badge

Alexa Rank blog ini naik karena masuk Top 100 Travel Blogger Indonesia ?

Oke ini  sejujurnya postingan ini ditulis karena saya penasaran sendiri kenapa posisi blog ini bisa ngebut merayap naik drastis di Alexa Rank, cuma dalam waktu 3 hari!.

Jadi sewaktu tanggal 8 Jan itu blog The Traveling Cows ini masuk di Top 100 Travel Blogger Indonesia daftarnya kak Wira, berada di #30, berdasarkan Alexa Rank di Indonesia dan Global. Makasih kak :)

Traveling Cows berdasarkan Alexa (Web penganalisa trafik website2 berdasarkan kombinasi total Daily Unique Visitor dan Page View) rank saat dipajang didaftar kak Wira :
Global : 1,133,122 dan Indonesia : 28,799
Saya cek sendiri, ternyata emang bener hasil Alexa blog ini segitu, sekarang per saya tulis artikel ini, di blog kak Wira entah kenapa urutannya jadi #29 tapi masih dengan data yang sama.

Saya sendiri udah lama sih pake Alexa, biasanya buat kerjaan kantor, selain pake Adobe Omniture dan Ahref untuk tracking dan analisa website. Tapi ga pernah buat perbandingan blog ini dengan blog travel lain, ngga sempet bok. 
Tapi gegara listnya kak Wira ini saya agak kaget loh, mosok iyah blog ini ranking Alexa-nya lebih tinggi daripada blog-blog travel kondang lainnya, apalagi saya kan termasuk blogger yang jarang diundang sana sini gitu, apalagi sama pak Mentari Arief *uhuk*, udah gitu yeh saya submit jadi anggota Travel Blogger Indonesia dari 2 tahun yang lalu kaga diepruf-epruf dong, oke fine, gapapa... *uhuklagi* *kibasrambut*.

Trus yang bikin saya mangap lagi kan ya, pagi ini saya lagi buka semua tracking tools nih, sebenernya buat kerja eh tapi iseng dong ngecekin blog ini. Pas buka Alexa ...wakwaw...mosok dalam waktu 3 hari (8-11 Jan 2015) ranking Alexa blog ini naik jauh bingits, sampe 3x cek saking herannya.
Itu Global rank kenapa jadi 938,744 gitu?
Rank di Indonesia juga naik banget jadi 17,385 ?.
Ini bukan January Mop kan yah?!.
Apa bener karena masuk artikel si Kak wira tadi itu Alexa rank blog ini jadi naik drastis dalam 3 hari aja loh.

Oke saya akuin beberapa minggu belakangan ini lagi rajin ngeblog, terutama sejak kepulangan Trip ke Jateng kemaren, tapi ini kan cuma dalam waktu 3 hari loh kenaikan rankingnya. Ajaib.
Saya sampe nyari di gugel kenapa bisa terjadi kenaikan Alexa Rank di blog ini, dan nemu artikel lumayan bagus dan sewaktu saya lihat rata-rata saya melakukan itu semua (kecuali yang blogwalking dan rajin komen, sejujurnya baru belakangan ini sempetnya, biasanya silent reader aja).
Saya nemu sebuah artikel yang bagus juga sewaktu gugelan, dari WikiHow.
Sebagai rekapnya ini saya bikin daftarya, kali aje pada males nerjemahin bahasa enggres... tapi detilnya silakan baca langsung dari artikel aslinya aja.

Cara meningkatkan Alexa Rank:
1. Klaim kepemilikan blogmu di Alexa (jangan di Alexis ya..lain lagi itu mah)
Sila klik disini untuk klaim blog atau websitemu. Gratis (ini kan yang paling penting, yea kan yea kan...).

2. Taruh badge/widget Alexa Rank di blog/websitemu.
Jadi si Alexa ini bisa tracking link back ke websitemu dengan lebih mudah. Lagi-lagi GRATIS deh.

3. Instal Alexa Toolbar sesuai browser yang kamu pakai (Chrome/Mozilla/Firefox/IE), GRATIS jugak kok..don't worry kita juga anaknya doyan gratisan.

4. Tulis artikel/postingan yang bermutu. 
Yup Content is The KING. Jangan nyontek, selain mas Google juga sebel robot crawlernya Alexa juga sama pinternya. Optimize penggunaan keyword.

5. Nulis blog/posting artikel yang sering dan teratur.
*ngomongsamacermin* ...ini tips udah tau sih dari dulu harus dikerjain tapi ya gimana ya rasa malas itu kadang sering diturutin, walhasil ada kali 65 draft post tuh di blog ini belum pernah keluar sama sekali. Salah satu resolusi 2015 ini adalah rajin nulis blog yak.

