badge

Bogor Trip : Agrowisata di Kuntum Nurseries

Masih bagian dari ngetrip wiken bareng genk SMA yang nginep di Bumi Tapos Resort, Bogor nih.

Nah, di hari Sabtu paginya kita pergi deh ke Kuntum Farm Field atau disebut juga Kuntum Nurseries di area Tajur. 

Perjalanan dari rumah Gerry di Taman Yasmin, Bogor kayaknya sih seharusnya cuma 30 menitan, tapi macet banget yeh Bogor kalo wiken jadi nyaris sejam deh. Begitu sampe udah panas banget karena emang kita baru nyampe tuh jam 11.30 siang. 

Parkiran udah penuh jadi kita diarahin kearah perumahan gitu sebelahan sama si Kuntum, jadi parkirnya pinggir jalan.


Lokasi tepatnya tuh disini : 

View Larger Map

Begitu masuk area lobbynya terasa lebih rindang sih karena luarnya dikelilingi tanaman, tapi tetep panas yah berhubung ngga pake AC lah ya ruangan semi-outdoor gitu. Bayar tiket masuk Kuntum Nurseries ini per orang itu Rp 25 ribu, mau dewasa ataupun anak-anak samimawon. 

Ruang lobby-nya semacam ruang pameran juga deh, banyak mebel kayu dan perabot furnitur yang dijual. Ada juga bagian tempat Fish Spa dengan bawahnya kolam ikan, bayarnya Rp 30 ribu per orang


Di dalam tempat pemeriksaan tiket, kita diminta pakai caping, ada banyak caping yang bisa dipilih, ukuran anak-anak juga ada, sebenernya sih bagus juga yah pake beginian supaya ngga panas, emang matahari lagi kejem banget teriknya.
Lucu deh liat bocah-bocah (dan emak bapaknya) bercaping.


Yang pertama menyambut kita di kanan kiri adalah areal tanaman seperti wortel, kubis dan lainnya. Ngga ada yang terlalu perduli sih kayaknya sama bagian tanaman-tanaman, hahaha. Langsung pada ngacir aja begitu liat ada anak biri-biri putih, lucu banget, jadi inget buku cerita Heidi dari Swiss. Pernah baca ngga? kalo pernah berarti sama tuanya sama gueh...hahaha.


Di areal ini selain anak biri-biri juga ada anak domba dan kambing, ada kambing gedenya juga, jenisnya apa ya jangan tanya saya deh, meneketehe. Tapi semua yang ukurannya besar/bukan baby lamb lagi itu ditaruh di kandang kayu jejeran. Saya perhatikan disini walaupun bau prengus tapi arealnya bersih, kandangnya juga bersih, ngga joroklah. Lalu kita disini bisa beli susu buat kasih mimik ke anak-anak biri-biri ataupun kambing itu, botol susunya kayak botol susu bayi gitu lah, isinya susu apa ya, kemungkinan ya susu kambing juga sih.
Ngasi mimik ke anak biri-biri.
Bocah-bocah langsung pada heboh mau ngasi mimik susu ke anak biri-biri dan kambing disitu, bapak dan emaknya juga ikutan heboh mau motretin, kalo om Rangga juga ikutan heboh kayak para bocah tentunya sebagai pecinta hewan sejati.

Btw, hayo siapa yang bisa kasih penjelasan bedanya biri-biri, kambing sama domba?. Nah kalo pergi sama om Rangga pasti dapet tuh penjelasan-penjelasan kayak gini. Ajaib banget deh suami gw kayak kamus fauna berjalan. 
Ngasi mimik susu ke anak sapi
Dari areal perkambingan itu kita bisa masuk ke areal marmut dan kelinci, tapi berhubung para bocah udah beli juga botol susu untuk para anak sapi, jadilah kita ngacir ke area persapian (yeaay!). Ada sekitar 6 sapi dewasa jejeran di kandangnya juga ada 5-6 anak sapi di kandang kayu belakang yang bisa dikasih mimik susu botolan juga. Botol susu kalau buat para anak sapi lebih besar tentunya. Isinya juga lebih banyak, dan kemungkinan yang dikasih ya susu sapi. 

Btw ya, ternyata kasih mimik susu ke anak sapi lebih horor daripada ngasi mimik susu ke anak kambing, karena lebih besar, kemampuan nyedot susunya lebih cepet dan lebih kuat bok. Udah gitu ingusnya meler kemana-mana dan lidah sapinya gede banget, ahahhaa...penggila sapi ini pun heboh sewaktu nyobain kasih mimik sapi.

