis Berlaku" ya? Walaupun masih berlaku 6+ bulan. Takut salah pilih dan harus ulang lagi sementara sdh bayar. Terima kasih. Ria

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya penggantian habis masa berlaku walopun masih 6+ bulan masa berlakunya

      Delete
  22. hi mbk vari, mau tanya kenapa di blog nya "deedee" +6bulan ga diperbolehkan perpanjang paspornya? soalnya paspor saya exp mid jul2017, rencana mau perpanjang di bulan desember awal, jadi ragu..anyway thanks u/sharing ceritanya. regards, grace

    ReplyDelete
    Replies
    1. Utk case yg diceritain deedee itu sy jg ga ngerti knapa expired msh 7 bln ga boleh perpanjang karena pd kasus sy jg wkt itu 7 bln kok expurednya dan ga masalah perpanjang bisa aja di imigrasi.

      Delete
  23. nemu blog ini saat mau belajar cara perpanjang paspor sendiri secara online. Saya baru baca2 beberapa tulisan, katanya bisa jadi 1 hari (bisa di hari sama atau besoknya) ?
    untuk pembayarannya bagaimana? sebelum atau saat datang ke kantor imigrasi?
    Thank you ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa 1 hari itu saya belum pernah mengalami, jadi tidak bisa memberikan testimonial. Untuk pembayaran jika proses seperti yg saya lakukan di tulisan saya di atas adalah sebelum ke ktr imigrasi.

      Delete
  24. makasih mbak.. tips nya membantu banget!!!


    Domino QQ

    ReplyDelete
  25. Mba mau tanya, untuk pengambilan passport apa harus ditanggal yang sudah ditentukan? atau boleh bebas? trims sebelumnya :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebaiknya di tgl yg sudah diinformasikan biar ga bolak balik merepotkan diri sndiri

      Delete
  26. Kita udah daftar nii kak..
    trus metode pembayarannya hanya ada simponi online..
    itu gmna yah?

    ReplyDelete
  27. kak mau nanyaa, itu website untuk layanan paspor online itu ndak bisa di akses di hari-hari tertentu kah? harus hari dan jam kerja yaa? terimakasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang tricky bgt ngakses web itu..coba pagi sekitar jam 7 atau jam makan siang deh

      Delete
  28. yaaah ampun sist, kmu cantik banget...

    ReplyDelete
  29. Halo mbaa aku mau tanya, aku kan paspor sudah kadaluarsa dari februari tahun lalu hehehe berarti masih bisa diperpanjang tp dengan no.paspor baru ya. Nah kira2 berapa lama untuk pembuatan paspor seperti kasus saya ya? Karna ini baru pertama saya perpanjang paspor. Dan memang kita harus transfer sebelumnya mengumpulkan formulir? Atau boleh saat selesai mengumpulkan formulir dan di foto (ini saya lupa karna sudah lama hehe). Ditunggu jawabannya, terima kasih:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau kadaluarsanya udah lebih dari setahun dihitung bikin baru. prosesnya ya proses bikin baru

      Delete
  30. Lengkap dan jelas.
    Saya passpor abis di Sep 11, 2017. Mau liburan ke Singapore di Jun, 2017.
    Apa harus perpanjang dari sekarang apa masih bisa pakai passpor lama ya ?
    Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo ke singapore harus lebih dr 6 bulan validasi paspornya. Jd sebaiknya bikin yg baru/perpanjang

      Delete
  31. Saya dengar sebulan belakangan ini sudah tidak bisa online ?
    Yang mau perpanjang ikut antrian di pagi hari dan berebutan.
    Info saya betul tidak ya ? Apakah Anda tahu ?
    Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf sy ga tau karena ga tiap tahun kan ganti paspor..hehehe

      Delete
  32. wah...membantu banget blognya mba Vari tks y. btw mau tanya kalo passport habis bln feb 2017. rencana april 2017 baru mau ke imigrasi via online pilihannya perpanjang atau baru mba var ? barangkali tau hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebaiknya jgn lama2. Kebetulan saya ga pernah sampe lebih dari masa expired jd ga pernah ngalamin dilema itu

      Delete
  33. Thanks!!
    Excellent info! Very detailed!.. I think I'm gonna pin this site.. need to renew my passport v.soon.. expires on 12th this month.. and since the online site is not working until don't know when.. so need to figure out which immigration office I should go to..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Go to smaller immigration office..less people queueing and go at the earliest morning possible

      Delete
    2. Makasih lagi infonya.. jempool deh.. :D
      udah tau mau ke kantor imigrasi yang mana...
      tapi bangun pagi itu is quite challenging for me.. lol
      Thanks again dear..
      btw, just realized my passport expired last week! hahaha

      Delete
    3. katanya skrg online reg utk paspor lagi error site imigrasinya ya, semoga manual tetep lancar ya, thanks udah mampir kesini terus

      Delete

Boleh kok komen apa aja, nanya apa aja, curcol jg boleh. Minta di blogwalk jg boleh. Yang ga boleh itu pasang link ke website jualan ya. Tolong punya etika, jangan numpang iklan gratisan.

Spam komen link jualan = Delete.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Booking.com
Gadgets By Spice Up Your Blog