badge

Kalap di Garuda Travel Fair 2014


Sesuai judul..jadi pada suatu hari pergilah saya ke Garuda Travel Fair 2014 (GATF) yang diadakan di JCC Senayan. Saya pergi di hari pertama dibuka, siang sih setelah saya ke Klinik Yasmin, naik taksi aja sendirian saking udah ngebet liat-liat.

Untuk masuk pameran karena saya nasabah BNI bisa masuk gratis (max 2 tiket per kartu dan hal sama juga berlaku kalau punya Garuda Miles/GFF ataupun pelanggan Telkomsel). Jam 2 siang itu udah rame loh..apa pada ngga kerja ya orang-orang Jumat siang begini? (*ngobrolsamacermin*).
Siapa bilang ekonomi susah?
Semua orang mau jalan2 kok.
Agak 'panik' juga sewaktu liat nyaris di semua stand travel agent tuh penuh sesak orang antre nanyain harga tiket. Btw karena nama pamerannya Garuda Travel Fair ya udah pasti yang dijual tiket pesawat dengan Garuda. Ngga ada promo dengan maskapai lain disini, kecuali kalau paket promo tour.

Setelah liat sana sini..nanya sana sini akhirnya saya simpulkan lebih baik jika belinya tiket domestik karena harga tiket internasional dengan Garuda disini lebih mahal daripada kalau promo dengan maskapai lain. Plus saya penganut kalo keluar negeri ada Air Asia ke rute tersebut, kenapa pake yang lain?!. Hahahhaa...

Ok setelah bandingin sana sini dan antre cukup lama, duduklah saya di stand Genta Tour buat pesen tiket ke Lombok dan Yogya. Yang satu buat anniversary kita  dan satunya buat nengok ponakan, semuanya di tahun depan (2015) karena untuk domestik itu harga promonya mulai penerbangan untuk 1 Jan - 30 Agustus 2015 (tidak termasuk 'black period'; lebaran dan tahun baru). Sementara untuk tahun 2014 ini promonya hanya diskon 15%.

Saya juga sibuk wasapan sama Juniar, Myrna en Pupun secara mereka juga pada mau ikutan beli. Sampe batre henpon sekarat en akhir habis..parah banget bikin bete lupa bawa charger. Akhirnya cuma beli 2 tujuan itu aja. Sekitar jam 4 sore saya cabut ke kantor suami...numpang charge henpon.

Apakah segitu aja kalapnya? Tentu tidak.
Sehabis Magrib, dijemput dong eke sama Myrna buat balik lagi ke GATF itu. Sampe sana ruamenya 2x lipet  dari trakhir jam 4 sore tadi...sampe susah banget jalan di dalam ataupun nemuin stand yang kosong. Semua penuh. Apalagi dari jam 18.00-20.00 itu ada Happy Hour dimana semua harga tiket promo dapet harga khusus lagi. Makin menggila ribetnya. Sampe akhirnya saya nemuin 1 travel stand yang lumayan sepi
Dan mulailah kekacauan terjadi. Beginilah kalau 2 orang impulsif dan gila traveling dilepas di pameran tanpa ada yang bisa ngingetin.
2 perempuan kalap di GATF 2014.
Dari jam 18.00 sampe tutup tuh pameran (21.00) kita di dalam itu sibuk berkutat di stand Cakra Travel en beli entah berapa tiket pesawat. Kita beli tiket ke Aceh, Bali, Makasar, Ternate dan nyaris Singapura juga. Gila gila gila. Ini gegara juga BNI tuh ngasi promo bisa cicilan 0% buat semua transaksi di pameran ini. Edan.

Ada yang lebih edan lagi. Kan ceritanya saya wasapan sama Pupun nih..ngebahas kita jadinya mau kemana aja. Pas ketemu di Villa Delima lusanya (hari Minggu setelah Jumat saya ke GATF ini) trus Adi kasih ide ke Togean, naik Garudanya ke Gorontalo. Kepikiran donk. Sampe rumah akhirnya browsing gimana cara ke Togean kalo atur sendiri ga pake tour. Eh ternyata gampang walopun perjalanannya bakal sepainful ke Wakatobi. Karena ngga mungkin balik ke GATF jadi sekitar jam 4 saya nelpon ke Dwid*y* Travel karena kata Pupun itu mereka jual dengan rate yang sama dengan di GATF. Sayapun konfirm ke call center BNI dulu yang ternyata cicilan 0% nya juga masih berlaku walopun transaksi di Dwid*y* yang bukan di GATF.

Pas ngecek ke Dwid*y* ternyata tiket ke Gorontalo pp per orang itu cuma Rp 1,3 juta (normalnya bisa Rp 4 jutaan). Akhirnya saya bilang pesen langsung. Mereka minta saya ngimel nama penumpang untuk reservasi dan dateng ke Dwid*y* di Bintaro untuk transaksi, cuma di Bintaro yang masih buka hingga jam 10 malam tapi saya harus sampe sana sebelum jam 8 malam karena promo Garuda maksimal jam segitu. Oke. PR berikutnya adalaah gimana cara ngegeret suami buat ke Bintaro karena udah pasti dia males.

