badge

Kuliner Jakarta : Weekend ngupi, makan, belanja dan hangout di Pasar Santa


Udah beberapa bulan terakhir ini Pasar Santa makin hits ajah pamornya sebagai tempat kulineran en hangout baru di Jakarta. Terutama bagian lantai 2-nya sekarang banyak banget atau hampir seluruh kiosnya berubah jadi tempat makan alias jajan yang seru en unik-unik. Ada juga sih yang jadi toko barang yang ga biasa kayak toko piringan hitam, CD lawas, penjahit modern, e-Cigarette dsb. Tapi ya rata-rata jualannya makanan.

Kalau lantai Basement banyak juga yang buka toko mainan kayak di Blok M Square lantai 3 (iyeh gw hapal secara masih abege gini kan *denial*).


Kalau dilihat yang jualan sih kebanyakan anak muda yah, young enterpreneur gitu lah, masih  terlihat kiyis-kiyis sepertinya belum ada beban cicilan rumah sama uang sekolah anak (ngarang banget deh guweh). Tapi baguslah ya, mendingan bermental wiraswasta jangan jadi karyawan mulu (uhuk, ngaca...ngacaa...). 

Oiya sengaja saya ngga tulis tentang ABCD Coffee shop yang emang perintis pergaulan di Pasar Santa ini biar ngga pasaran sama postingan orang lainnya yang kayaknya semua orang pasti ngopi disana (kecuali saya karena ngga terlalu suka ngopi). 
Gerai kopi ABCD ini mulai buka dari bulan puasa tahun ini, terus karena dia rame kan yah, mulai deh nular muncul satu persatu kios-kios lainnya.


Semula Pasar Santa ini emang relatif sepi, yang belanja disini ya rata-rata PRT aja dulu kayaknya, sekarang mah wiihh, keceh-keceh makkk....

Sewa kios di Pasar Santa ini menurut teman kita, Billy yang semula mau buka toko mainan disitu awalnya relatif murah, sekitar Rp 2,5 juta per tahun (apaaah???...mata langsung zoom in-zoom out). Tapi biasalah hukum Supply and Demand yah, jadilah sekarang rata-rata minta Rp 10 -15 juta per tahun!, alamak. Tau gitu gw beli aja tuh berapa kios kek. 

Baru aja malam ini kita berdua wisata kulineran kesana, mana pas banget nyampe tuh ujan deres banget, parkiran susah dong, udah gitu dengan dodolnya kaga bawa payung. Untung pas banget ada 3 cewek yang baru mau keluar jadi kita bisa parkir ditempat mereka walopun nungguin mereka dulu foto #selfie lama bener. Padahal sumpah biasa aja juga tampangnya #nyinyirabis. Entah apa karena ujan jadi di dalem pasar sih adem yah, sebenernya ngga ada AC, apalagi WiFi, jadi ngga kebayang juga kalo lagi ngga ujan, apa gak angop rasanya yah dalem pasar begini.

Oiya kalau mau kesana di hari biasa (bukan wiken), siap-siap gigit jari aja karena kebanyakan pada bukanya Jumat, Sabtu dan Minggu, itu pun rata-rata buka diatas jam 2 siang, makin malam makin rame broh..serasa ke disko istilahnya makin pagi makin rame. hasikk...

Oke tanpa basa basi ini sejumlah foto segala toko dan resto yang sempet kita jajal makanannya ataupun cuma numpang motretin doang saking banyak banget yang dekornya lucuk-lucuk ga berasa di pasar kumuh nan oldies.

1. D.O.G
Order : Their signature D.O.G’s Black Hotdog. 
Harga : Rp 38 ribu.
Isinya : Hotdog dengan roti warna hitam (pake tinta cumi kayaknya, ga mungkin karena gosong deh ya), dengan sosis sapi smoky, bawang bombay yang terkaramel, their signature yellow sauce, bacon sapi dan saus keju. 
Nikmat? banget.
Ngga heran tempat mereka ini jadi salah satu yang paling rame dan terlihat banget diantara kios makanan lainnya, letaknya juga pas setelah tangga naik bagian tengah. Rekomen banget lah.

2. Cendol & Duren Bar.
Okeh, ini juga juara dessert endol disini. 
Order : Es Cendol Duren Ovomaltine.
Glek, dari namanya aja udah kebayang kan bahannya apa aja, menurut hukum alam; semua yang enak dimasak bareng pasti hasilnya enak dong. Ya udah bener lah itu, enak banget inih..durennya beneran dureeen, ovomaltine-nya kurang banyak sih cuma kan mahal ya emang stoplesnya, hahaha gw dagang Ovomaltine juga soalnya.
Selain menu itu, ada varian lain menggunakan; KitKat Green Tea, Nutella, dsb lupa apa aja.

Harga kisaran dari Rp 15 - 30 ribu tergantung pilihan topping kita.


3. FATBOY
Intinya sih mereka jualan segala macem bakso on stick, ada salmon, lobster, ikan, sapi, ayam, udang, beef patty, dumpling banyak lah.
Harga: kisaran Rp 6 -12 ribu per tusuk.
Order : Kita nyobain Lobster balls dan Cheese Salmon.
Dihidangkan setelah dipanggang sebentar, cocolannya mayones dan saus sambal. Rasanya, lumayan oke juga buat cemilan ringan.


4. Nyonya Kecil
Order: Nasi Lidah dengan butter cream sauce.
Harga : Rp 25 ribu.
Seporsi nasi putih dengan 3 iris lidah sapi lembut yang disiram dengan saus mentega yang enak banget dimakan bareng dengan acar mentimun. Porsinya lumayan cilik kalo buat cowok, tapi kalo buat jajan doang sih oke lah, kan niatnya emang nyobain kios sana sini.

