badge

Bismillah, langkah awal dulu aja


Akhirnya setelah menunda sekian tahun, hari ini buka juga tabungan Haji di Bank Muamalat. Sebenarnya dana sih ada ya tapi entah kenapa mungkin merasa belum cukup keimanannya buat melakukan ini, tapi setelah ngobrol dengan beberapa temen dan juga dengan pasangan genk Loney Lanet yang bakal berangkat haji tahun ini (eh, ada tahun depan ya?) plus baca blog beberapa orang yang menyatakan sekarang antre quota haji bisa 10 tahunan lebih jadilah saya pikir oke kemungkinan berangkat masih lama, masi cukup waktu buat nambah keimanan, nambah niat, nyiapin hati..walopun kayaknya kalo dari segi fisik ngga yakin sih ya bok itu 10 tahun lagi eke udah tambah doyot lah ya dari sekarang secara bakalan udah kepala 4 kan tuh umur. Itupun masih insya Allah kalau masih dikasi umur sampe segitu...Amiin yarabbal allamiinn.

Pilihan buka di Bank Muamalat sebenernya cuma karena punya deposito disitu dan kebetulan hari ini ngurusin rekening disitu, secara terakhir ngeprint buku itu setahun yang lalu yah jadi tadinya mau break deposito terus masukin ke rekening Haji tapi ternyata tanggal Jatuh temponya masih 2 minggu lagi. Jadi akhirnya malah ngurusin yang lain juga termasuk ganti Kartu debetnya jadi Gold Shar-e ( ngga ngerti juga bedanya apa), ngaktifin internet bankingnya (ternyata transfer antar banknya bayar, ngga kayak kalo pake bank ini yg gratis transfer ke bank manapun), buka rekening Haji ini sampe bikin simulasi DPLK.
Emang impulsif banget deh jadi orang ya. Di bank aja serasa di mall..pengen ini itu dadakan. Terus si embak CS nya juga baek, cantik pula pake jilbabnya, namanya An Nisa, duile harus gitu kali ya kalo kerja di bank syariah, ngga kayak yang kerja di bank yahudi amerikah yang petakilan ginih, hihihi.

Anyway info lebih lanjut aja untuk Tabungan Haji Arafah ini untuk pembukaan rekening minimum saldonya Rp 250.000,- dan saat ini untuk bisa dapat quota porsi Haji dari Departemen Agama itu jika sudah mencapai Rp 25 juta dan itupun ngga otomatis sebenernya, kita harus ke Bank Muamalatnya lagi untuk pendebetan dana tersebut ke DepAg lalu urus dokumen juga ke Kelurahan karena kan paspor haji beda dengan paspor biasa. Lalu nomor urut baru ditentukan kapan keberangkatan dari DepAg ya setelah semua dokumen itu beres. Detilnya gimana sih sejujurnya saya juga belom browsing, hahaha entar aja. 

Kelebihannya dari Tabungan Haji Arafah ini adalah sifatnya Wadi'ah jadi hanya kita menitipkan ke bank untuk keperluan haji sehingga tidak dikenakan biaya admin apapun. Tapi ya ini juga jadi kekurangannya, kita juga ngga dapat bagi hasilnya seperti Tabungan syariah lainnya yang ada di Bank Muamalat. Selain Muamalat, bank syariah lain yang menerima setoran dana haji untuk tahun 2014 bisa dilihat disini.

Ya udah segitu aja semoga lancar. Bismillah. Bukan pamer yah ini, sekedar sharing...lha wong isi tabungannya itu baru Rp 250.000, kapan nyampe Rp 25 jutanya juga...dududu.

PS: postingan ini tidak mengendorse Bank Muamalat dan murni berdasarkan pengalaman sendiri.



2 comments:

  1. Sudah berapa kali niat mau nabung haji, tapi selalu saja diurungkan. First step always matter yah Mbak.... I should also start ASAP

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya begitulah, selama ini klopun uangnya ada selalu mikirnya : tarsok, belom siap.
      Tapi klo dipikirin kpn siapnya ya?.
      Semoga aja bisa lancar deh semua.
      Thx for visiting ya cipu

      Delete

Boleh kok komen apa aja, nanya apa aja, curcol jg boleh. Minta di blogwalk jg boleh. Yang ga boleh itu pasang link ke website jualan ya. Tolong punya etika, jangan numpang iklan gratisan.

Spam komen link jualan = Delete.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Booking.com
Gadgets By Spice Up Your Blog