badge

Mengajukan visa Rusia



CATATAN PER 14 SEPT 2017:
Karena banyak yang malas baca sampai habis (biasalah orang Indonesia), saya tekankan lagi bahwa untuk aplikasi visa Rusia kini HARUS menggunakan formulir online di web kedutaannya, link-nya ada di paling bawah keterangan tambahan tulisan ini (per Update APRIL 2016). Saya tidak melayani lagi permintaan formulir PDF via email.
===========================================================

 Perjalanan saya kali ini cukup mendadak karena dari wishlist 2015 memang Rusia tidak masuk daftar sama sekali, tapi kita kan anaknya impulsif banget kalo soal jalan-jalan, gampangan banget dikisik apalagi kalo tujuan yang ditawarkan juga menarik dan belum pernah didatangi. Ini semua gara-gara komporan si Deedee yang ngebet banget mau ke Rusia bakal bahan tulisan buku selanjutnya.

Saking mendadaknya ya, rencana perginya itu tanggal 17 Juni kemarin, nah saya dan teman jalan saya si Deedee, penulis buku kondang serial Flashpacking itu, baru mengajukan permohonan visa turis ke Rusia di tanggal 8 Juni aja gitu loh, sementara menurut websitenya dan juga dari blog-blog yang udah pernah bahas soal visa Rusia itu menyatakan butuh waktu proses pengajuan visa Rusia selama 4-20 hari kerja, dengan rata-rata biasanya 7 hari kerja. Alhasil memang mepet sekali kita benar-benar cuma punya waktu tepat 7 hari. Langsung sakit perut dong, secara kan ya udah beli tiket pesawat gitu, kebayang kalo visa dapatnya di hari yang sama dengan hari keberangkatan gimana ribetnya? atau yang parah, gimana kalau ngga dapat visa? jreeenggg...ya udah pasrah dot com aja lah.

Pertama-tama tentunya yang kita cari tahu, dokumen apa sih yang diperlukan untuk mengurus visa turis ke Rusia?. Di website kedubes Rusia untuk Indonesia sudah dijelaskan sih apa saja yang diperlukan untuk mengajukan visa turis ke Rusia. Tapi memang dibutuhkan orang yang berpengalaman untuk membantu menjelaskan juga karena ada 1 dokumen yang krusial dan untuk mendapatkan dokumen ini sebenarnya gampang-gampang susah, yaitu visa support atau surat undangan resmi dari Rusia.

Untunglah Deedee mengenalkan saya ke Maya yang baru saja pulang dari Rusia dan kita pun langsung ketemuan buat bahas mengenai selub beluk Rusia ini dan yang penting; pengurusan visa Rusia. Maya dengan baik hatinya berbagi cerita, tips dan segala macem deh yang perlu kita ketahui buat perjalanan ke Rusia ini, dan juga yang paling epik adalah dia mengenalkan saya dengan kenalannya di konsuler Rusia di Jakarta yang kemudian saya dengan intensifnya berkomunikasi dengan beliau lewat WhatsApp, nanya ini itu hampir setiap hari, sebut saja namanya pak X ya. Jadi pak X ini lah yang menjelaskan ke saya juga apa saja yang perlu dilakukan sebelum datang ke konsuler menyerahkan dokumen. 

bersama Deedee dan Maya, dadakan kumpul brainstorming
Dengan sabarnya dia membalas pertanyaan-pertanyaan ’gak penting’ saya seperti saat saya bingung apakah harus foto lagi menggunakan hijab ataukah bisa menggunakan foto lama aja, akhirnya dia sarankan foto baru aja. Ada juga pertanyaan saya seperti, bener perlu ngga sih untuk membeli asuransi perjalanan? Dia sebenarnya menyarankan saja untuk beli tapi itu bukan syarat mutlak, jadilah akhirnya saya tidak membelinya, hehehe lumayan ngirit USD 32 bok. Banyaklah beberapa pertanyaan remeh temeh saya dan dijawab pak X dengan sabarnya. 

Dokumen yang diperlukan untuk mengajukan visa Rusia
Berikut daftarnya hasil nyontek dari website Kedubes Federasi Rusia untuk Indonesia :
- Mengisi formulir permohonan visa 
- Paspor dengan masa berlaku minimal 6 bulan ke depan dan Fotokopinya.
- Pas foto berwarna (background Putih) ukuran 3x4 (2 buah)
- Visa Support/Surat konfirmasi undangan resmi dari hotel/agensi perjalanan di Rusia, dokumen ini harus dalam Bahasa Rusia. BUKAN surat sponsor dari teman/sodara/pacar/kenalan di Rusia.
- Tiket/bukti pemesanan tiket pesawat/bukti pemesanan pesawat (pergi pulang)
- Pemesanan akomodasi/hotel 

contoh dokumen Visa Support untuk Rusia

Tentang Visa Support Rusia
Yang agak menyusahkan memang si Visa Support ke Rusia ini sih. Atas saran Maya juga, kami akhirnya membuka website Express to Russia untuk "membeli" Visa Support untuk kami, per orangnya dikenakan biaya USD 30 dan prosesnya cukup cepat, saat itu kami membeli di hari Jumat siang dan Minggu malam kami sudah menerima dokumen visa support kami (1 orang harus memiliki 1 dokumen). Menurut saya layanan yang diberikan Express to Russia ini cukup membantu ya, terutama nanti saat Deedee mendapatkan musibah kehilangan dokumen sewaktu tiba di Moskow.

