badge

Jalan-jalan ke Kebun Mawar Situhapa, Garut


Tau adanya Kebun Mawar Situhapa ini ya dari si anak Garut asli @rsuhe yang beberapa bulan yang lalu posting di Path lagi pulang kampung dan pamer si Kebun Mawar Situhapa ini. Langsung browsing dong, apaan sih nih tempat.
Ternyata Kebun Mawar Situhapa ini sebenarnya penginapan tapi memiliki area taman bunga (yang ternyata bunganya ngga cuma mawar sih) dengan luas sekitar 5 hektar, udara disini cukup sejuk angin cepoy-cepoy walaupun matahari terik benerik, udaranya sejuk karena lokasinya sebenernya di area Kamojang, Kecamatan Samarang (bukan Semarang yee, catet!) dengan ketinggian dataran sekitar 1.150 meter di atas permukaan laut.
Dulu genk Looney Lanet
Photographed by +chaidir akbar 
Skrg jadi: Turban Traveler..hasek.
Photographed by @chaidirakbar 
Kita mampir kesini dipagi hari setelah sarapan dan mandi dari tempat menginap kita yang super oke banget di Kamojang Green Resort dan Hotel , ciyus, baca deh reviewnya kita menginap semalam di Kamojang Green Resort dan Hotel ini.
Sebenernya ngga sulit untuk mencapai Kebun Mawar ini, karena lokasinya dipinggir jalan utama dari kota Garut menuju tempat wisata Kawah Kamojang, yang mana di jalan yang sama itu ada beberapa resort juga seperti Kampung Sampireun yang udah lama hits itu, lalu Mulih Ka Desa, Kamojang Green Resort , yang pasti kalo dari arah Garut, udah liat plang Kampung Sampireun ada di kiri nah itu Kebun Mawar Situhapa  sedikit lagi dari situ di sisi kanan.

Cara menuju ke Kebun Mawar Situhapa ini bisa melalui 2 jalur ;
1)    Lewat Garut dari Kota Bandung (atau kalau dari Jakarta itu lewat Cipularang keluar di Cileunyi, lalu kalau weekend mau menghindari macet di Nagreg, bisa milih lewat Cijapati, kemarin kita sebenernya ‘disasarin Google Maps’ lewat siini eh kok ya malah lebih lancar (kalau dari peta itu alurnya naik ke Utara kalau ke arah Kamojang dari Garut), atau
2)    Lewat Bandung (exit tol Cipularang di Buah Batu) lalu lewat Majalaya lalu kecamatan Ibun yang menuju ke daerah Kamojang (kalau dari peta itu alurnya turun kebawah/ke Selatan kalau dair arah Majalaya).
Tempat penjualan tiket sekaligus toko suvenir.
Tiket masuk per orangnya Rp 15.000, ya lumayan deh, bisa dibilang mahal bisa ngga juga sih soalnya fasilitasnya ya gitu-gitu aja, kalau saya sarankan sih ada peminjaman payung gratis gitu loh, soalnya serba salah, kalau hujan/gerimis ya basah kuyup karena yang namanya kebun ya pan kaga ada atapnya. Kalau panas juga gitu terik banget muka pake sunblock SPF 50 juga terasa celekit-celekit. Di area pembelian tiket ada semacam toko suvenir, tapi ya ga menarik sih menurut saya..gitu-gitu aja barangnya.
Berbagai jenis bunga, ngga cuma mawar
Kebunnya sendiri terbagi dari beberapa zona;  Zona Cana, Zona Azalea, Zona Mawar, Zona Begonia, Zona tanaman air dan banyak lagi. Sayangnya saat kami kesana belum banyak mawar yang berbunga, jadi agak mengecewakan juga karena tadinya mikir kayak di Rose garden ala-ala istana Versailles gitu loh, entah apa karena lagi bukannya musim mawar berbunga kali yah, entah lah saya bukan penggemar flora dan fauna juga sebenernya. 
tsakep kaan pemanganngannyaaa
Eh tapi pemandangan disini sih ciamik banget, mana pas banget langit juga lagi cerah, awannya cakep-cakep terus sekitarnya kan hijau royo-royo gitu yah plus dikelilingi oleh pemandangan gunung Papandayan dan gunung Cikuray (apa Gunung Guntur ye?- ya pokoknya gitu deh). 
Panorama view Kebun Mawar Situhapa
Selain Mawar, di kebun ini juga ada bunga-bunga lainnya seperti bunga kembang sepatu, bougenville, soka, melati, bahkan kaktus (iye kaktus..ajib banget liat kaktus gede-gede banget disini). 
Kaktusnya gede-gede
Terus ada juga berbagai pohon rindang lainnya yang tentunya karena saya bukan sarjana kehutanan jadi ngga tau lah ya nama pepohonan itu.

