badge

Bogor Trip: Highland Park Resort - The Mongolian Camp

Udah lama banget pengen nyobain nginep disini sejak ada promonya di Groupon. Tapi terus ya gitu lah ngga sempet mulu kebanyakan kerja...hohoho. Terakhir liburan kita ke Bali sama Lolo, Riana, Lia dan Yuli. Belom sempet ditulis sih soal liburan ke Bali ya masih draft di Notes iPad aja dari 3 minggu yang lalu. Tapi bener sih tahun ini dibanding tahun-tahun sebelumnya itu jumlah liburan kita saya menurun drastis. Apa kabar daftar liburan 2013 yang udah dibuat ini yah? Hehehe. Tau deh tapi yang pasti jadwal cuti masih ada 18 hari kerja untuk tahun ini.

Akhirnya wiken kemarin sebelum puasa disempatin juga liburan singkat ke Bogor dan menginap di The Highland Park Resort - The Mongolian Camp ini kita barengan ibu saya, ponakan-ponakan dan maminya, walaupun sebenarnya agak ga jelas juga rencana awalnya, pake hampir salah booking segala pula.
Karena udah mepet banget bookingnya, cuma H-1 jadi agak susah dapetin website yang masih tersedia kamarnya. Web Agoda langganan kita pesan hotel online udah ngga tersedia kamarnya. Akhirnya nemu di Go Indonesia masih ada, harganya lumayan sih Rp 1,47 juta/malam untuk kamar camp Standard dan 1,76 juta/malam untuk kamar camp deluxe, tapi belum termasuk pajak. Namun entah kenapa bolak balik ngga berhasil pesan eh tau-tau udah habis kamarnya. Jadilah diputuskan go show aja nyari kamarnya.

Sewaktu di jalan akhirnya berhasil juga kita pesan kamar di Highland Park Resort - The Mongolian Camp ini lewat cara old fashioned: telpon. Hahahaha. Lumayan sih ya harganya Rp 2 juta/malam untuk kamar camp standard aja yang masih tersedia, itu pun tinggal satu, aren't we lucky?!.

Perjalanan dari kota Bogor ke Highland Park Resort - The Mongolian Camp ditempuh dengan 30 menit aja kalau tidak ada macet, karena hanya sekitar 12 km ke arah Barat Daya tapi kemarin karena kita dari Rumah Air udah macetnya ngga keruan, jadilah 2,5 jam aja gitu ngalah-ngalahin dari Jakarta ke Bogornya sendiri. Lokasinya ternyata tidak jauh dari Gunung Salak, tempat jatuhnya pesawat Sukhoi itu lho.
Jalanan untuk menuju Highland Park Resort - The Mongolian Camp ini sebenarnya tidak sulit:

Kalau dari kota Bogor, patokan yang bisa digunakan adalah dengan mengitari Istana Bogor, lalu melewati Jalan Ir. H. Djuanda, belok kanan memasuki Jalan Muara Empang, terus lurus sampai ketemu Jalan Kapt. Yusuf, ikuti jalan ini hingga ujung jalan berganti jadi Jalan Gunung Malang, lurus terus pasti ketemu deh.

Sepanjang jalan sih banyak Indom*ret dan Alfam*rt, juga warung/resto kecil kalau mau jajan untuk bekal selama di Highland Park Resort - The Mongolian Camp, karena pasti harga makanan di restonya lebih mahal kan, kita sih beli Aqua dan beberapa cemilan seperti roti, biskuit, coklat dan mie instan cup buat jaga-jaga aja kalau tiba-tiba kelaparan.

Pertama masuk gerbang hotel ini sudah lumayan kagum karena kita sampainya sudah sekitar jam 7 malam, gerbangnya ditutup dan dicek oleh sekuritinya apakah kita sudah ada reservasi dan mereka akan ricek ke resepsionis, setelah konfirm baru deh kita boleh masuk. Jadi seharusnya secara keamanan sih oke lah disini.