Formulir Visa
Pengisian formulir aplikasi visa turis ke Rusia sebenarnya standar aja dan tidak terlalu membingungkan. Formulir ini tersedia di kantor kedubes atau bisa diunduh dari website mereka juga. Atau kalau ngga berhasil, silakan email ke kita, nanti kita kirimkan PDF formulirnya. Alamat email kita bisa dilihat di Page CONTACT US ya.

Pasfoto
Saya membuat pas foto di Adorama Kemang, karena ternyata salah satu langganan saya buat pasfoto itu Fuji Film di PIM sudah tutup dan yang saya sering juga di area Sabang ya kejauhan ya. Pas foto di Adorama cukup cepat hanya setengah jam kok. Untuk pengguna hijab, pas fotonya biasa saja pakai hijab aja standar, Cuma memang nanti anehnya di stiker visanya tidak akan ada fotonya, jadi saya cukup sebel sih tau gitu pakai foto lama aja, apa mungkin fotonya itu adanya di sistem mereka aja ya. Oiya background pasfotonya putih ya.

Tiket pesawat
Saat kami mengajukan visa, dokumen pemesanan tiket pesawatnya kami menggunakan kode booking pesawat Vietnam Airlines jadi bukan tiket asli, melainkan hanya bukti pemesanan tiket, karena saat itu kami belum berani untuk membeli tiket pesawat, walaupun setelah mendapatkan visa ternyata kami malah naik Aeroflot karena harga Vietnam Air sudah membubung tinggi.

Bukti Konfirmasi Hotel
Saya menggunakan booking.com untuk memesan kamar kami di Moskow. Saat mengurus visa, kami baru hanya terpikirkan untuk pergi ke Moskow jadi belum memilih apakah akan ke kota lain atau tidak. Tapi pada perjalanan kami akhirnya sempat mampir juga ke Saint Petersburg.

BIAYA PENGAJUAN VISA KE RUSIA
Standar  (proses 4-20 hari kerja)
Single Entry : USD 70
Double Entry : USD 100
Multiple Entry (Bisnis) :USD 170

Express  (proses 1- 3 hari kerja)
Single Entry : USD 175
Double Entry : USD 200
Multiple Entry (Bisnis) :USD 350

Setelah semua dokumen persyaratan lengkap, termasuk biaya pengajuan visanya ya, baru deh dokumen dibawa ke Kedubes Federasi Rusia.

PENGAJUAN KE KEDUBES FEDERASI RUSIA
Lokasi kantor kedubes federasi Rusia berada di area Kuningan, Jakarta dan cukup mudah untuk ditemukan, ada area untuk parkir mobil/motor juga.

Embassy of the Russian Federation
Jl. H. R. Rasuna Said Kav. 7 No. 1-2
Jakarta Selatan
DKI Jakarta 12950
Jam buka untuk pengurusan visa dari 09.00 - 13.00


Karena saat mengajukan visa itu saya sedang berada di Parapat, jadilah Deedee sorangan ke Kedubes dengan dokumen saya juga, jadi boleh ya dititipin dan tanpa surat kuasa. 

Sepertinya prosesnya lumayan cepat karena sekitar jam 10 pagi Deedee sudah mengabari kalau dokumen sudah diterima kedutaan. Deedee bilang proses antriannya juga tidak terlalu lama, masuk kedutaan hanya menitipkan KTP, lalu menyerahkan dokumen kita, diperiksa sebentar lalu bayar biaya visanya.
Kami membayar harga standar aja USD 70 namun saya membayar menggunakan Rupiah, jadi ratenya 1 USD = Rp 14.000, memang jatuhnya lebih mahal sih tapi karena saya juga kan ngga punya cukup waktu untuk nuker USD juga waktu itu jadi ya udahlah. Setelah itu kami menerima semacam kwitansi pembayaran dan disitu tertera juga tanggal pengambilan visa adalah 16 Juni, yang mana cuma sehari sebelum kita berangkat sodara-sodaraaaa!!...

PENGAMBILAN VISA DI KEDUBES RUSIA
Di tanggal yang sudah diberikan saya yang gantian jemput paspor kami di kedutaan Rusia. Sehari sebelumnya saya udah bawel ke pak X menanyakan apakah permohonan visa kita disetujui atau tidak, eh dia malah jawabannya abu-abu bener, bikin tetep deg-degan ajah.

Saya berangkat ternyata lumayan mepet karena jalanan macet banget, sampai di kedubes itu udah jam 11 siang lewat, padahal udah diwanti-wanti pak X kalau Kedubes tutup urusan visa di jam 1 siang.
Saya kesana naik Uber taksi pastinya tapi mobilnya saya minta parkir dan nunggu aja soalnya saya kira ngga bakalan lama.

Begitu masuk, diminta titip KTP dan dikasi nomor antrian, waktu itu nomor antrian saya 30 dan waktu itu masih nomor 23, jadi saya nunggu lumayan lama, mana pas setelah nomor 25 itu mbak petugasnya yang emang cuma sorangan aja, tetiba masuk ke dalam ruangan dan ngga keliatan lagi lumayan lama. Saya udah resah gelisah semacam nunggu THR aja, sambil sibuk tetep WhatsApp-an dengan Deedee dan pak X yang ternyata masih otw dari Pasar Festival menuju Kedubes. Sampe sakit perut saya tegang nungguin nomer 30 dipanggil deh. Bagusnya disini banyak sofa-sofa empuk buat nunggu dan bisa numpang nyolok ngecharge henpon, hehehe. Bersama saya banyak juga sih yang nunggu, tapi sepertinya kebanyakan orang visa dari tour agen gitu.