Kayaknya harus nanya-nanya dulu sih ya sebelum kesini supaya dapet pas musimnya semua mawar itu pada bermekaran supaya bisa lihat beneran ketje-ketje-nya kebun ini, lha wong katanya jenis mawar yang ada disini tuh sekitar 500 jenis (spesies/bukan total jumlah bunganya loh ya).
Jus mangganya enaakkk!
Fasilitasnya sendiri, selain penginapan juga ada cafe kecil jualan jus dan milkshake/smoothies, cukup murah, ini saya beli Jus Mangga, seger banget pakai buah asli cuma Rp 15 ribu sajah. Ada restorannya juga tapi ya kita ngga berkunjung sih jadi ngga foto-foto juga.
Ini lho Maze..bukan Waze yaa
Yang unik mereka ada Maze yang terbuat dari semak juga disitu, apa sih bahasa Indonesia-nya Maze? Update dari ibu Naning,bahasa Indonesianya: LABIRIN. Thank u Ning!. Itu loh semak-semak yang dibentuk sedemikian rupa supaya jadi jalan liku-liku dan ada jebakannya, jadi orang bisa masuk terus berusaha nyari jalan keluar dari tempat keluar yang berbeda. Lumayan seru sih walopun ukuran Maze-nya mah kecil tapi tetep aja beberapa kali saya nyasar di dalam. Buat tempat foto-foto juga asik..lebih asik lagi kalau fotonya pake drone #beliindong

Foto di dalam labirin..kurang sakses karena ga pake drone #kode
Fasilitas penginapannya sendiri kayaknya bungalow-bungalow gitu sih, kalau liat di brosurnya ada 3 jenis ;
- Damasena, published ratenya Rp. 1.400.000,-,
- Geranium, published ratenya Rp. 1.300.000,-
- Magnolia, published ratenya Rp. 2.600.000 (2 bedroom), dan Rp. 3.700.000 (3 Bedroom).
Tapi ini harga langsung ke hotelnya, biasanya kalau lewat Agoda  atau Booking.com lebih murah sih, tapi kalau lagi peak season liburan akhir tahun gini pasti harganya juga ngga segitu lah, ada surcharge lagi.
Penginapan di tengah Kebun Mawar Situhapa



TIPS mengunjungi Kebun Mawar Situhapa (lagi-lagi sotoy banget, baru sekali kemari aje sok ngasi tips) :
1. Bawa topi/payung karena kalau lagi terik, waduh ngga enak banget.
2. Pakai pakaian yang nyaman bahannya menyerap keringet, ngga usah pake baju brokat atau beludru deh (ada loh orang yang pake waktu kita kesana, hahaha)
3. Pakai alas kaki yang nyaman (keds/ jangan pakai sepatu hak tinggi) karena area berumput atau berbatu, beberapa tempat tidak ada pavement-nya.
4. Bawa uang tunai, kalo-kalo mau jajan jus atau smoothies
5. Buang sampah jangan sembarangan 
“Lihat kebunku..penuh dengan bungaaa...ada yang putih...dan ada yang merah...” – Lihat Kebunku, Ibu Sud –
Photo by @increduyble
Cerita jalan-jalan tahun baruan kita bisa dibaca juga disini :
Cerita Lengkap Tahun Baruan di Garut dan Lembang
Kamojang Green Resort dan Hotel
Nasi Liwet Pak Asep Stroberi
- Kawah Kamojang
- Lawangwangi Creative Space and Cafe

Cover photo juga by @increduyble

Kebun Mawar Situhapa
Jl. Raya Kamojang Km. 5, Kec. Semarang, Garut Kota, Jawa Barat
Tlp: (0262) 4706006
Pemesanan via AGODA

Kebun Mawar Situhapa di google maps:
https://goo.gl/maps/ZV9MBE4ToZo

15 comments:

  1. wow bagus bagnet ya kebunnya. dan gede pula...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya cantik dan luas..agak gempor sih kalo ngelilingin semua

      Delete
    2. Iya cantik dan luas..agak gempor sih kalo ngelilingin semua

      Delete
  2. kebayang var cakepnya itu taman kalo lg berbunga yaa...

    Tempat2 tinggi yg sejuk kyk garut gini, walo dingin, tp mataharinya emmang lbh cepet bikin item yeee... apa krn tinggi, jd lbh deket ke matahari :D??.. ttp aja hrs payungan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ih terik banget mataharinya, heran deh...asli geraahhh pdhl anginnya cepoy2.

      Iya sayang pas kesana bukan musim berbunga

      Delete
  3. kebun bunga yg sangat menarik untuk dikunjungi, sayang akunya di surabaya.. jadi jauhh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya kapan2 klo lg liburan ke garut aja mampir kesitu ya

      Delete
  4. Ada contact person yg bisa dihubungi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nomor telp kebun mawar situhapa ini ada kok di postingan saya diatas infonya. Silakan dihubungi ke no itu saja

      Delete
  5. Kalo maunke tamana mawar harus menginap dulu di hotel ?

    ReplyDelete
  6. Kalo mau kesana apa bisa pake motor?

    ReplyDelete

Boleh kok komen apa aja, nanya apa aja, curcol jg boleh. Minta di blogwalk jg boleh. Yang ga boleh itu pasang link ke website jualan ya. Tolong punya etika, jangan numpang iklan gratisan.

Spam komen link jualan = Delete.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Booking.com
Gadgets By Spice Up Your Blog