Entah gimana cara kok ya akhirnya abis magrib tuh bisa juga kita otw ke Bintaro en nyampe sana 18.30 an. Sampe di konter Dwid*y*   itu ternyata petugas yang tadi ngomong sama saya di telpon belom buka dong email saya. Lha ngapain nyuruh saya buru-buru imel?. Akhirnya dia proses tuh reservasi saya eh pas saua cek ulang nama suami saya ditulisnya salah. Jadi dia mesti reservasi ulang lagi. Ada kali 30 menitan dia kutak katik sendiri tuh komputer sampe akhirnya dia bilang reservasi saya jadinya waiting list karena yang tadi nyangkut. WTF!  ..emosi banget guah. Udah saya disuruh buru-buru email, dateng kesitu eh begitu nyampe juga belom disentuh tuh reservasi guah!..abis itu pake salah nulis nama dan sekarang bilang kalo waiting list??!.Bener-bener ga profesional. Asli kesaal buanget ekeh sampe gebrak meja..bayangin dari jam 18.30 sampe jam 21.00 itu saya di konter itu and got nothing gegara ketololan petugasnya!! Dan yang bikin tambah murka adalah betapa mereka terlihat ngga cukup berusaha..malah keliatan senang waktu jam udah nunjukin jam 8 malam karena artinya promo GATF udah usai. Huh..asli ya menyebalkan.

Sebagai ilustrasi harganya semurah apa sih sampe saya yang jarang-jarang niatin dateng ke pameran travel kok bisa kalap sampe dateng 2x dalam sehari. Plus malem-malem niat bener nyamperin travel tolol buat beli tiket pesawat untuk tahun depan. Ini yang saya, Myrna dan Pupun sikat buat tahun depan;
  • Jakarta - Banda Aceh pp/orang Rp 1,1 juta. 
  • Jakarta - Ternate pp/orang Rp 1,4 juta.
  • Jakarta- Makasar pp/orang Rp 1,3 juta.
  • Jakarta - Denpasar pp/orang Rp 870 ribu.
  • Jakarta- Lombok itu pp/orang Rp 860 ribu aja. 
  • Jakarta-Yogya pp/orang Rp 580 ribu.
Harga promo tiket di GATF 2014.
Harga promonya ngga cuma itu aja tapi semua penerbangan domestik itu murah bingits. Menurut saya paling worth it kalo beli ke wilayah Indonesia Timur karena ngga ada dan jarang pemerbangan murah ataupun promo ke area sana. 

PS: ini bukan posting berbayar dari Garuda maupun dari pihak lain yang akan disebutkan namanya di postingan ini..seperti biasa saya gak akan endorse suatu brand kalo saya tidak merasa relevan dengan blog ini.


                


19 comments:

  1. waaa ke balinya 870rb aja... asik banget!!!!

    ReplyDelete
  2. Wiiih seru hunting tiket gini tapi buatku is a big NO! NO! gak pernah akan bisa ketututan deeh, pasti kalau beli tiket, mendadak deket sama hari H-nya... Paling cari termurahnya banding2in harga aja antar web/travel pas mau pesen, biasanya seminggu atau beberapa hari sebelum berangkat..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi, iya gw kebiasaan kalo beli tiket jauh2 hari bisa setahun sblmnya..emg resiko cancel selalu ada, kayak 2 thn ylalu itu tiket maldives kita angus aja gitu karena ada urusan lain. Tapi beli hotelnya sih tetep mepet..hahahaha

      Delete
  3. Waaa...
    kapan yah ini pameran ada di JOgjaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Didoakan semoga pihak Garudanya membaca juga ini...

      Delete
  4. Waaa.... kayaknya GATF tahu depan gw mesti dateng nih mbak......!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dataaanggg...saya tiap tahun dateng tapi baru kali ini kalap...hahahaha

      Delete
  5. Waaaa murah2 banget yaaaa... Harus d serbu tuhh... Temen2 n keluarga gue juga semangat kesana tuh... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyah okeh bgt emang promonya. Gw jarang pdhl beli garuda klo bukan business trip..hahahaha

      Delete
    2. Iyah okeh bgt emang promonya. Gw jarang pdhl beli garuda klo bukan business trip..hahahaha

      Delete
  6. Ini worth it banget ya...gw masih berdoa gw masih bisa jalan ke Ternate :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. worth biangettt...gw jd menanti2 GATF berikutnya nih

      Delete
  7. wajib datang nih untuk tahun 2016 , makasih tips nya mbak

    saat nya berburu tiket domestik ah..

    ReplyDelete
  8. Mbaa mau tanya, kalo ga ada kartu BNI bisa bayar dgn cara lain gak ya? Thanks :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisaaa..pake Debet BCA atau kartu kredit yg laen tapi harganya bedaaaa

      Delete
    2. Halo Vari makasih ya udah di jawab, beda harganya jauh ga ya btw? Kalau pake Debit BNI apa harganya sama?

      Oh iya kalo beli tiket terpisah bisa gak ya? Misalnya pameran di jakarta tapi beli tiket penebangan dari bali ke jakarta?

      Makasih sebelumnya :)

      Delete
    3. yg dapet cashback promonya cuma kartu kredit BNI kalau tahun ini.
      Jadi debit BNI ngga ngaruh.
      Beli tiket terpisah bisa

      Delete

Boleh kok komen apa aja, nanya apa aja, curcol jg boleh. Minta di blogwalk jg boleh. Yang ga boleh itu pasang link ke website jualan ya. Tolong punya etika, jangan numpang iklan gratisan.

Spam komen link jualan = Delete.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Booking.com
Gadgets By Spice Up Your Blog