6. Cari lebih banyak trafik dari blogger lainnya.
Caranya; rajin blogwalking, rajin komentar, jadi penulis tamu di blog lain (guest posting). Yang semuanya emang biasanya saya sendiri ngga sempet lakukan, hihihi. Tapi setelah pake widget BlogLovin lumayan deh ya rajin mampir sana sini.

7. Cari lebih banyak Link Back.
Terutama dari blog atau website yang page rank-nya cukup tinggi atau trafik komentarnya juga banyak. Minta mereka pasang link blog kamu di blognya atau lagi-lagi harus rajin komentar. Buat yang belum tau cara taruh kode HTML di komentar blog itu kode HTML nya adalah :


Tinggal ganti URL blog kita ini dengan URL blog kamu dan teks The Traveling Cows dengan nama blog atau kalimat apapun yang kamu mau.

8. Rajin share postingan ke akun sos med (FB, Twitter, IG, pinterest, Path, G+, dsb dst)
Yang ini sejujurnya saya termasuk jarang kalo lagi sempat ajah. Yang mayan rajin postingan otomatis di Twitter dari plugin tiap kali abis posting di blog dan Google+ itupun manual, baru-baru ini ajah)

9. Pakai nama domain sendiri untuk blog/websitemu.
Beli domain tuh murah kok ngga sampe Rp 150 ribu udah dapet buat setaun. Saya sendiri biasa beli buat domain kerjaan di Dreamhost atau kalau lokal itu di Domainesia (blog ini beli domainnya disini).

10. Bikin RSS Feed untuk blogmu.
Coba lihat daftar penyedia RSS Feed gratis berikut ini.

11. Daftarin blog/websitemu ke berbagai blog direktori.
Ini saya bantuin daftarnya bisa liat disiniUsaha untuk ini cukup melelahkan sih, saya sudah melakukannya dari tahun 2011 saya beli domain blog ini.

12. Tulis review tentang Alexa di blogmu dan linkback ke Alexa.com.
Ya seperti yang lagi saya tulis ini lahhhh...hihihi.

Beberapa dari artikel WikiHow itu emang ngga saya sertakan soalnya ada tips yang kita mesti keluar uang atau effort-nya kebanyakan-ga ada waktu, hahaha lebay....tapi bisa dibaca dan dicoba sendiri yak.

Photo Credit
Foto judul artikel dari sini.

43 comments:

  1. Kak ... alexis itu apa ??? #polossssss

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahahhaaa...ahh lau, bukannya situ member Platinum disonohhh? wkwkwkwk

      Delete
  2. hihihi.... jujurnya aku malah ga ngerti alexa itu apaan Var :D Lah nulis blog cuma krn hobi dan krn takut lupa detil2 jalan2 kmrn...ga mikirin ama rank ...tp kykny aku mw ngikutin ama yg kamu tulis di ats deh :)...walo bbrp ada yg ga ngerti tuh...poin no 10.. opo ya mksdnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi, aku juga dulu taunya Alexa karena kerjaan kisaran tahun 2009 gitu kok fan, sewaktu awal ngeblog mana ngerti kayak begituan, sama kayak kamu aku juga buat dijadiin catatan pribadi aja ngga ada niat lain.
      Kesininya karena udah ngerti macem2 soal digital marketing ya secara kerjaannya ngurusin begituan, jadi agak 'tertantang' dong, mosok iya blog sendiri ngga naik2 rankingnya, hihi padahal ini blog gw udah lama bgt loh, cuma aja gw males ngurusinnya en jarang blogwalking.
      RSS Feed itu supaya orang bisa berlangganan postingan kamu teratur, ada yg namanya RSS Feed directory buat submit RSS Feed blogmu, jadi blogmu bisa lebih mudah dicari orang.

