badge

Ke Rusia dengan pesawat Aeroflot Russian Airlines


Disclaimer: Postingan ini sungguh bukan postingan berbayar, bisa dibaca dari isi postingannya yang jujur banget dan penuh citarasa basian jetlag ini (alias curcol kesana kemari), hehehe.

Sebenarnya pilihan untuk memilih Aeroflot sebagai maskapai penerbangan saya dan Deedee ke Rusia bukanlah pilihan utama kami. Awalnya kami merencanakan naik Vietnam Airlines karena harga tiketnya lumayan murah waktu itu dihitung-hitung 'cuma' sekitar Rp 6 juta dari Kuala Lumpur (kalau Jkt-KL mah merem aja beli tiketnya entaran aja), tapi terus kita belum berani beli karena waktu itu kondisi aplikasi visa Rusia kita masih belum jelas bakal diepruf nggaknya. Jadi saat itu kami cuma bisa berdoa aja supaya harga tiketnya ngga tambah naik.

Ternyata visa Rusia kita baru bisa diambil tanggal 16 Juni yang mana adalah sehari doang sebelum kita rencanakan berangkat ke Moskow jadi ngga mungkin nunggu visa di tangan baru beli tiket pesawat kan, maka mulailah saya dan Deedee berburu lagi tiket pesawat murah ke Rusia, karena doa-doa kita kurang manjur, si Vietnam Airlines harganya udah tembus Rp 12 jutaan...dan itupun dari KL!, ngok.
Saya pun mulai menggunakan SkyScanner lagi untuk mencari berbagai kombinasi rute pesawat mana yang paling murah dari Jakarta/KL/Bangkok/Singapura ke Moskow. Kita ngabisin waktu 4 jam di rumah saya, berkutat membanding-bandingkan sejibun maskapai, mulai dari yang standar macam Emirates, Etihad, Qatar, sampai yang absurd macam Air Astana (transit di Kazakhstan?... sempet nyari info bikin visa segala ke Kazakhstan, lebay!..hihihi), bikin file komparasi di excel en print screen capture harga-harga dari berbagai web maskapai di powerpoint segala!. Beginilah perempuan keuangan pas-pasan tapi mau nekat jalan-jalan ke Rusia....maklum lah middle class banyak gaya. 

Akhirnya, kita pun harus segera memutuskan, karena nunggu besok lagi beresiko harga tiket semakin membumbung karena ini sudah H-7 sebelum kita berangkat neeeekkkk!!!!...iya parah ya,,kita tuh beli tiket cuma seminggu sebelom berangkat. Lalu pilihan pun jatuh ke AEROFLOT!!!, secara harga ya sebenarnya beda tipis sama Vietnam Airlines, tapi dari segi waktu transit, jumlah transit dan juga harga (teteb!), plus akirnya kita beli tiketnya dari website referral SkyScanner (bukan yang Indonesia, tapi web globalnya) yaitu Airticket24 yang mana dapet diskon lagi sekitar USD125 bedua, lumayaan kaan. Maka si Aeroflotlah yang menang, karena kalau naik VietAir itu kita transitnya di HCMC atau Hanoi sementara saya males banget liat bandara 2 kota itu plus harus nginep semalam juga dan Aeroflot transit di Bangkok, jadi mendingan nginep Bandara Suvarnabhumi deh. Opsi lain dengan Aeroflot sebenarnya bisa transit di Hong Kong juga yang mana waktu transitnya lebih singkat yaitu cuma 5,5 jam dan tidak perlu menginap di bandara, tapi harganya terpaut USD 200 dengan rute yang transit di Bangkok. VietAir dan Aeroflot sama-sama masuk aliansi Skyteam sih jadi ga masalah deh mileagenya bakal tetep bisa masuk ke GarudaMiles saya.