5. Kicchin
Gerainya sungguh terlihat Jepang sekalehh...jualannya Teppanyaki.
Eh ternyata dia ini yang juga buka di food court Plaza Bapindo, pantesan aja menunya ada yang familiar ; Tonggy Gyu Tan Teppanyaki.
Harga : Rp 20 Ribu untuk porsi kecil (beneran kecil) dan Rp 25 ribu untuk porsi Besar.
Dimasak langsung didepan kita (ela Teppanyaki), rasanya sih menurut saya enakan yang di Plaza Bapindo, hahaha...apalagi porsinya di Pasar Santa ini juga cimik banget.

Selain yang kita sebutin diatas ada beberapa tempat juga yang lain kali pengen kita coba juga kayak:
Mie Kuno, Mie Chino dan Mie Kriting (iyeh ekeh pecinta mie, doyan banget sama segala macem bentuk mie, kecuali Mie Apah). Terus pengen nyobain juga Siomay Tiban dan Hottest Ramen in town (lupa deh nama gerainya apaan) sama ayam cabe ijo yang ada di Legoh.

Okeh, Silakan diintip foto-foto suasana pasar dan toko/resto lainnya yang dekor-dekornya bikin gemets memanggil-manggil buat foto :


TIPS ngeceng (ya elah bahasanyaa...) di Pasar Santa :
- Pake baju yang nyaman, bahannya ngga panas, karena ngga ada AC disana.
- Bareng temen. Karena kalo sendirian emang anti-mainstream, cuma ya males aja planga plongo disitu sendirian, kecuali sohib situ preman santa ya terserah dah.
- Dandan yang cakep, siapa tau ketemu jodoh. Udah bukan jamannya si embak doang yang dandan mau ke pasar, majikannya juga lah ya.
- Bawa uang tunai. Ngga liat sih ada ATM disana, plus kayaknya rata-rata ngga ada mesin EDC deh, belom kali yah.
- Bawa tissue basah atau pun kering, toiletnya masih pasar banget, ya gitu deh, udah usaha sih kayaknya biar bersih dan ngga bau. Tapi ya...ya gitu deh.

SANTA MODERN MARKET
alias PASAR SANTA.
Jl. Cipaku I, Kebayoran Baru.
Jakarta Selatan.


14 comments:

  1. Seru banget ya disini, duh aku kalo udah malam tiba males nyupir (eh disupirin denk) dari Cibubur:D
    Tapi jadi pengen kesana ngeliat post ini. TFS :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya dong kesini...jgn gawolnya di cibubur junction aja...hihihi.
      Dtgnya dari jam 4 aja kayak kita kmrn jg gitu..

      Delete
  2. wah nasi lidah sapinya menggiurkan banget.... :D

    btw hotdog itemnya serem. huahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyah man..nasi lidah sapinya enak bner. Tapi Hot Dog item itu sih paling juara enaknya...emang tampilannya sangar sih...hahaha

      Delete
  3. Wah, info-nya banyak dan menarik di post ini :) Emang lagi hits banget yah kayaknya tempat ini.. moga2 deh ada kesempatan pergi ke sana...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh blog eyke kedatengan food blogger kenamaan nih..sapu2 dulu...hihihi..
      iya lg hits ni tempatnya setiap mlm wiken rameee teruus...pdhl ga pake AC lho..semoga ga trend sesaat deh

      Delete
  4. Yah ampuuuun... kenamaan dari mana? hahahaha... enggalah.... cuma udah lama nge-blog aja kok :) Makasih lho udah suka mampir ke blog-ku :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi iyaa..aku suka makaan, dan blogmu salah satu yg paling sering jd contekan.
      Kalo soal ngeblog tmpt makan sbnrnya daku suka jg tapi kadang suka males, kelupaan detilnya ..udh gitu paletku tuh cuma ada enak sama enak bgt, hihihi..

      Delete
  5. Wah komplit ya review bloggernya. Waktu itu saya sempat mampir ke mie kuno, saya pesan mie kuno babeh. Itu loh mie ayam yang pakai Ribs.... Porsi mie nya banyak banget udah gitu bumbu ribs nya berasa banget. Pokoknya recomended banget. Udah gitu Jumat Sabtu ada menu dimsum juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hewloh...thank u yaahhh...dibuat komplit supaya pada puas bacanya, hahaha...
      wah udah nyoba ya mie kuno itu, ribs nya halal gak sih itu? btw belom balik ke pasar santa lagi nih, sempet udah kesana tapi cuma belanja ke pasar beceknya aja sih ngga buat kulineran, abis rame bgt parkirannya, cape nyarinya.

      Btw jangan lupaa langganan email blog kita ya biar update teyus, hihihi..thank u for visiting us :)

      Delete
  6. Permisi mbak,numpang tanya...klw boleh tau kios2 makanan yg ada di psr santa ini,,jam tutupnya sampai jam brp yah...mksh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi divie, maaf aku skip bgt reply komenmu...bukanya sd jam 11-12 mlm sih tapi ada jg yg sd jam 2 pagi

      Delete

Boleh kok komen apa aja, nanya apa aja, curcol jg boleh. Minta di blogwalk jg boleh. Yang ga boleh itu pasang link ke website jualan ya. Tolong punya etika, jangan numpang iklan gratisan.

Spam komen link jualan = Delete.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Booking.com
Gadgets By Spice Up Your Blog