Lobby-nya sendiri agak jauh dari tempat parkir karena berada di posisi yang lebih tinggi, jadi yang turun buat check in cuma saya, suami dan ponakan-ponakan yang langsung ngacir main di Playground, soalnya nyokap dan adik saya yang lagi hamil tua udah males naik tangga dan jalan nanjak. Sewaktu check in baru tahu kalau dapat diskon 20% jadi harga per kamar Standard kita per malam itu Rp 1,6 juta. Kalau punya kartu kredit M*ndiri diskonnya jadi 30%, tapi kayaknya ini mah cuma akal-akalan montir aja deh, emang harga sebenernya ya Rp 1,6 juta aja dan biar orang senang dibilang diskon dari 2 juta, yah namanya taktik marketing kan ya ini namanya Sales Pitch, hahahaha.

Dari lobby kita bisa pesan untuk koper-koper kita, nyokap dan adik saya dijemput dengan Golf car, karena lokasi kamar kita ternyata paling ujung nun jauh disana, kamar 133, seperti biasa kami berdua memang langganan dapat kamar paling jauh/ujung lokasinya. Untuk bolak balik dari kamar ke lobby/kolam renang/resto memang disediakan layanan antar jemput dengan golf car ini karena jarak kamarnya memang cukup jauh, dan bertangga-tangga kalau menuju lobby/kolam renang/resto. Enak sih jadi ngga cape jalan kakinya *pemalas*.

Kenapa dibilang Mongolian Camp? Ya karena kamar-kamarnya itu dibuat berbentuk seperti tenda pasukan Mongol, saya sih belum pernah lihat tenda Mongol yang asli jadi percaya aja. Jadi pengalaman menginap ala tenda Mongol ini yang jadi jualan utama resort ini. Ada 3 tipe kamar;
  • Camp Standard yang bisa menamping 6 orang dewasa, posisinya berada berderet dari setelah kolam renang, jumlahnya paling banyak.
  • Camp Deluxe yang bisa menampung 4 orang, eksterior dan interiornya (katanya) lebih ekslusif, secara letaknya juga lebih ke atas lagi.
  • Dormitory/ asrama, bisa muat lebih dari 10 orang, modelnya seperti barak sih ya, tapi saya ngga ngintip dalamnya tapi yang pasti kamar mandi di luar.

Sebenarnya karena saya sebelumnya udah melakukan riset untuk Highland Park Resort - The Mongolian Camp ini jadi ngga terlalu suprise dengan keadaan kamarnya, sementara suami saya yang memang dari awal cuma tau kita mau nginep di tenda Mongol, dan udah menurunkan ekspektasi kalau kita akan tidur di tenda beneran dengan beralaskan rumput (hahaha lebay banget deh dia) jadi dia agak kaget juga waktu di resepsionis kok bayarnya jut-jutan, eh ternyata pas masuk kamar tendanya itu lantainya marmer, tempat tidurnya spring bed, ber-AC pula!. Hahaha kaget dong dia. Ini dia penampakan luar kamar kita :
Ini Camp kita #133