Keberangkatan. 
Leg 1 : CGK-BKK (GA 864)
Departure 16.50, arrival 20.10 (lama penerbangan 3 jam 20 menit)
Jadi walaupun kami belinya langsung 1 penerbangan ternyata untuk keberangkatan ini dianggap 2 legs yaitu CGK-BKK dengan Garuda Indonesia dan BKK-SVO (Moskow) dengan Aeroflot. Jadi Aeroflot ini belum ada pesawat langsungnya ke Jakartanya sehingga dengan Skyteam itu rute ke Moskow code-share dengan Garuda Indonesia. 

Jadilah ngga enaknya itu kita harus ambil bagasi begitu malam mendarat di Bangkok,lalu besok paginya harus check-in ulang lagi plus imigrasi lagi en bayar Passenger Fee (udah naik jadi THB 700 aja sekarang nih). Ribet dah, ini jadi salah satu alasan kenapa akhirnya saya dan Deedee memutuskan untuk nginep di bandara aja. Karena males rempong bawa-bawa koper gede kesana kemari.
Pesawat GA 864 yang membawa kita ke Bangkok adalah Boeing 737-800 yang seat plannya 3-3 di kelas ekonominya sementara jarak antar bangkunya 31 inci di bangku kelas ekonomi. Lumayan lega deh buat ukuran orang Asia kan ya.

Saya dapet tempat duduknya di sisi jendela tapi ternyata ngga ada jendelanya jadi pas banget dapet bagian bodi pesawat. Kenapa ngga web check-in duluan? jadi ternyata kalau Aeroflot ini rutenya Code Sharing dengan maskapai lain, maka ngga bisa web check-in, asem deh. Saya pikir ngga masalah, eh ternyata pas take-off itu saya kok ngalamin semacam panic attack mungkin claustrophobia apa begimana deh, sesak nafas en puyeng...emang sih saya tuh selalu duduk dekat jendela kalo dalam pesawat, jarang banget dapet di aisle, rasanya harus liat keluar supaya ngga eneg. Sayangnya ngga mungkin pindah karena pesawatnya penuh. Ya udah ditahanin aja deh, mending makan sama tidur aja. 

Soal makanan, nah kali ini saya agak bingung sih, soalnya waktu pesan makanan di websitenya itu saya dan Deedee yakin bener kita pesannya Halal Meal. Tau gak yang dateng apaan? KOSHER Meal !!! ...buat yang ngga ngerti Kosher Meal itu apaan, baca Wikipedia aja ya, ini halaman khusus tentang Kosher meal di pesawat
Tampilan Kosher Meal yang dikasih liat kesaya tapi saya balikin lagi ke pramugarinya
Untungnya karena pramugari Garudanya juga pasti ngeh, kok ya ngga mungkin ada orang Indonesia yang pesan makanan Kosher, jadilah walaupun ditunjukin paket makanannya seperti apa, saya dan Deedee boleh milih makanan lainnya seperti yang mereka sediakan untuk penumpang lainnya.

Transit 13,5 jam bego-begoan dan tidur di bandara Suvarnabhumi, Bangkok.
Siap-siap boarding ke Moskow! woohoo!
Leg 2: BKK - SVO, SU 271
Departure 10.00, arrival 15.50 - waktu setempat (lama penerbangan 9 jam 50 menit)
Boarding pass picture by Deedee.
Besok harinya setelah ngemper di Suwarnabhumi, baru deh kita check-in pesawat kita ke Rusia beybeeh !!.
Nah ini baru berasa deh naik Aeroflotnya. Hahaha. Soalnya badan pesawatnya udah pake pesawat Aeroflot, Airbus 330-300 dengan seat plan kelas ekonomi 2-4-2 (yak, belom mampuh beli business class apalagi first class) yang jarak bangkunya (seat pitch) 30-32 inci juga.

Btw ya sungguh beruntung banget deh emang punya Kartu kredit Garuda Citibank (sumpah bukan iklan) karena berkat kartu itu kita ngga perlu ikutan antri panjang banget kayak rakyat jelata penumpang lainnya. 