Setelah sekitar hampir sejam saya nungguin, akhirnya dipanggil juga tuh nomor 30, dan tadaaaa.....dapet juga visa turis ke Rusianyaaaa...



ДОБРО ПОЖАЛОВАТЬ В РОССИЮ !

Jangan lupaa baca semua postingan eykeh tentang Summer trip to Russia yaaa...foto-fotonya juga udah banyak yang akuh post di Instagram @travelingcow ..plis add plis, hahaha

UPDATE per April 2016
Untuk pengajuan visa ke Rusia bisa menggunakan form online, klik di :visa.kdmid.ru 


UPDATE per APRIL 2017

Jika Web Express to Russia mungkin sudah tidak bisa mengakomodir permintaan visa support/visa invitation untuk turis dari negara risiko tinggi seperti Indonesia ini, coba untuk cek ke beberapa web yang serupa :
http://waytorussia.net/Travel/VisaSupport.html
https://myrussianvisa.com
http://www.visatorussia.com/russianvisa.nsf/visa_support.html
http://www.visitrussia.com/visa_reserv.htm

Sebagai catatan tambahan, jika ada pertanyaan, bisa ke LINE : Travelingcow ..
tapi tolong jenis pertanyaannya jangan yang sudah ada jawabannya di blog ini,
budayakan cerdas dan cermat membaca, jangan hanya selintas terus males, terus dikit2 nanya ya. 
  • Saya juga kerja kantoran, harap maklum kalau jawab LINE nya slow response.
  • Saya BUKAN jasa pengurusan visa, jadi jangan repot-repot nanya untuk minta saya melakukan itu.
  • Saya juga TIDAK AKAN memberikan nomor hape Pak X yang disebut di artikel ini, jadi gak perlu sok akrab juga untuk nanyain itu.
  • Bilang "makasih" boleh kalik setiap kali sudah merasa terbantukan dengan nanya ke LINE saya, sini bukan Bot lho...
  • Tidak perlu meminta formulir PDF untuk aplikasi lagi ke saya, silakan apply online dari websitenya langsung (visa.kdmid.ru).


124 comments:

  1. Var, untung gak jadi menclok2 negara tetangga yah dengan tragedi kecopetannya si Deedee, paling gak ngurangin complicated :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaa becull...kebayang ga sih kalo akhirnya jadi ke Georgia ya itu bisa2 gw jalan sendiri aja gitu kesananya dan deedee stay di rusia..hadeh..

      Delete
  2. Wah wah keren banget Rusia, ditumbgu cerita perjalanannya. Pernah baca Rusia cuma beberapa lembar aja dibukunya trinity.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaa, keren memang, I love it!. Ditunggu ya ceritanya disini...tenang kalo di blog gw ga perlu beli buku, gratis baca sampe bosen....hihihihi

      Delete
  3. Jadi ini cerita ttg ADorama sama uber yaaa kak #LaluDikeplak

    ReplyDelete
    Replies
    1. ahh ga nyimak sih...ini tentang doraemon sama gojek lagiiihhhh...

      Delete
  4. Wii, rusia! pengen juga kenegara yang satu ini, Semacam misterius gitu :D masa tinggal visa dapet berapa hari tuh buat singgle entry sama multiple entry?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kereeenn...rusiaaa kereeen dehh #kompormleduk
      dapetnya sesuai tgl rekues pergi, tapi max 15 hari sih memang. Gw bikinnya Single entry karena dah mefet applynya

      Delete
  5. sepupuku thn lalu kesana...pas winter pula. saljunya ampun2an waktu itu.. .udh ngajakin tp ya ga bisalah kalo mndadak gitu ;p.. tp dia ngurus visanya ama travelnya Var.. kyknya ga ada rpot2nya samasekali... dan utk doc supportnya, dari kenalan yg jd diplomat di sana.. Mertuaku pdhl udh prnh nwarin jg ksana, secara msh bnyk kenalan2nya yg msh bertugas di rusia -__-.. biaya hidup per hari kira2 brp?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kan makanya gw nulis disini kalo ada yg mw urus visanya sendiri tanpa travel agent. Gw soalnya lebih suka apa2 urus sendiri klo traveling..lebih berasa cari pengalamannya.
      biaya hidup per hari brp ya..gw sejujrnya ga ngitungin tapi rasanya lebih murah drpd di Jepang kok

      Delete
  6. Wuih Mbak Vary udah ke Rusia aja. Keren mbak. Thanks share nya, jadi referensi tambahan saya nanti kalau mau ke Rusia.

    Jangan lupa cerita tentang Rusia nya yah Mbak, plus foto foto nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha iya nih cipu..penasaran aja kyk gmana Rusia sbnrnya..negara terluas di dunia ya dgn 11 timezone. Dan gw kunjungi cuma 2 kota secuprit. Nanti ya aku cicil ceritanya..ini byk bgt yg bs diceritain tapi so little time so much to do #arkarna #alesanklasik

      Delete
  7. wihhh asikk, aku mahh tinggal nungguin Russia travel seriesnya ajaa nih kak Var, aku bookmarked dulu *jarang-jarang nemu artikel ngurus visa Russia soalnya*

    Thank you kakk

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe iyah, tungguin aja di cow channel ini, hahahaha...thanks ya mei..