Mom dan cucunya di pagi hari.
Kamar Camp Standard yang kita inapi sebenarnya lumayan besar, disediakan twin bed untuk 2 orang dan 4 buah sofa bed single untuk 4 orang. Kita sih cuma pakai 2 sofa bed aja habis kan tidurnya cuma 4 dewasa sama 2 krucil aja. Secara kualitas dan fasilitas kamar sih standar ya, berikut yang tersedia:
- AC Split
- telpon kamar
- LCD TV 32 imch lengkap dengan layanan TV kabelnya.
- kamar mandi dengan lantai dan dinding marmer
- pancuran dengan air hangat
- toilet dengan jet spray
- teko listrik untuk masak air panas
- sachet teh, kopi, gula dan krimer.
- gelas untuk minum kopi atau teh beserta sendok kecilnya 2 set.
- Air mineral dalam botol 2 buah, diberikan setiap hari.
- handuk 2 buah, sisanya harus rekues ke housekeeping.
- keset handuk
- sandal kamar 2 buah. Bisa rekues untuk minta lebih.
- Toiletries seperti sikat gigi, shower cap, sabun cuci tangan, sampo dan sabun cair.
- sprei untuk menutupi sofa bed dan juga bantalnya, ini harus rekues via telpon ke housekeeping
- Sajadah, ini juga harus rekues ke housekeeping.
- Jemuran baju, ini pun harus rekues ke housekeeping.
Tapi sayangnya kita perhatikan juga dengan harga kamar segitu, harapannya kan fasilitas kamar dalam keadaan prima ya, tapi ternyata ada beberapa kekurangan di kamarnya ;
  • Air panas/ hangat tidak stabil, bisa tiba-tiba dingin.
  • Lantai kamar mandi sangat licin karena terbuat dari marmer, minta ekstra keset kaki yang terbuat dari handuk lagi, terutama untuk dibawah pancuran mandi.
  • Tidak ada kulkas mini untuk simpan cemilan/minuman kaleng/botol supaya tetap dingin.
  • Secara kualitas bangunan ini kamar sama sekali tidak aman karena hanya terbuat dari bambu dan kayu sebagai tangga, lapisan dinding dari luar terbuat dari terpal tebal dan bagian dalam dilapisi kain furing warna - warni. Benar-benar fire prone. Kalau dibandingkan dengan harganya jadi kemahalan ya.
Istal kuda.

Dari sisi fasilitas resortnya sendiri memang dimanjakan buat anak-anak, makanya saya bilang kalau honeymoon/ beduaan aja sih ngga cocok. Buat outing kantor mungkin juga cocok (dimana dengan harga per malamnya yang lumayan itu bisa dibayarin kantor), hehehe. Fasilitas di Highland Park Resort, The Mongolian Camp ini ada :
  • Gratis WiFi di...lobby ajah.
  • Restoran yang kalau malam ada penyanyi dan mini band-nya. Kita nyobain makan disini waktu malam kedatangan saking udah males keluar resort lagi, secara rasa ngga ada yang istimewa sih, kita pesan sop buntut, chicken steak, mushroom soup dan french fries. Plus minumnya es teh manis dan mineral water. Total bayarnya Rp 230 ribu. Lumayan mahal untuk rasa makanan yang biasa aja.
  • Mini market.
  • Lapangan bola.
  • Meja bilyar, ping pong dan fuzzball.
  • Ruang meeting dan balairung pertemuan.
  • Playground outdoor ( ayunan, panjatan, seluncuran/perosotan, kuda-kudaan)
  • Kolam renang yang memang dibuat untuk anak-anak karena tidak terlalu dalam, antara 90 cm -1,2 meter aja sepertinya. Tapi ada 2 perosotan besar yang lumayan seru, yang satu lurus doang kebawah, satunya lagi agak muter-muter dan ada juga pancuran pakai ember raksasa macam di waterbom.
  • Naik kuda keliling resort, bayar kalau ini, Rp 30 ribu. Kita juga bisa lihat istal kudanya yang seadanya.
  • Flying fox. Ini juga bayar lagi tapi ngga tau berapa ya lupa nanya.
  • Rumah bibit/ tanaman bunya
Jalan pagi
Akur pagi-pagi.
Jatah sarapan diberikan untuk per kamarnya buat 2 orang dewasa dan 2 orang anak- anak, kalau mau nambah orang, bayar lagi Rp 65 ribu. Kebetulan kemarin akhirnya yang pergi sarapan jadinya suami, adik saya dan anak-anaknya. Menurut suami sih rasanya biasa aja, walaupun variasinya cukup banyak ; nasi kuning beserta lauk pauknya, sosis dan aneka telor beserta pilihan roti dan selai, bubur kacang ijo, bread puding, bubur ayam, berbagai sereal, mie ayam, aneka jus (sirup), aneka buah, susu, kopi dan teh. Saya dan ibu sarapan di kamar aja soalnya udah ada juga bekal roti, susu, kopi, mie instan yang tinggal seduh. Berasa rugi mau ikut bayar sarapan yang rasanya biasa aja tadi itu.
Oiya saat kedatangan dapat welcome drink, cuma jus jeruk aja sih, tapi yang menarik itu ada gratis bandrek dan jagung rebus di depan resto saat menjelang malam. Tapi ngga tau deh apa karena kemarin itu pas ada karena malam minggu atau tiap malam disediakan. Lupa mau nanya.
Pagi-pagi kita jalan menyusuri resort, sekalian foto-foto, pemandangannya cantik banget sih memang dengan latar Gunung Salak, udah gitu udaranya segar. Mampir jalan kaki ke kebun bunga, istal kuda, terus dikasih tau sama petugasnya kalau di dekat sini ada air terjun (Curug) Nangka sekitar 1 Km jalan kaki, tapi males juga sih mengingat bawa 2 batita, ibu hamil dan nenek-nenek begini yah kita.