Saya bisa check in di konter khusus Skyteam Priority..hahaha sombong abeess...muka boleh lusuh gak mandi seharian..tapi gaya tetep borjuis check in lenggang kangkung bebas antrian.

Bebas antrian ini juga berasa waktu mau boarding pesawat, ini juga berlaku pada saat kita masih di Jakarta, termasuk ada jalur khusus saat masuk boarding area. 

Namun sayangnya ngga berlaku di imigrasi manapun, walaupu kalau di Cengkareng lumayan deh ketolong sekarang udah ada Imigrasi dengan Autogate, walopun saya bolak balik kesulitan karena mesin-mesin bodoh pembaca sidik jari paling canggih dimana pun pasti susah baca sidik jari gueh!, pernah loh kantor lama saya mengadopsi sistem absen dengan sidik jari, walhasil di bulan pertama pake mesin itu, ngga satupun saya tercatat masuk kantor! karena mesinnya ngga bisa membaca sidik jari saya! jadi khusus buat saya tetep pake absen manual, hihihi.

Kelas ekonomi, foto minjem dari sini
Kali ini saya dan Deedee sama-sama dapat posisi di jendela, huff, walaupun cita-citanya mau foto keluar saat perpindahan zona waktu, tapi tetep aja dong bolak balik saya pingsan tidur melulu berkat combo Antim* dan T*lak Angin, hahaha resep anti jetlag banget deh tu.

Pernak pernik yang dikasih dari pesawat selain selimut - jangan dibawa pulang ye, geli banget liat warnanya biru tua gitu males deh, dapet juga 1 set selop kertas, tutup mata (eye masker) dan stiker yang bisa kita tempel di badan kita supaya kalau makanan datang mau milih dibangunin apa jangan diganggu.
Pernak pernik branding Aeroflot 
Printilan lain saya perhatikan cukup serius juga bikin brandingannya, yang mana biasanya kalau maskapai lain mah ceplok taroh logonya aja gitu di gelas minum atau tisu parfum sachetnya, kayak macam Garuda yang cuma modal embos di gelas plastiknya (atau malah kadang gelas kertas polosan sablon logo ajah), nah Aeroflot ini pake grafis key visual segala loh (ampun deh maap yah lulusan Desain Komunikasi Visual ya begini, segala dikomentarin brandingan ini itu)

Hiburan di pesawat Aeroflot
Banyak banget piihan aktifitas dari Entertainment TV yang ada di depan saya, mulai dari film bioskop, film TV serial, film Rusia, siaran olah raga, game, musik. Saya sempet milih nonton 2 film, BLENDED yang mana adalah film ketiganya duet Adam Sandler-Drew Barrymore setelah The Wedding Singer dan 50 First Dates. Satu lagi Kingsman The Secret Service yang mana saya ngga selesai nontonnya karena bolak balik ketiduran, hahaha.
Salah satu plus-nya juga di panel TV kita itu ada colokan USB-nya yang mana berguna banget buat nge-charge ponsel dan powerbank saya, hahaa..lumayan bok.
Tiap kali kebangun tidur saya selalu cek informasi penerbangannya udah sampe mana
Oiya, di TV Aeroflot ini kita juga bisa nonton secara langsung dari kamera di bawah badan pesawat, saat pesawat ini take-off dan mendarat loh, saya pertama kali ngalamin kayak gini sewaktu naik Asiana Airlines ke Seoul terus tahun lalu juga Cathay Pacific dari Hong Kong ke Newark juga ada 'pertunjukan' langsung ini di TV bangku kita. Menarik banget sih apalagi kalau sudah terbang ya bisa keliatan di bawah pesawat seperti apa, bedalah kesannya sama liat dari jendela.