      Delete
  8. Aku nungguin postingan Rusia mu mbak, penasaran dengan St Petersburg & istana kremlin

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyak, sabar yah...maklum kitah anaknya mood-moodan milihin fotonyaa...hahaha #alesanklasik #darijamanmajapahit

      Delete
  9. Thanks infonya jelasss banget..Iyah nih Russia pengen jadi next destination.Kemarin sempet lihat acara Net Tv Muslim Traveler di Moscow, jadi tambah kepengen kesana. Di acara itu diliput juga kebiasaan penduduk Moscow di salah satu subwaynya ada patung anjing yang katanya klo mengusap moncongnya bakalan terkabul keinginannya, jadilah si moncong patung berwarna putih sendiri dan iyah orang2 Russia yang lewat pasti menyempatkan mengusap si patung. Baru lihat lagi blog Mba Vari, cantik dan modis pake hijab. Kemarin aku malah kesengsem cerita Mba di Baby Cow, sampe suka nunggu kelanjutannya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe thank you ya, iya itu ada di salah satu subway stasiun, wedeh saya jg udah lupa stasiun mana itu ya..pdhl kesana dan berfoto segala.
      Thank you..hahaha itu blog baby cow lebih lama lagi ga ke update2nya..duh payah bgt nih gw emang lg males bgt

      Delete
  10. Hahaha...aduh kalo blog yg Baby Cow itu kesian banget emagn nasibnya ...orangnya malah sibuk jalan2 beginiii..wakakakak...iya nih masih jadi utang aku bgt nulis disitu lagihhh

    anyway iya aku kesalah satu metro/subway yang ada patung anjing itu...sebenernya itu moncong jd putih karena kebanyakan yg ngusap2aja sih aslinya itu coklat tua warnanya

    thank you ya Anita udah mampir lagi, langganan email updatenya dong supaya ngga klewatan cerita di blog ini, hahaha..aku udah mampir ke blog mu, keren..byk ceritanya..tukeran link ya, nanti aku masukin di halanan Recomended Pages
    cheersss...

    ReplyDelete
  11. Hi Vari,

    Apa kabar?
    Mau tanya, barusan aku cek website Express to Russia, dan Indonesia nggak ada dalam list countries of migration risk.
    Waktu dirimu beli Visa Support, apa Indonesia masuk ke list tsb?
    Thanks ya, and keep posting!

    -witri-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi witri..wah masi inget gw ya...apakabar? :)
      iya kayaknya baru deh itu di update kalo mrk udh ga bisa lg bantuin buat pemegang paspor indonesia..ada bbrp website lain yg similar dgn mrk kok..

      Coba ini:
      http://waytorussia.net/Travel/VisaSupport.html

      https://myrussianvisa.com

      http://www.visatorussia.com/russianvisa.nsf/visa_support.html

      http://www.visitrussia.com/visa_reserv.htm

      Delete
  12. Var, visa russia bukan schengen ya? Eklusip buat rusia aja?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukan cyiiiiin
      dese visanya sendokiran ajun..negaranya gede bgt yak 11 timezone lebih geda drpd benua eropa #lebay

      Delete
  13. Nanya doong mba Vari..
    masih bingung soal apply visa.. kalo misalkan rencana berangkat 1 desember sampe 13 desember.. nah kalo apply visanya dari tanggal 1 november gitu emang ga bisa ya ? jadi gak deg-deg an gitu.. :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Shrsnya sih bisa2 aja asal tanggalnyanudah pasti dan ada visa supportnya

      Delete
  14. Hai kak.. makasih banget buat infonya
    Aku pengen nanya suamiku org malaysia, apakah syrat2 visa rusia juga sama utk pemegang paspor malaysia?
    Rencananya kita pengen jalan2 pake kereta dr beijing all the way to london
    Berarti rute nya lewat moscow dong
    Boleh minta saran nya kak? Makasih banyak sebelumnya kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mau naik trans siberia ya? Mungkin mirip kalia persyaratannya.
      Gimana kalo nanya lgsg aja ke kedubes rusianya atau cek kedubes rusia di KL

      Delete
  15. mba sy mau tanya nih,sy rencana kan mau urus visa cm sy ga lagi di indonesia,tp sy mau urus visa nya dari kedubes russia yg ada di jepang,krena memang sy sedang berdomisili dsni untk sementara waktu,nah yg jadi pertanyaan saya syarat diatas sy dapat ini nih dari web official nya...

    All non-Russian citizens (except Japanese), who wish to re-enter Japan following travel to Russia must obtain Re-entry Permits from the Japanese immigration authorities.
    karena ini baru pertama kali saya urus visa di negara orang saya agak gugup karena tertera dibawahnya seperti ini ...


    Visa applications will be declined if any of the above listed documents are missing!

    mungkin km atau tmn km punya pengalaman seperti saya .mohon masukannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah maap nih mike..aku ga punya pngalaman smacam itu soalnya ke jepang aja baru skali..maap ya

      Delete
  16. Hi Mbak Var salam kenal,
    Saya mau tanya saat request visa support di express to russia, transaksi visa support nya per orang yah? Saya tadi mau coba minta untuk 3 orang, tapi data yang harus di submit keliatan hanya untuk 1 orang, lah yang 2 piye? Waktu itu mbak vari gimana ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku wkt itu lgsg kok berdua..byrnya lgsg utk 2 org

      Delete
  17. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  18. Hai Kak, mau tanya. Waktu kakak ajuin via, dokumen tiket pesawat, itu cuma kode booking? Bukannya biasa booking tiket harus di bayar 24 jam ya. Sedangkan, visanya baru keluar 7 harian? Thanks Kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kode booking doang. Makanya emang beda pswt wkt ngajuin visa sama pswt yg saya naikin beneran ke moskow nya

      Delete
  19. Jadi setelah dapet kode booking. Kakak cancel tiketnya. Ganti pesawat lain. Itu ga dipermasalahkan sama bagian kedutaan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Prayogi, setelah dapet visanya saya ganti pesawat karena memang otomatis kode bookingan pesawat sudah hangus juga lewat dari time limit yg biasanya cuma 24 jam. Kedutaan ngga mempermasalahkan juga kan visanya sudah dapat juga.