      Delete
  3. wah mantap artikelnya....selamat mba alexa makin ramping...
    mba itu yang namanya bounce rate ngaruh juga lho..neh kasusku..belakangan bounce rate tinggi eh,,alexa rank bergeser lagi...
    sampai saat ini belum bisa juga nembus di bawah 500rb-an..hiks..malah sekarang sudah mau ke angka 900rb-an
    eh mba pernah bandingin ga back link di alexa dengan back link di google webmaster? nah kalau di google webmaster tuh linknya dijumlah seberapa banyak trus ada jumlah domain yang link ke kita..nah selama pengamatanku..jumlah domain ini yang sama dengan jumlah back link di alexa, paling selisih 1 atau 2..eh belakangan aku lihat kok selisih sampai mau hampir 30-an ya...di google kulihat sudah ada 81 domain ngelink ke aku..eh di alexa ga naek-naek..55 aja terus..agak bingung juga...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bounce rate ku tinggi bgt sejak 1,5 bulan terakhir, ngga tau apa yg salah yah...
      kalo liat juml backlink kayaknya aku lebih percaya pake google webmaster deh, kyknya crawlernya lebih hebat drpd alexa. aku juga selisih banyak sampe 90 an, di google WM itu udah hampir 200 link sementara di alexa cuma 100an kurang. Coba liat di ahrefs.com deh, itu mirip Alexa biasanya jumlah backlink dilihat dari domainnya, tapi di ahrefs itu bisa tau total berapa subdomain yg ada backlink kita, blog ini bs sampe 5000an gitu kalo dicek.

      Delete
  4. yey.. yey.. yey.. selamat Vari, ayo naikan terus rangkingnyaa *apaansihniiih* :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayak jaman sekolahan ya pake ranking....hihihihi

      Delete
  5. Yeay hebat banget Kak, ayo terus nulis yang rajin ya:D *look who's talking:D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itulahh..rajin itu kata kuncinya. Ini akhir2 ini lg maksain rajin sih emang..hihihi

      Delete
  6. Oke baiklah saya nanam beklink di sini :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cangkul..cangkul..cangkul yg dalam..menanam bekling dikebun kita...

      Delete
    2. oalah iya iya aku baru ngerti sekarang tntang alexa rank xD
      makasi kaka

      Delete
  7. Selamat kak.. Yang paling utama itu content baru masukin SEO. Tambah tools lagi, pake adwords+trends dari google juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup Content is the king indeed. Thabk u bwt advicenya ♥ dicoba deghh

      Delete
  8. Artikelnya keren. Praktekin ahhh.. Salam kenal yaa :D

    ReplyDelete
  9. congrats var, tapi kan elu emang blogger yg rajin ah, postingan lu berguna semua bukan asal ngepost :)

    yg ngemalesin ngeliat blog yg alexa nya hitss, giliran dibuka webnya sebulan cuman 1-2 postingan sebulan itupun iklan, imo it s a foolish game or smart ? :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aduh hati ini berbunga2 banget lho mba ..baca komen manismu ini. Seneng deh klo emg postingan2ku berguna bwt org2.
      Iya aku jg kenal bbrp blogger atau plg ga ngakunya blogger tp ya bayaran gtu..diundang sana sini ..ngtweet live dan posting blog (itupun jarang pdhl pageranknya tinggi) isinya iklan. Tapi ya ga bs dipungkiri itu jd salah satu sumber income mrk.
      klo gw sih dr awal ngeblog emg niatnya bwt catatan pribadi n sharing gratis ke org2 yg munkin butuh. I considered it as my personal CSR. Giving back to community. Itu jg sebabnya I opened my house bwt Couchsurfing dulu sblm jd jd ajang biro jodoh kyk skrg.. hiks.

      Delete
  10. harus rajin update ama blog walking juga kan ya

    ReplyDelete
  11. Eh mbak alexa ku yg global nongol tapi yang lokal gak bisa ya? kenapa itu?

    ReplyDelete
  12. Kayaknya harus mulai daftar neh... :v biar bisa jadi top 100 travel blogger hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha ya ampun cita2nya mosok gitu ajuah...harus lbh tinggi dari itu dong...

      Delete
  13. Alexa sekarang bayar ya klo mau daftar ?? Tools apa lg ya buat optimalisasi website ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo daftar doang ngga bayar kok, kalau kita mau report analisa seo yang komplit ya bayar

      Delete
  14. wew.. manteb mbak tipsnya :D makasih siap d bookmark nih ^^

    ReplyDelete
  15. makasih gan infonya dan salam sukses

    ReplyDelete
  16. lanjutkan terus gan.. biar alexanya makin ngerucut

    ReplyDelete
  17. susahnya gan, ane ngurus blog ane naik turun kena ss ada solusi buat ss yang tinggi ga ?

    ReplyDelete

Boleh kok komen apa aja, nanya apa aja, curcol jg boleh. Minta di blogwalk jg boleh. Yang ga boleh itu pasang link ke website jualan ya. Tolong punya etika, jangan numpang iklan gratisan.

Spam komen link jualan = Delete.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Booking.com
Gadgets By Spice Up Your Blog