Soal makanan di pesawat Aeroflot ini bisa dibaca di artikel terpisah ; Makanan di pesawat Aeroflot
Tiba di Moskow!!
Kepulangan
Moskow (SVO) ke Bangkok (BKK), SU 270
Departure 19.20, Arrival 08.30 (lama penerbangan 9 jam 10 menit)
Berbeda dengan saat kita berangkat dimana dibagi jadi 2 legs, anehnya waktu check-in  di konter Aeroflot bandara Sheremetyevo itu petugasnya yang ibu-ibu udah berumur dan sangat baik hati itu bilang kalau bagasi kita akan langsung tiba di Jakarta, jadi kita tidak perlu ambil bagasi dan check-in lagi di Bangkok, jadi ya untuk penerbangan pulang ini masuk kategori fly-thru gitu lah, berarti ngga perlu lewat imigrasi lagi dan boarding pass kita langsung dikasih 2 untuk rute SVO-BKK dan BKK-CGK. Pheww, enak ini mah ya, lagipula kita emang bakalan transitnya "cuma" 5,5 jam aja, nothing lah dibanding waktu berangkat.
Aeroflot A333 (A330-300)
Pesawatnya sama, Airbus 330-300 juga dan kita dapetnya di tengah yang deretan 4 bangku gitu, tapi untungnya deretan kita itu cuma kita berdua aja, jadi saya dan Deedee masing-masing bisa rebahan tidurnya pakai 2 bangku, lumayaaan.

Lagi-lagi terkait makanan pesawat sewaktu penerbangan pulang ini saya tuliskan terpisah di artikel Makanan di pesawat Aeroflot ..dibaca juga plis, hahaha.

Bangkok (BKK) ke Jakarta (CGK), GA 867
Departure 14.10, Arrival 18.35 (lama penerbangan 3 jam 25 menit)
Setelah 5,5 jam transit yang diisi dengan menghabiskan Baht (dan waktu) dengan bolak balik beli kosmetik di King Power Duty Free, plus makan Mango Sticky Rice idaman gueeh, kita pun terbang kembali ke Jakarta dengan Boeing 737-800 lagi dan kali ini dapet pinggir jendela.
Saya mulai berasa jetlag disini, jadi selama perjalanan saya banyakan tidur banget sampe ngelewatin waktu makan, jadi saya bawa turun deh tuh box Kosher meal yang agak menyusahkan dan ngga sempet saya foto karena saya akhirnya kasih ke supir Uber yang jemput kita berhubung waktunya kita dijemput juga deket waktu buka puasa.

Oiya lagi-lagi ya ini keren banget pake kartu Garuda Citi gueh, hahaha serius bukan iklan ini cuma mau cerita kesombongan gueh (ya Allah ampuni hambamu inihhh). Jadi kalau boarding pesawat itu kan kita selalu bisa masuk duluan ya untuk Skyteam Priority pake kartu itu, nah jadi ya saat di Bangkok itu kita udah kucel banget dong, emang mungkin orang pada mikirnya ini TKW mau pulang kampung kali yah (asli, percuma deh pakai tas Coach sama sepatu boots mentereng, makin dianggap TKW sok modis!), ada loh pandangan-pandangan sinis mereka sewaktu kita lewat depan mereka buat duduk di salah satu bangku tempat nunggu boarding ya. Secara itu ruang tunggu Garuda ya bisa diduga rata-rata isinya ya orang Indo deh ya.

Saat panggilan boarding manggil Skyteam Priority buat masuk duluan, asli puas banget bisa nangkep pandangan iri dengki (terutama dari ibuk-ibuk sok socialite) ngeliat cuma Deedee dan saya yang masuk duluan ke pesawat!...puas idup lo?!, biarpun cuma duduk di kelas ekonomi sihh kita juga, bwahahaha.....makanya Don't Judge Book by Its Cover dehh, hari gini, Mark Zuckerberg aja pake kaos oblong kemana-mana.
Btw, pramugari Aeroflot emang cakep-cakep beneran
Fakta menarik tentang Aeroflot:
- Merupakan salah satu maskapai penerbangan tertua di dunia, berdiri tahun 1923 saat masih Uni Sovyet dan  April 2006 bergabung dengan aliansi Skyteam dalam upaya modernisasi serta lebih berkembang ke pasar negara lain. 