      Delete
  20. Halo mbak...

    Saya minta pdf form visa dong. Email saya prakasa08@gmail.com

    Setelah diisi, kemudian kirim kemana ya? Sebab didownload aja susah bgt

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tlg email aja permintaannya ke travelingcows@gmail.com

      Delete
  21. Mau tanya mba, itu gak diperlukan rekening koran tabungan atau gmn yakh mba???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngga diminta kok. Yg plg penting adlh Visa Support

      Delete
  22. mba vari, mau nanya dong.. :)

    kalo seumpamanya mau berangkat tanggal 2 maret - 17 maret (16 hari), tapi pada saat apply visa, pake booking confirmation airline di travel untuk tanggal 1 maret - 20 maret, boleh gak ya ?

    jadi buat jaga2 kalo tgl 2-17 harga naik, jadi bisa di mundurin gitu asal visa udah approve 1-20 maret.. nanti problem gak ya ? bingung euy mau nanya kemana..

    makasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Visa klo utk rusia akan diberikan sesuai tgl yg diajukan. Semua dokumen yg disertakan hrs sesuai tgl kpn mw perginya.

      Delete
  23. makasih mba vari jawabannya, jadi saya apply lgsg sesuai tiket aja ya. Oh ya, kalo nginep diapartment teman, nanti di kotanya harus registrasi dulu ya katanya di kantor polisi ? atau ngga perlu ya, takut ada razia :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebaiknya ikuti aja bagaimana aturan main yg berlaku disana.

      Delete
  24. Halo mbak Vari,
    Dulu saya pengen ke Rusia juga, setelah baca blog ini jadi pengen lagi hhhee
    Saya mau tanya booking dengan vietnam airlines, berarti tiketnya belum issued ya? bagaimana caranya ya?

    Main juga ya ke blog saya mbak di: www.BlogEgi.com kontennya tentang perjalanan saya.

    BTW, URL IG nya salah mbak hhhaaa, kelebihan huruf S.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi egi, thank u udah visit ke blog kita, ok aku nti kunjungan balasan ya, tukeran link juga boleh kalau mau.

      Utk pesawat yg vietnam air itu kita booking pakai travel agent jadi hanya booking seat belum bayar/issued- lampiran bookingan itu yg disampaikan ke kedutaan, berangkatnya akhirnya naik russian air ngga jadi naik vietnam air. gitu doang sih

      iya IG nya sempet ganti nama, karena tadinya @travelingcow udah ada yg punya, eh ngga taunya beberapa bulan kemudian available, ajdi skrg udah ngga pake "s" emang, ntar aku edit deh dipostingannya

      Delete
    2. Halo mbak Vari,
      Boleh deh tukeran link yuk, saya sudah add blog mbak. Cek aja di: http://www.blogegi.com/teman-egi/

      Delete
  25. Hi Mbak Vari,

    Good day to you.

    Salam kenal Mbak, Saya ada rencana mau ke St. Petersburg Russia, di bulan Juni ini kebetulan di sana ada teman saya, nah mbak kindly advise untuk pengajuan visa, saya tinggal di Cyberjaya Malaysia, apa saya bisa apply di embassy Russia untuk Malaysia? Dan untuk sponsor letter nya I was thinking to be supported by my friend mbak. Whats your best suggestion?

    Makasih banyak mbak.

    Fadly

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi fadly, seharusnya bisa ya applynya di kedubes rusia di KL, karena ngga mungkin kan ke jkt dulu repot banget.
      Untuk sponsor letter dari temennya ngga perlu karena yg diperlukan adalah visa support seperti yg sudah saya jelaskan diatas

      Delete
    2. Mba Vari,

      Maksih banyak atas penjelasan nya. Di point mbak harus juga di lampirkan bukti pemesanan hotel ya mbak. Nah saya tinggal sama teman saya. Itu bagaimana ya mbak?

      Delete
    3. Wah sy kurang tau bagaimana kalo tgal sama teman. Coba tlp kedutaannya aja. Kalo sy jadi kamu sih sy akan bikin bookingan hotel aja untuk sekadar lolos tapi ga bener dibayar. Silakan pake widget Booking.com yg ada di blog saya ini kalo mau begitu

      Delete
    4. Tambahan aja..untuk bisa punya visa support itu hrs bisa menunjukkan bukti pemesanan hotel. Nah utk bisa dpt visa rusia wajib punya visa support. Nah silakan diperkirakan saja bagaimana langkahnya selanjutnya

      Delete
    5. Makasih Banyak Mbak Vari atas informasi nya.. bermaanfaat banget,

      Delete
  26. Hi Mbak Vari yg cantik
    Aku Natalie yg tadi email sama kirim komen di IG
    Ga sabaran gitu aku dibales messagenya jadi komen ke sini juga ))
    mbak boleh minta tolong kirim form visa turis ke rusia nya yah? emailku yang tadi di nathalie_ria@yahoo.com
    Sama sekalian, kalau tidak keberatan aku mau tanya2 sedikit via whatsapp jadi aku minta nomor hp Mbak Vari juga di email, aku tunggu jawabannya ya
    oh ya single entry tourist visa ke russia maksimal cuma 15 hari? serius?

