badge

Lagi norak-noraknya ke IKEA Alam Sutera

Iya, biarin ngapa...hahaha. Udah tau sih lebih mahal pasti IKEA di Indonesia, lha wong barangnya aja import semua, berapa tuh bea pajak barang import? ya 20% mah ada kayaknya ya..berarti itu harga barangnya udah lebih mahal 20% dong, belum margin revenuenya. Udah pasti lah lebih mahal. Tapi kan..tapi kan... kita sebagai penduduk kota metropolis kelas menengah budak konsumerisme ngga mungkin dong melewatkan kunjungan ke tempat yang lagi mainstream di 2 minggu terakhir ini. Parahnya lagi, ngga cuma sekali dong saya kesana, udah 3x ajah dalam seminggu!. hahahaha..kampungan bener kan.

si budak IKEA #selfie
Ya abis gimana, dengan sesadar-sadarnya jiwa saya menyadari kalo saya budak IKEA dari 12 tahun yang lalu sejak pertama kali menginjakkan kaki di IKEA Singapore (waktu itu cuma baru ada di Alexandra Rd). Berhubung belum ada IKEA di Indonesia ya pelampiasannya ke Informa atau ACE hardware deh, walopun kepuasannya ngga semaksimal kalo ke IKEA, dimana lapar mata dan lapar perut bisa tersalurkan kalo di IEKA. Saking doyannya ke IKEA, bayangin aja udah entah berapa kali saya melakukan trip ke Singapur atau ke KL hanya untuk belanja IKEA, tok. Ngga buat jualan dong, buat dipake sendiri..nenteng sendiri tuh beragam hasil borongan, biarpun pesawatnya Air Asia, kok ya bisa aja sukses ngeborong. 

Nah, itu udah pake paspor kan tetep dibela-belain ke IKEA nya, apalagi kalo tinggal ngesot 30 menit nyampe yah. Thanks to tol JORR, dari rumah kita langsung masuk tol belakang rumah itu nyampe dong di Alam Sutera setengah jam ajah. Udah gitu kebetulan awal minggu kemarin itu saya ada meeting di Kedoya, dari situ juga masuk jalan tol Merak-Tangerang ngga sampe 15 menit udah sampe di IKEA Alam Sutera yang emang kebetulan letaknya di samping tol Merak-Tangerang itu (keluar di Exit 14 - Alam Sutera). Eh besokannya si emak minta ditemenin juga kesana, walhasil ya balik lagi kesana. Lengkap deh 3x aja dong kesana dalam semingguan.

Ada apa aja di IKEA Indonesia?


Sebenernya secara isinya ya gitu lah kalo udah sering ke IKEA mah ngga ada yang baru lah ya, oiya palingan gempor karena IKEA Alam Sutera ini gueeedaa ajah, luasnya 33.000 meter persegi, nomor 2 terbesar di Asia Tenggara setelah IKEA Bangkok. Parkirannya mampu menampung lebih dari 1000 mobil (dan sampai saat ini masih gratis, ngga tau kalo besok). Jadi kalau kesana, siapin alas kaki yang nyaman yah.



Dekorasi dan seragam pegawainya sepertinya mengadaptasi motif batik dan lurik Indonesia, ada beberapa motif batik hasil modifikasi pengrajin seni lokal yang dipasang dalam bentuk Giant Banner sebagai elemen dekoratif gedung, lupa mau motret, nanti deh kalo kesana lagi (alesaaan...). Seragam pegawainya juga gitu, walaupun sama-sama kuning seperti seragam IKEA di negara lain, tapi ada elemen dekoratif berupa garis vertikal menyerupai motif kain lurik.

Ini sebagian foto-foto barang yang saya dan ibu saya taksir, tapi masih mikir mau beli disitu apa bikin sama tukang aja...hahahhaa tetep ogah rugi. Abis emang kalo kayak lemari-lemari gitu ya bayar tukang tuh masih jauh lebih murah sih, walopun ya ngga bisa instan dan kadang kudu pake ngomel.
Incerannya emang : lemari kabinet sama gorden.
   
Ini naksir berat tapi hampir Rp 7 juta dong *pingsan*
Buat kamar mandi baru ?
  • Buat yang bawa anak kecil, seperti biasa di IKEA ada Smaland, playground khusus buat anak-anak. Gratis kakaa..jangan kuatir.
  • Buat yang rebyek barang bawaan banyak, mereka sediakan loker penyimpanan juga, biasanya kalo di negara lain sih pake deposit koin untuk buka tutup pintu loker, tapi kemarin lupa mau nyoba.
  • Mushola ada, jadi ngga pake alesan lupa ngga sempet sholat ya kalo lagi disana (*ngobrolsamacermin*).
  • ATM baru ada BCA ATM, bank lainnya belum keliatan, anehnya Permata Bank sebagai bank yang biasanya bareng dengan Grup Hero (pemilik saham franchise IKEA Indonesia) belum keliatan 'giginya' nih di IKEA, mungkin nanti sekalian mereka buat membership card deh yakin dibundling sama kartu kredit kayak di Singapore.
  • Restauran dengan kapasitas tempat duduk 700 bangku dan juga IKEA Bistro untuk layanan makanan snack yang lebih cepat.
IKEA Restaurant.
Nah, ini dia sebenernya yang bikin saya bisa bolak balik ke IKEA. Bakso Swedia-nya itu loh. Ok, kalo mau jujur sih emang ngga seenak yang di IKEA Damansara (soalnya yang halal selain di IKEA Tampines yang saya tahu cuma di Malaysia aja). 