- Berat bagasi bebas biaya yang diberikan per orang adalah 23 Kg, sementara untuk tas kabin adalah 10 kg.

- Mirip seperti beberapa maskapai lokal di negara-negara Eropa, setelah pesawat mendarat, maka para penumpang rata-rata akan bertepuk tangan dengan gembira.

- Sejak tahun 2013, Aeroflot telah menjadi maskapai resmi Manchester United, klub bola Inggris yang terkenal, menggantikan Turkish Airlines.

- Per Desember 2014, semua armada pesawatnya masih baru dengan kisaran masa terbang rata-rata 4,5 tahun.

- Per Juli 2015 ini Aeroflot memiliki 13 armada Boeing 777, 10 Boeing 737, 22 Airbus 330, 26 Airbus 321, 63 Airbus 320, 7 Airbus 317 serta 20 armada Super Sukhoi SSJ 100 seperti yang pernah jatuh di Gunung Salak

- Aeroflot terpilih sebagai salah satu maskapai dengan Pramugari dengan seragam terbaik di dunia, 10 daftarnya bisa dilihat disini, sini, sini dan sini.

- Masih terkait pramugari, salah satu pramugarinya (mungkin sudah dipecat) pernah membuat kehebohan di kalangan sosmed Rusia karena posting fotonya sedang mengacungkan jari tengah ke deretan penumpang di dalam pesawat di akun sosmednya, ceritanya bisa dibaca disini.

- Walaupun Rusia terkenal dengan vodkanya dan juga dengan konsumsi minuman beralkohol yang cukup tinggi, namun ternyata Aeroflot membuat ketentuan Penerbangan Tanpa Alkohol untuk semua rute domestik dan juga beberapa penerbangan internasional seperti rute : Moskow- Bangkok/Shanghai/Beijing/ Havana- Moskow. 


- Salah satu episode NatGeo Air Crash Investigation adalah tentang kecelakaan pesawat Aeroflot  SU 593 rute Moskow - Hong Kong, seorang pilot Aeroflot membiarkan 2 anak bocahnya masuk ke kokpit dan mencoba instrumen pesawat, episodenya : Kid in the cockpit. Kecelakaan ini menewaskan seluruh 63 penumpang dan 12 awak pesawat, Halaman Wikipedia ini menuliskan transkrip lengkap isi kotak hitamnya.

- Setelah sampai di Jakarta, saya malah baru tahu kalau Aeroflot pernah masuk sebagai maskapai no.1 dalam Daftar Maskapai Paling Mematikan tahun 2010 (World Deadliest Airlines) !!. dan menurut Bureau of Aircraft Accidents Archives, Aeroflot juga masih memegang rekor maskapai dengan jumlah korban tewas paling banyak selama masa beroperasinya (10.130 korban). #pingsan

- Tambah merinding lagi, setelah tahu bahwa Aeroflot adalah satu-satunya maskapai yang memiliki halaman Wikipedia yang didedikasikan khusus untuk daftar kecelakaan pesawatnya per dekade dimulai dari dekade tahun 1930an hingga 2010an!!, SAKING BANYAKNYA KECELAKAAN YANG TERJADI PADA MASKAPAI INI!!!. #pingsanlagi

- Lebih gila lagi, pernah dalam 1 hari (5 November 1946) Aeroflot mengalami 3 kecelakaan pesawat dengan penerbangan yang berbeda di Moskow!!....Maaakkkkkjaaan.

- Tahun 2013, seorang buronan pembocor rahasia intelijen AS, Edward Snowden, pernah diberitakan seharusnya ada dalam penerbangan Aeroflot SU150 rute Moskow ke Havana untuk meminta suaka Amerika Selatan, puluhan wartawan yang telah membeli tiket pesawat sekitar USD 2000 tertipu menunggu Snowden hingga pintu pesawat akhirnya ditutup. Tapi lumayan dah ni para wartawan jadi liburan gratis deh di Kuba.