    Makasih mba ))

    ReplyDelete
    Replies
    1. HI Natalie,

      oke ntar saya balas emailnya ya, sabar ya soalnya saya kan ngantor juga kerja bu...
      nanti no WA saya emailkan juga.
      Iya single entry cuma 15 hari.

      Delete
  27. Hi mba Vari, salam kenal..
    Mba mau tanya kalau kita sudah di moscow trus mau ke negara tetangga nya harus mengajukan visa lg di negara yg mau kita kunjunginya? seperti negara goergia, armenia atau ukraine?
    makasih sebelumnya mba :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi cynthia..iya semua itu hrs pake visa ya jd hrs apply jg

      Delete
  28. Hai Kak. Mau tanya. Kalau misalnya pengajuan visa sendiri ke Russia, apakah perlu membeli insurance ?apakah dipersulit kalau tidak membelinya?

    Kemudian, bookingan pesawat yang dilampirkan ke dokumen dalam bentuk apa? Di formulir visa kan diminta kode pesawat. Hanya itu kah? tidak ada file lainnya?

    Untuk visa support, itu dari Express Russia, mengirimkan kita dalam bentuk email? lalu kita print dan lampirkan dalam berkas dokumen?

    Thanks Kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Prayogi, sorry aku baru baca2in nih isi komen2 blog kita, agak sibuk minggu kemarin.
      untuk Asuransi: tidak perlu
      untuk bookingan pesawat bisa pakai print out dari travel agent.
      untuk visa support dikirim pakai email (filenya biasanya PDF) di print dan dilampirkan.
      good luck!

      Delete
  29. Kak, maaf sebelumnya. Boleh minta line or WA kakak? untuk menanyakan tentang pengajuan visa lebih lanjut

    email saya : prayogi.miura@yahoo.com

    Thanks Kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Prayogi, LINE kita ada di : Travelingcow add aja ya

      Delete
  30. hi, aq barusan liat di web http://www.expresstorussia.com/russian_visas.html, kok disitu disebutin kyk gini "Please note due to licensing issues Express to Russia cannot issue Russian visa support to citizens of the following countries:...., Indonesia,...."
    apakah skrg uda gak bisa kasi jasa Visa Support ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba aja di email dulu kesana ya, udah lama sih tulisan itu aku liat, tapi kayaknya orang2 yg pada nanya disini tetep pake mereka kok

      Delete
  31. Halo Kak.

    Mau tanya. Waktu kakak ajukan visa. Kakak, buat visa support terlebih dulu? atau langsung booking dengan tiket pesawat?

    Saat mengajukan visa support, apakah diminta kode booking pesawat? atau hanya tanggal keberangkatan dan kepulangan?

    Lalu kakak urus visa support dulu. Sampai terima visa support. Baru mulai mengurus dokumen2 di Kedubes Russia?

    Thanks Kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi prayogi...coba dibaca dulu isi artikel blog saya diatas ini.semua pertanyaanmu terjawab dsitu kok

      Delete
  32. Hi Vari...setelah dapat Visa, sesampainya di Rusia harus diregister ya..bagaimana cara dan biayanya?
    Thanks ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Ika..ngga tuh sy ga ada register2 sesampainya dsana..

      Delete
  33. Halo Kak

    Pertanyaan 1 dan 2 tidak ada jawabannya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada banget. tolong dibaca yg teliti

      Delete
    2. Mas Prayogi ada rencana ke Rusia? siapa tau bisa barang

      Delete
  34. mau nanya ne mbak, kalo visa homestay, perlu nga lapirkan asuransi perjalanan dan bisa ngak, kalo beli ticket sekali jalan, karena saya mau nikah disana, dan izin visa saya 3 bulan. thank

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf saya ga tau visa homestay itu apa dan ga punya pengalaman utk itu

      Delete
  35. Mbak..maaf aq mo nanya..utk pengurusan visa single entry harganya msh sama ga sm kyk taon lalu?? #urgent mo ngurus minggu depan nih.. Btw thanks infonya mbak..bener2 ada pncerahan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf saya ga selalu dpt updatenya ya. Coba tanya lgsg or liat web kedubesnya aja kan ada lengkap infonya

      Delete
  36. Mbak..makasih sblmnya udah ngebales comment sy..mbak saya bisa ga mnt dikirimin form pengisian utk visa? Klo ada contoh pengisian saya mnt juga buat acuan..kmrn sempat coba online cuman pas masukan no.referensi sy bingung..itu no apa ya?? Klo boleh minta dikirim di alamat email sy jeanilela01@yahoo.co.id

    Makasih sebelumnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf formulirnya kan dulu udah diserahin ke kedubesnya jadi udah ga ada lg contohnya

      Delete
  37. mbakk aku mau nangis nih...
    jadi tadi pagi aku appply visa turis (12-22 oktober) karena ada meeting di nizhny dan gak keburu apply bisnis visa... trus ternyata meetingnya diundur seminggu tgl 19-29 oktober

    pastinya kan visa yg dikasih cuma tanggal segitu (12-22). apa mungkin bisa dikasih yg 30 hari ya? gimana kalau minta nambah seminggu lagi?