Di IKEA Alam Sutera ini mereka jualnya bakso yang halal aja, tapi entah kenapa baksonya kecil bener dan teksturnya terlalu"bakso"..kurang kasar kayak di negara lain. Udah gitu sekarang mereka masih jualnya tanpa saus Lingonberry, jadinya kurang mantep lah ya. Untungnya kita cerdas dong, di bagian Food Market depan kasir, mereka jual sebotol Lingonberry Jam, saya beli aja, jadilah saya makan Bakso Swedia tetep dengan saus Lingonberry ala kadarnya. Harga seporsi Bakso Swedia isi 10 bijik itu Rp 40 ribu, 15 bijik Rp 50 ribu dan 20 biji itu Rp 60 ribu. 
The ever famous IKEA Swedish Meatball
Ada versi Kids Mealnya isi 5 biji Rp 20 ribu. Oiya Saya sempet beli porsi yang isi 20 bakso buat dibawa pulang dan dengan niatnya saya bawa tempat makan dong dari rumah, yang langsung jadi inspirasi buat ibu-ibu lain yang antri di belakang saya... hahahaha...
ngebakso mulu
Selain si Bakso Swedia itu, saya nyobain juga menu lainnya seperti Chicken Drumstick (nunggunya 10 menit karena kehabisan) dan seporsi isi 2 itu Rp 17 ribu, rasanya? biasa aja, cenderung kematenganan jadi keras. Lalu nyobain juga Poached Salmon with Chive Sauce  (seporsi Rp 60 ribu) dan Baked chicken leg with dill sauce (seporsinya Rp 35 ribu) yang cukup enak, walaupun kentang panggang di menu Salmonnya buat saya agak kepahitan, saya lebih suka kentang tumbuknya, halus dan rasanya mantab. Selain itu saya nyobain juga brownies coklatnya, enaaak.
Poached Salmon with Chive Sauce 
Baked chicken leg with dill sauce
Buat pilihan minuman, selain yang bisa refill, softdrink Rp 7000 juga kopi dan teh, mereka jual juga air mineral Rp 3000, teh botol dan jus buah kemasan karton. Btw ya, buat makan disini berhubung lagi happening banget, antreannya bok, kayak orang pada ngga makan seminggu, rame bingits, ada kali setengah jam tuh tiap kali kesana antri makanan...errr. Dibela-belain banget yak.
Antrian di IKEA Restoran
Silakan loh yang mau ke IKEA Alam Sutera bisa dilihat caranya kesana di peta IKEA Alam Sutera ini.
IKEA INDONESIA
Jl. Jalur Sutera Boulevard No. 45
Alam Sutera, Serpong, Tangerang
Ph. +6221 29853900
Jam buka:  10am - 10pm
Restaurant:  9.30am - 9pm





17 comments:

  1. Haha niat sampe 3 kali ke ikea dalam seminggu. :)

    Meatballs nya ikea biasa ada yg jual frozen kalo mau buat makan di rumah. Lbh murah dan gampang manasinnya. Gravy nya pun jual yg pack.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi iya parah bgt kan.

      Tapi blom ada bok disini versi frozennya. Lha wong lingonberry jam nya aja entah knp ga disediain...

      Delete
  2. Porsi makanannya ga kuat.. pingin nambah *elus perut buncit

    ReplyDelete
  3. Kunjungan balikk.. aku malah lom ke ikea alsut. Abis udh keburu lemes duluan liat dr tol aja tuh bangunan gede luar biasaaa.. udh gt kata temen, pas ksana macettt keterlaluan. Jadilah mengurungkan niat. Hahahah.. tp km niat bgt sampe 3x. Btw bakso swedianya memikattt

    ReplyDelete
    Replies
    1. helo thea, thank u udah kunjungan balasan, hehehe

      iya kayaknya masih hits ya jadi rame, apalagi wiken, aku sih peginya wkt itu pas gak jam sibuk jd lumayan ga telalu rame

      Delete
  4. omg...antrian makannyaaa Var ;p

    untung ya bok, aku bukan budak IKEA hahahaa... secara bnr yg kamu tulis...itu lemari ama meja nya kyknya ama tukang yg biasa aku pake pasti bisalah bikin yg mirip dgn hrg miring hihihihi ;p

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya fan, antri makannya ekstrim bener, maklum lah org indo emang suka bener heboh di awal *ngaca*

      iya bok, sewaktu gw kesana banyak gitu yg bawa tukang kayu loh, keliatan dari obrolannya *nguping*

      Delete
  5. Aku blm tertarik datang ke ikea, coz mmg ngak tau mau beli apa ??? hahahaha. Kalo cuman liat2 ntar jadi gatel belanja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak cumi maleslah kesana ..ga jual kolor renang warnawarni soale...hihihi #kebanyakanliatfotobloglo

      Delete
  6. kalo dari bandara sokarno hatta ke ikea...naek apa ya bisa hemat kecuali taxi...??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ga ada angkutan umum, Damri jg ngga kesana, jadi paling efisien ya Taxi, lagian ngga jauh kok dari Soetta ke Ikea

      Delete
  7. Ada gak yah ikea di sorong-papua???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ga adaaaa..di Indonesia baru di alam sutra tangerang ini

      Delete
  8. Kalo ke sini memang wajib untuk mencicipi menu makanan yang ada di sini, apalagi eskrimnya wajib di coba

    ReplyDelete

Boleh kok komen apa aja, nanya apa aja, curcol jg boleh. Minta di blogwalk jg boleh. Yang ga boleh itu pasang link ke website jualan ya. Tolong punya etika, jangan numpang iklan gratisan.

Spam komen link jualan = Delete.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Booking.com
Gadgets By Spice Up Your Blog