badge

Kuliner Sunda : RM Ciganea di Tol Cipularang

Interior RM Ciganea.
Weekend kemarin kita liburan singkat ke Bandung dalam rangka lebaran dan pergi pulangnya kita makan di Tol Cipularang, tepatnya di RM Ciganea yang menyajikan masakan Sunda. Ini bukan pertamakalinya sih kita makan disini tapi udah sering dan eh ternyata mosok belum pernah ditulis di blog ini dong baru nyadar setelah pulang dan kita ngga pernah foto selama makan disini, makanya fotonya dari beberapa web lain aja deh, gapapa yah.

Baru tau loh di RM Ciganea ini ternyata menjual hidangan unik dan enak yang namanya Malon goreng (Manuk londo, manuk= burung,Londo= bule, basa Sunda). Rasanya enak banget!. Mirip bebek tapi lebih empuk, bumbunya gurih pula lengkap dengan lalapan dan cocolan sambel yang nikmeh bikin kringetan. Biasanya cepet abis ini menu jadi begitu nyampe harus langsung nanya ke pelayannya; "Malonna aya kang?".

Sok ikrib aja. Oiya porsinya 1 Malon lumayan gede lah tapi abis kok sendiri, lebih gede ukurannya dari burung puyuh yang juga disediakan di RM Ciganea ini.



Menu standar RM Ciganea.
Penyajian di restoran ini mirip dengan di restoran Padang daripada resto Sunda, yaitu dengan penyajian langsung semua menunya ke meja pengunjung sehingga kita bisa langsung comot sendiri apa yang dimakan dan hitung belakangan. 
Oiya RM Ciganea ini ada di 2 tempat kalau Rest Area Tol Cipularang. Kalau dari arah Jakarta, RM Ciganea ini berada di Rest Area KM 72 dan kalau dari arah Bandung adanya di Rest Area KM 88.

Sekadar tips, yang di KM 88 pelayanannya lebih oke, cepat dan sambelnya juga lebih banyak dan pedas. Makan bertiga dengan menu nasi, 3 malon, lalapan dan sambal itu total Rp 170 ribu.


UPDATE PER AGUSTUS 2015:
RM Ibu Haji Ciganea di rest area KM 88 sudah berubah nama jadi RM Ibu Haji Cijantung, karena masalah hak waris keturunannya (gosipnya), dan Restorannya juga jadi lebih cupu, panas, gubukan dan pelayanannya SUPER LELET!!!. 
GAK REKOMEN LAGI untuk makan yang di rest area 88 ini. Mendingan cari tempat lain deh beneran.


Photo Credit:
Interior RM Ciganea dari sini
Malon goreng dari sini.
Menu Ciganea dari sini.

RM Ciganea 
Jl. Pemuda, No. 31 RT. 14 RW. 06, Depan Gerbang Tol Jatiluhur
Purwakarta
Jawa Barat 41161, Indonesia

Buka:  7.00 - 22.00





9 comments:

  1. Saya langsung ngiler liat sambel nya mbak.

    Saya memang sambal-ist sejati.

    Nanti akan coba dijajal kalo kebetulan mampir di km 88 deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh kmu tinggal di bandung ya? Abis kok di km88?. Anyway saya suka sambel tapi ga kuat kepedesan, buat yg gila sambel mungkin ini kurang pedes kali yah. Saya suka juga sambal di RM Cikawao di Bandung tuh, sedep banget..

      Delete
  2. aku lg pgn bgt makan lalapan pas baca ini kuliner Var.. jadilah suami hrs nyariin RM Sunda malam ini utk mkn malam :D .. btw, malon nya bikin penasaran pgn nyobain...

    ReplyDelete
  3. Hahaha..iya fan..enak malonnya..gurihhh. Kalo di Jakarta sih gw suka RM Sambara ya buat masakan Sunda

    ReplyDelete
  4. Hallo Bloger.

    Ada info tentang Lomba blog "Why Macau".

    Berhadiah jalan- jalan gratis ke Macau & Grand Prize iPhone 5C.

    Dapatkan hadiah jalan - jalan gratis ke Macau & door prize 1 unit iPhone 5c! Ikuti lomba blog "Why Macau” dengan klik link berikut ini http://bit.ly/WhyMacau .
    Caranya mudah, cukup membuat artikel berisi keinginan untuk pergi ke Macau. Sertakan foto atau video agar tulisan lebih menarik. Topik nya bisa tentang kuliner, objek wisata, kebudayaan, dan tempat loh.

    Jangan sampai ketinggalan yah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih infonya yah, kebetulan duah 3x ke Macau jadi udah ngga kepengen lagi kesana, kalo ada kontes berhadiah ke Peru mungkin saya tertarik ikutan :)

      Delete
  5. Saya tertarik dengan postingan anda ini, informasi kuliner yang menarik nih. Jadi ingin coba!
    Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis yang bisa anda kunjungi di
    Informasi Seputar Indonesia

    ReplyDelete
    Replies
    1. oke mas reza, thank u udah mampir, lgsg cus kesanaaa

      Delete
  6. Saya tertarik dengan tulisan anda yang berjudul "Kuliner Sunda : RM Ciganea di Tol Cipularang".
    Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai Pariwisata yang bisa anda kunjungi di Pariwisata Indonesia

    ReplyDelete

Boleh kok komen apa aja, nanya apa aja, curcol jg boleh. Minta di blogwalk jg boleh. Yang ga boleh itu pasang link ke website jualan ya. Tolong punya etika, jangan numpang iklan gratisan.

Spam komen link jualan = Delete.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Booking.com
Gadgets By Spice Up Your Blog