    rencananya besok mau ke embassy lagi untuk minta visanya ditambahin seminggu. kalau gak dikasih, yah terpaksa deh apply lagi (boleh kan apply lagi yah??)

    galaw and panik aaaaa

    ReplyDelete
  38. laporaan.......

    tadi aku ke embassy lagi untuk ganti jadwal visa. jadi ternyata masih bisa diganti (mungkin karena beda 1 hari dan belum diproses), pastinya ganti Visa Support dan Ticket booking juga. terima kasih untuk Mbak Rina yg baik hati dan staf2 kedutaan yg sangat kooperatif! luar biasa deh pokoknya...

    untuk visa support, pakai aja website http://www.destinationrussia.com/ itu yg paling lengkap dan bahkan bisa issue BUSINESS VISA SUPPORT untuk WNI. untuk VISA SUPPORT biasa, bahkan ada yg instant langsung jadi setelah bayar.

    ppphhhfffttt semoga info tentang pengalaman saya ini membantu dan berguna lalalalala

    Pauliana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Pauliana...wah syukurlah bisa diproses ya visanya dgn mudah..maaf aku baru smpt buka n baca2 komen blog nih baru plg juga..happy visiting Russia! Dingin lho klo skrg kesana...

      Delete
  39. Untuk apply visa, paling awal berapa hari sebelum hari-H boleh urus visa? apakah 90 hari sebelumnya bisa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebaiknya 1-2 bulan sebelumnya karena kalau kejauhan juga kadang disuruh balik lagi kalau sudah lebih deket periodenya

      Delete
  40. Hi vari.td aku baru aj cek website express Rusia. Di sana tertulis invitation sigle entry usd 18 krn indonesia tdk trmsuk list coutry risk. (ris country risk usd 30). Btw itu pembayaran rusia support letter pake ap? Kartu kredit bisa kah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi kiki, bisa coba http://www.destinationrussia.com/ seperti saran Pauliana diatas. Express to Russia mmg skrg udh ga mlayani turis IDN lg.
      Byrnya pake kartu kredit. Atau tergantung di website itu sebutinnya apa.

      Delete
  41. mbak, untuk dapat vissa support apakah harus Apply lewat website-website yang udah disebutin sebelumnya ? apakah beberapa Hostel di moscow juga bisa keluarin Surat Undangan untuk WNI ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setau saya visa support di dapat dgn cara tersebut. Jika memang dari hotel bisa provide jg saya krg tau dan tdk brani merekomendasikan.

      Delete
  42. Hallo,, Mba vari,, bisa kah saya bertnya langsung ke email /whatsaap,,aku ada rencana ke russian sekitar 10hari,,bisa kah kontak aku ke narmita100890@gmail. Com,,, thanks))

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Nani, kamu bias kontak saya di LINE : Travelingcow atau email ke travelingcows@gmail.com ya...ditunggu :)

      Delete
  43. Dear Mba vari, saya mau nanya utk pengurusan visa rusia sendiri, utk rekening 3 bulan terakhir ada minimum nominal tertentu ga ya mba?
    Soalnya saya pengalaman urus visa korea, katanya minimal 20juta, australia minimal 100 juta.
    Thank you mBa~

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngga pernah ada persyaratan visa di kedubes manapun yg mencantumkan mininal rekening.
      Yg dilihat itu hanya dlm 3 bulan apakah kita punya cukup income utk mbiayai perjalanan alias punya penghasilan tetap apa ngga.
      Sy bikin visa ausie petama kali dulu cuma punya 10 jt di rekening dan dpt aja tuh..

      Delete
  44. dear Mbak Klo tempat wisata rusia yg bagus apa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada yg namanya trip advisor, google, banyak kok alat yg bisa digunakan untuk mencari itu semua

      Delete
  45. mba...saya liya..salam kenal^^
    boleh minta formulir visa rusianya..
    liya gagal mulu buat download
    ini emailnya
    liya_1205_badriah@yahoo.co.id

    sebelumnya terima kasih^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Skrg udah ga perlu form cetak. Silakan baca tulisan saya di akhir artikel

      Delete
  46. Mbak, mau tanya donk.

    Aku baru aja beli tiket ke rusia memakai Thai Airways. Pengurusan visa Rusia sulit ga sih? akubaru ganti passport dan baru ke Thailand aja. Di Rusianya sendiri bagaimana mbak? Apakah aman2 aja ato gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pengurusan visanya ya seperti yg saya ceritakan di atas itu aja, susah -ngganya tergantung niat aja sih. Di Rusia sih saya cuma ke kota besarnya; moskow dan St Petersburg dan selama disana aman2 aja sih

      Delete
  47. halo,

    salam kenal ya mba vari..

    mba dan teman2 disin, saya mau tanya, ada yg pernah bermasalah ga dengan travel agent yg mengeluarkan invitation letter nya? saya tadi siang baru dari kedutaan, aplikasi saya ga diterima karena katanya agen yg mengeluarkan invitation letter saya bermasalah (saya pesan dari goingrus.com). saya diminta melengkapi invoice hotel dari pihak travel (?) saya sudah email ke pihak goingrus nya, tapi mereka bilang mereka ga bisa provide invoice yg diminta.. bingung nih.. takut juga ga di approve visa nya.. soalnya tiket udah beli utk berangkat tgl 3 maret.. T^T kira2 harus gimana ya? kalau pesan invitation letter dari travel agen yg lain nanti masalah ga ya..?
    gimana ya kira2?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah maaf ya saya blm pernah ngalamin. Kemunkinan besae si Goigrus itu (pernah) blacklist agent jd dari kedubes maunya lebih pasti lg dokumennya. Saran saya minta refund aja dari goingrus dan cari agen lain