Silakan ditonton kehebohan Traveling Cow lagi ngasih mimik susu ke anak sapi :

Oiya harga beli susu botol buat kambing/biri-biri itu Ro 5000/ botol susu sementara kalau susu botol  untuk anak sapi itu Rp 10 ribu/botol. Botol-botol susunya harus dibalikin tentunya, jangan dibawa pulang dong ah, geli kan abis masuk moncong sapi dan kambing.

Setelah dari areal persapian, kita balik lagi ke areal binatang pengerat, yaitu marmut (guinea pig) dan kelinci. Kita bisa kasih makan juga mereka dengan biji-bijian makanannya (mirip kroto deh) dan sayuran seperti daun bawang (?) dan wortel. Beli lagi tentunya, harganya masih dikisaran Rp 5000-Rp 10 ribuan.

Darryl dan Raisya heboh ngasi makan marmut dan kelinci
Cara menggendong kelinci yang benar. Jangan pegang/jambak kuping kelinci ya..
Di areal marmut dan kelinci ini lumayan lama sih, karena sembari nungguin bapak dan emaknya pada sholat Dzuhur dulu. Oiya cara kasih makan marmut dan kelinci ini lucu banget jadi biji-bijian makanannya ditaruh di centong sayur gitu, jadi ngga disebar. Kandang marmut dan kelinci seperti juga di areal persapian dan perkambingan tadi, juga terlihat bersih dan ngga bau-bau amat. Kayaknya emang dikelola serius sih perawatannya di Kuntum Nurseries ini.

Kita jalan lagi dong nyusurin jalan setapak menuju areal unggas (ayam, bebek, angsa), aduh panasnyaaaa...hedeh...
Lucu deh ngelewatin sungai buatan gitu kan yah, eh banyak bebeknya pada lewat, kita bisa kasih makan juga sih, beli dulu makanannya di tempat yang sama di areal marmut dan kelinci.

Di area ini banyak macem-macem jenis unggas, lupa eke apa aja, yang saya inget ada Ayam Bekisar sama Ayam Ketawa..yang terakhir tuh kalo berkokok bunyinya kaya ketawa...kalo malem-malem serem sih dengernya..kayak kunti. Hii...

Area unggas ini ada di dekat semacam kolam besar..lalu ada pendopo-pendopo buat istirahatnya..asri deh. Tapi ya tetep panas terik bok hari itu. Para nyonya udah kaga kuat nemenin bocah-bocah..jadilah para bapak yang ngangon mereka masuk salah satu kandang unggas yang banyak banget ayamnya...pada heboh dikejar-kejar ayam. Bwahahaha..
Capee...panasss...tapi hepi.
Abis dari sini kita udahan soalnya udah ngga ada lagi juga yang bisa dilihat. Udah lewat jam 1 siang juga..udah pada kelaperan jadi mau makan terus lanjut ke tempat nginep kita di Bumi Tapos Resort.

Lumayan banget ya Kuntum Nurseries ini bisa buat pengalaman dan pembelajaran langsung buat anak-anak tentang hewan - hewan di peternakan. 

Buat yang minat kesana..silakan loh kontaknya bisa dilihat sbb :
Kuntum Nurseries 
Jalan Raya Tajur No.291, Bogor, Jawa Barat 16145
+62 251 8356752
Email : promokuntum@yahoo.com
FB: Kuntum.Farmfield 

Waktu Buka
Senin – Minggu,  08.00 – 18.00 WIB

Postingan lain terkait trip ke Bogor kali ini :
Bogor Trip: Weekend Bareng 3 Keluarga
Bogor Trip: Menginap di Bumi Tapos Resort

Follow my blog with Bloglovin

           

4 comments:

  1. Gile aja, beranian amat ngasih susu ke itu kambing hahahaha.. gue pasti ngga berani, geli takut disosor *geer*

    ReplyDelete
    Replies
    1. gw juga ga brani sebenernya, belagak braniii...hahahaha

      Delete
  2. Terima kasih informasinya mom. Jadi pengen main ke sana.

    ReplyDelete

Boleh kok komen apa aja, nanya apa aja, curcol jg boleh. Minta di blogwalk jg boleh. Yang ga boleh itu pasang link ke website jualan ya. Tolong punya etika, jangan numpang iklan gratisan.

Spam komen link jualan = Delete.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Booking.com
Gadgets By Spice Up Your Blog