Jan 9, 2015

Mampir ke Museum Kereta Api Ambarawa


Kemarin waktu perjalanan road trip akhir tahun 2014 ke Jateng ituh kita sempet mampir di kota Ambarawa, sekalian lewat dari Pekalongan ke Yogya. Bentar doang sih mampirnya, cuma mau lihat museum kereta api gituh. Oiya pemandangan di Jalan Tol Ungaran tuh luar biasa cakepnya deh...bagus banget, kalo itu bukan jalan tol rasanya pengen berenti trus poto-poto.

Kita sampe di Museum Kereta Api Ambarawa ini udah sore, jadi balap-balapan sama waktu tutupnya. Kita sampai jam 4 sore dan langsung beli tiketnya. Bagusnya ada yang nyupirin ya, jadi kita ngga usah repot cari parkir, cuma di drop di pintu masuknya aja. Soalnya nyari parkir disitu susah loh, kayaknya orang pada parkir paralel aja gitu di pinggir jalannya.
Saya sempet kontakan sama temen SMA saya yang sekarang tinggal berkeluarga di Semarang, nah dia bilang Museum ini sempet tutup buat renovasi dan baru buka Oktober 2014 kemarin
Depan 'stasiun' kereta Museum Ambarawa
Harga tiket masuk Rp 10.000 per orang (udah naik kayaknya abis renovasi). Tempatnya menurut saya sih bersih, walopun ada sebagian ruangan/area banyak debu, emang terlihat kurang terawat ya, semacam kayak lihat garasi kereta api aja gitu, dengan berbagai gerbong dan lori kereta api tua yang dicat ulang di rel-rel kereta disitu. Sebenernya memang museum ini awalnya adalah stasiun kereta api lama peninggalan Hindia Belanda. Oiya disini sebenernya kita bisa naik kereta api kuno ini, ada 2 lokomotif B2502 dan B 2503 tuh sekarang dialih fungsikan jadi kereta api wisata.

Harga tiket Kereta Api Wisata ini sama dengan harga tiket masuk museumnya, per orangnya Rp 10 ribu untuk 45 menit perjalanan menikmati kota Ambarawa, termasuk juga melwati Rawa Pening yang terkenal legendanya itu (hayo, ngga tau ya..sanah gugel dulu). Sayangnya karena kita sampainya jam 4 sore jadi udah kesorean ngga bisa naik kereta wisata ini, karena jadwal terakhir kereta setiap harinya hanya sampai jam 3 sore, pas banget waktu kita masuk museum tuh kereta api wisata baru nyampe lagi abis kelilingan.
Museum yang fotogenik buat jadi BW essay
Ngga usah cerita soal sejarah kereta maupun barang-barang yang ada disini yah, soalnya banyak dan sejujurnya eykeh kaga nyatet lah ya, lha wong buru-buru ngga sampe sejam lagi udah mau tutup. Yang penting pan poto-poto bukti hadir...hihihihi. Lagian kalo mau tau sejarahnya ya liat om Wiki ajah pasti lengkap kan.
Serasa stasiun kereta milik berdua
Sebagian koleksi museum kereta Ambarawa
Mau foto disini antrenya saingan ama bocah-bocah.
Ini fotonya sambil ditungguin petugasnya udah mau tutup..hahaha
Sebenernya lumayan loh kalau lagi jalan darat mau ke Yogya ataupun Semarang bisa mampir di Kota Ambarawa ini dan mengunjungi Museum Kereta Api.

Lokasinya cuma sekitar 1 jam dari arah Kota Semarang maupun Yogyakarta.
- Kalau dari arah Semarang, ambil jalan yang menuju selatan ke arah kota Ungaran lalu setelah di pertigaan Bawen ambil arah menuju Yogyakarta (belok kanan) menuju Tugu Palagan Ambarawa.
- Kalau dari arah Yogya menuju Ambarawa ini, arah lurus ke Utara menuju Semarang dan ketemu Tugu Palagan Ambarawa tinggal belok Kiri (arah Semarang).
Pokoknya dari Tugu Palagan Ambawara itu udah langsung sampe deh Museum Kereta Api Ambarawa.

Jelasnya bisa dilihat di Google Maps ini.



Postingan lainnya terkait Trip Akhir Tahun 2014 ke Jateng ini bisa dibaca :
- Menikmati masakan berbagai jamur di Jejamuran
Tips mengunjungi Dieng
Sate Kambing di RM Sari Sedap
Nyobain makan Mie Ongklok 

Rekomendasi Hotel/penginapan di sekitar kota Ambarawa/Ungaran/Bandungan antara lain:
Susan Spa and Resort
Balemong Resort Ungaran
Banaran Resort
Amanda Hills
Bandungan Homtel Indah
Plaza Hotel Semarang
Hills Joglo Villa
Kencana Agrowisata
C3 Hotel

5 comments:

  1. Keren mbak..mau coba nih ambarawa, suka sama layout blognya,tulisannya juga enak dibaca...oiya mbak pernah coba untuk "gandol" angkutan gratis gtu ga untuk sampai destinasi? salam kenal!

    ReplyDelete
    Replies
    1. HI Adi,
      aduh maaf yah aku baru ngeh buat balas komennya, kayaknya pas ku approved itu lagi nyetir deh,
      oiya aku belum pernah nyobain hitchhike kalo itu maksudnya dengan Gandol, soalnya ngga berani...hehehe..thank you so much buat pujian dan kunjungannya,sering2 mampir yaa...

      Jgn lupa langganan email buat dapet update blogpost terbaru kitaa...

      Delete
  2. Artikel yang sangat berguna yang dibahas dalam situs ini ... tentu akan sangat membantu bagi pembaca yang membutuhkan referensi.

    ReplyDelete
  3. Museum kereta api ambarawa memang keren, tidak jarang tamu Dieng dari Semarang yang mampir dulu ke museum ambarawa ini.
    Maju terus pariwisata Indonesia....

    ReplyDelete

Boleh kok komen apa aja, nanya apa aja, curcol jg boleh. Minta di blogwalk jg boleh. Yang ga boleh itu pasang link ke website jualan ya. Tolong punya etika, jangan numpang iklan gratisan.

Spam komen link jualan = Delete.