      Delete
    2. hi hakuna
      ada no telp ?
      saya mau tanya dong
      karena ada masalah yg sama juga
      terima kasih

      Delete
    3. Coba di ivisa.ru kalau mau beli invitation.
      Ketika mau beli invitation perhatikan nama hotel dan lamanya tinggal beserta kotanya harus sama persis dengan hotel yg telah kita pesan sebelumnya.
      Jangan lupa tanggal tiket yaitu saat masuk rusia dan saat keluar harus sama dengan formulir untuk invitation yg kita isi.
      Bukti pembayaran hotel, bisa minta lewat email ke hotel tsb atau jika memesan menggunakan credit card, gunakan print out tagihan untuk bukti, untuk tiket juga sebaiknya di lampirkan bukti pembayaran.

      Pastikan tour operator bonafid dan mau sedikit repot untuk mengeluarkan surat keterangan bahwa merekalah yg mengeluarkan visa invitation, itu jika di minta pihak konsuler. Site yg saya gunakan agak mahal tapi customer service nya bagus.

      Jika persyaratan tsb di penuhi insya allah urusan visa lancar :-)

      Delete
    4. Thank you ya yg di atas itu hamba Allah bgt si Anonymous ngebantuin jawab tapi ga nulis nama :)_

      Delete
  48. Artikelnya sangat kereeen sista...

    insha Allah tgl 21April aku brgkt ke moscow dan smp tgl 22 Mei di Russia, dan skg lg prepare u ajuin visa...


    Semua udh ready hny asuransi aja yg blm beli, tp aku liat persyaratan sista di atas gada asuransi, apakah gak perlu lampirkan asuransi sist ? Mohon infonya, tq ya.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya sih ngga pake asuransi ya waktu itu

      Delete
    2. Sampai saat ini sih belum perlu, tapi di sarankan jika ada budget maka ambil asuransi perjalanan yg ada asuransi kesehatannya, jika sakit atau mengalami kecelakaan akan sangat membantu, karena biaya medis di moscow tidak murah.

      Delete
  49. Hi,
    Kalau undangan visa ada kenalan yg bs bantuin aku? Plan mau naik trans-siberia dr Mongolia. Sayangnya teman aku cuma dr Mongolia saja.Jika boleh share��
    Terima kasih banyak sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya ngga punya pengalaman pakai undangan2 dari rusia. jadi cuma bisa menyarankan pakai visa support sebagaimana disyaratkan kedubes rusia di jkt

      Delete
  50. apa apply visa rusia bisa di wakilkan teman ?
    terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau baca artikel di blog saya di atas pasti tau jawabannya

      Delete
  51. nemu kejadian ketahan di ruang imigrasi gak mbak pas begitu sampai di Rusia? aku nemu kejadian gitu petugas gak percaya dengan pasport ku mereka kira pasport ku palsu, tapi setelah 45 menit akhirnya mereka mengizinkan aku untuk lewat.

    ditunggu kedatangan nya di blog ku ya mbak

    ReplyDelete
  52. Uni.... boleh minta referensi hotel di Saint Petersburg... terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku cuma bisa ngasi tau cari di area nevsky prospekt aja, kalo nama2 hotel bisa dicari di agoda utk area itu, saya soalnya cuma nginep di 1 hotel aja di Grafity B%B, jadi ga tau kan cocok apa ngga buat kamu

      Delete
  53. hi Vari..

    tulisan summer trip to rusianya mana ya,di blog kamu koq cm tulisan ttg makanan di pesawat rusia.Mau donk di share pengalaman slm disana..:)
    oh ya,utk cewe2 jln sndiri ke rusia(tnp travel agent/tour) aman ya?

    tks ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha iya maaf ya belum sempet banget nulis2 ttg semua trip di Rusia, saya banyak sebenernya utang di negara2 lain pun, soalnya lagi kena penyakit males nihh

      Delete
  54. Hi Vari,

    Kalau saya mau beli tour package di VisitRussia.com seharga USD 823.41 (8 hari 7 malam, Moscow - Saint Petersburg tour with the visit of Velikly Novgorod) itu wajar ngga harga nya ? Apakah travel itu bonafide ?

    Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah kurang tau ya, soalnya saya ngga pake tour selama jalan2 di rusia

      Delete
  55. Kak, saya dari korea selatan nih
    Apakah sama juga kalo untuk mengurus visa supportnya

    ReplyDelete
  56. Mau nanya boleh ya , msh rancu neh single visa atau visa multiple , kl misalnya dtg ke rusia trus balik ke indo lwt swiss itu jatohnya single visa atau bukan ya , nah kl pp lwt rusia itungannya multiple atau tetep single , thanks a lot yaaa..

    ReplyDelete

Boleh kok komen apa aja, nanya apa aja, curcol jg boleh. Minta di blogwalk jg boleh. Yang ga boleh itu pasang link ke website jualan ya. Tolong punya etika, jangan numpang iklan gratisan.

Spam komen link jualan = Delete.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Booking.com
Gadgets By Spice Up Your Blog