Lalu kita sempet nemenin krucil yang gede mau berenang. Tapi ya ampun air kolamnya dingin banget!, cuma kok ya anak-anak kecil itu pada tahan ya, saya cuma duduk aja di pinggir kolam, mau main seluncuran raksasa di kolam juga ngga berani, selain tinggi juga ngga tahan sama dinginnya air kolam. Tapi Rahel berani loh meluncur turun dengan perosotan itu, dipangku Rangga sih, tapi hebat deh sampai 2x walaupun yang kedua susah banget merayunya, karena Nenny belom lihat dan mau lihat cucunya meluncur. Sayangnya ngga sempat kefoto saking cepatnya meluncur, seharusnya di video aja ya.
test water.
Kita check out sekitar jam 12 siang, agak telat karena gantian golf car nya dengan kamar-kamar lain untuk angkut barang dan penumpangnya. Secara keseluruhan sih kita puas menginap di Highland Park Resort - The Mongolian Camp ini, tapi kalau ditanya mau datang lagi atau ngga, mengingat ngga murah dan jauh dari mana-mana ini lokasinya jadi kayaknya nanti dulu deh kecuali kalau bawa anak-anak atau outing dibayarin kantor itupun jangan dalam waktu dekat ya.

Tapi kita rekomendasikan sih buat yang belum pernah terus lagi cari tempat getaway semalam aja, keluarga dengan anak-anak kecil atau buat outing perusahaan.

Kp. Sinarwangi, Sukajadi, Kec. Tamansari, Bogor 16610 – Indonesia
Jl. Gunung Malang
Email: edfunture@thehighlandparkbogor.com

12 comments:

1. iihhh...aku jg tertarik mw datang ke sini...tapi ga jadi2 ;p Secara suami ga ada waktu mulu... tp setelah baca reviewmu, agak kurang pgn jadinya ;p Intinya sih sbnrnya biasa ya...apalagi dgn harga segitu..

1. Iya mahal yah...tapi klo lg ada promo sih sikat ajah

Delete
  2. Mbak harga 1.6juta itu bisa masuk maksimal berapa orang ya? Atau dihitung 1 orang kena 1.6juta?

Replies
    1. 1,6 juta itu harga 1 kamar/tenda. Maksimalnya kalau yg biasa itu bisa 8 org dgn kondisi tidurnya dgn sofa bed yg 4 org. Tapi itu juga yg tidur di kasur musti yg badannya kecil2 karena kasurnya jg 2 biji doang jadi 1 kasur berdua.

3. mba update harga dong untuk 1 camp yang isinya 6 bisa muat 6 orang

Replies
    1. wah maap saya bukan agen hotelnya, bisa kontak langsung ke hotelnya aja ya, kan ada diatas

Delete
  4. Halo selamt pagi Mbak,harga per kamarnya bisa mencapai 1,3 jutaan kan kalau menginap disana?

ReplyDelete
  5. kalo cuman ke resort nya aja boleh ngak ?

6. kalo cuman ke resort nya boleh ngak ya

1. Ngga boleh karena begitu masuk akan ditanya bookingan kamarnya

Delete

Boleh kok komen apa aja, nanya apa aja, curcol jg boleh. Minta di blogwalk jg boleh. Yang ga boleh itu pasang link ke website jualan ya. Tolong punya etika, jangan numpang iklan gratisan.

Spam komen link jualan = Delete.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...