- Info terbaru di Juni 2015 kemarin ini, Aeroflot kembali menerima penghargaan sebagai Maskapai terbaik di Eropa Timur dari Skytrax World Airline Awards 2015 untuk keempat kalinya, namun secara urutan dunia, Aeroflot hanya menempati urutan ke 46 (ke 51 di tahun 2014) dan tentunya jauh di bawah maskapai nasional Indonesia, Garuda Indonesia yang menempati urutan ke 8 tahun ini (turun 1 peringkat dari tahun 2014).

Website pemesanan online untuk rute ke Rusia bisa dilakukan dari websitenya Aeroflot, atau situs pemesanan pesawat online macam SkyScanner, Airticket24, Wego, Expedia dan lainnya, tapi sejauh ini saya lihat SkyScanner paling unggul dari sisi harga dan juga variasi pilihan rute transit dan maskapainya. Sumpah saya gak dibayar sama SkyScanner buat nulis begini. 

Gimana, tertarik ngga naik Aeroflot? hihihi...

Jangan lupaa baca semua postingan tante tentang Summer trip to Russia yaaa... foto-fotonya juga udah banyak yang akuh post di Instagram @travelingcows ..plis add plis, hahaha


30 comments:

  1. Pengen banget cobain pesawat "eksotis" macem Aeroflot ginii. Dapet harga berapa Mbak emangnya? Hehe kasih tau doong biar ada gambaran :))
    Omong-omong yang kosher meal itu kenapa nggak dimakan? Saya pernah baca cerita orang muslim yang naik pesawat tanpa halal meal akhirnya pesen kosher meal. Katanya nggak beda jauh sama halal, malah katanya lebih baik lagi karena jews itu standar makanannya tinggi. Tapi saya sendiri belom pernah nyobain siih hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Eky,
      aku dapetnya itu jadinya USD 1100 return. Kosher mealnya aku sempet makan kok sewaktu pesawat pulang dari Moskow, hehehe, ada ceritanya di artikel makanan pesawat Aeroflot terpisah, udah diskedul buat publish nanti malam #gayabanget
      Sebenarnya bukan standar makanannya tinggi tapi beda aja jenis dietnya Kosher itu, tapi sama-sama tidak makan babi dan harus disembelih, kalau Islam menghalalkan semua yang ada di laut sementara dalam Yahudi hanya hewan laut yang memiliki sirip dan sisik.

      Thank you ya udah mampir di blog kita, jgn lupa langganan email updatenya :)

      Delete
  2. Oh jadi ini iklan ttg SkyScanner sama Garuda Citibank yaaa kak ????? #LaluDikeplak

    ReplyDelete
  3. Heh.. koq serem bener sih berita2 yang terakhir. Aku deg2an bacanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku puuun, untungnya ya akuh baca2 tentang artikel aeroflot itu setelah pulang loh, makanya lgsg kepikir mau bikin postingan ini, tapi ya gitu deh baru ke publish sekarang :D

      Delete
  4. seru yak kalau pas coba-coba maskapai asing atau dari negara lain, pasti mereka punya ciri khas tersendiri. dan sekarang baru tahu kalau tulisan di pesawat rusia dengan huruf aneh2 itu dibacanya aeroflot hahaha, ndeso aku :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaa iya padahal dulu sering lihat yaa...tapi sekarang rata-rata sudah pakai logo baru yang pakai huruf latin jadi tulisannya sama dengan bacanya, soalnya mereka pengen lebih go internasional lagi

      Delete
  5. MAS , Ukranian Air sama AEROFLOT yang biasanya kita hindarin bo sekarang ini, LOT aja gw males....kalau ke Afrika cukup percaya sama Ethiopian Air aja deh, yg lain lebih gak mau lagi:))

    ReplyDelete
    Replies
    1. huahaahhaa..iya gw dengan bloonnya ngga pake survey safety rating saat beli tiket ini, gelap mata aja wong tinggal seminggu lagi berangkat belinya..tapi Alhamdulillah deh selamat ..huaaaa

      Delete
  6. Awalnya excite pengen cobain juga kapan kapan, tapi liat track record accidennya keder juga dah! hahaa, serem euy, kalau ada yang sampe sehari kejadian 3 accident sekaligus :|

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha...iya tuuu..gw jg mules2 pas udah tau..untungnya gw taunya pas udah sampe jkt lg...keren ya gw build up storynya..haha muji sndiri

      Delete
  7. boooook ngeri amat track record-nya yaaaa
    tapi maskapa2 eksotis gini malah bikin penasaran ya mba :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emberrrr...gw emang awalnya excited bgt pengen naek aeroflot inihh...untung gw tau segala track record itu setelah gw udh sampe jakarta lagih

      Delete
  8. Hallo, mau bertanya..sudah sering beli tiket melalui airticket24 kah? Soalnya liat review airticket24 ini banyak yg bermasalah kayak di tripadvisor..Tapi kalo bandingin harga lewat skyscanner, airticket24 ini sering kasih harga paling murah, jadi dilema lol..Mohon masukkannya ya..Terima Kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. kebetulan kemarin baru pertama kalinya beli tiket di airticket24 itu dan ngga ada masalah mendasar kecuali pesan makanan Halal tapi terimanya Kosher itu aja sih..

      Delete
  9. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  10. mba, nanya dunk,
    Pas nunjukin tiketnya harus booked atau issued ya?
    Baca2 di web dan di blog traveler pada bilang ga usah beli tiketnya.
    Tiket booked aja atau status confirmed.

    Saya hari ini tadi pagi applied untuk visa rusia.
    Ditolak karena tiket nya belum di issued.

    Jadi saya harus balik lagi.

    apa peraturannya berbeda atau apes nya saya aja ya.

    -Rere-

    Tapi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Rere...Ah mosok siy gara2 itu? Saya waktu itu statusnya booked aja blm issued kok ga da masalah..yg lain2 jg yg pada nanya ke saya smua blm issied dan sy lihat mrk lolos2 aja. Kemungkinan ga diepruf karena hal lain kali...

      Delete
  11. Hi mbk,rncna aku ke russia mei 2017 nnti.masih ada itin ke moscow dlu? Klo masih nyimpen mau dong mbk pindonugroho@gmail.com. makasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada. Kamu email aja requestnya ke saya. Alamat email kita ada di halaman CONTACT

      Delete
  12. Halo mbak, mau tanya soal dummy booking ini gimana ya caranya? Coba googlling dapatbya Emirates (dan katanya udah ga bisa lagi). Apa perlu punya CC?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Teddy, Dummy booking tiket bisa ke travel agent lgsg. Kalo online memang gak bisa karena biasanya dibutuhkan advance paymeent n biasanya pake CC

      Delete
  13. wah mba, mau tau lagi dong tulisannya soal russia, saya rencana MAy 2017 ke russia, ini sudah mulai buat Itiin jadi cari referensi sebanyak banyaknya^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Line atau email aku aja..ada di halama COnTACt yaaaa

      Delete
  14. wah agak seram juga ya ternyata banyak penerbangan maskapai ini yang kecelakaan ><

    ReplyDelete
  15. pramugarinya cantik cantik kayak yang posting hehe

    #peace

    ReplyDelete
  16. Senang baca postingannya. Saya hanya transit di Moscow (datang 18 jam dn pulangnya 22 jam transit) apakah visanya single atau multi entry ya?
    Apakah bs VoA (maaf tanya, mungkin MBA punya pengalaman ttg VoA ke Russia)
    Terima kasih.

    ReplyDelete

Boleh kok komen apa aja, nanya apa aja, curcol jg boleh. Minta di blogwalk jg boleh. Yang ga boleh itu pasang link ke website jualan ya. Tolong punya etika, jangan numpang iklan gratisan.

Spam komen link jualan = Delete.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Booking.com
Gadgets By Spice Up Your Blog