badge

Roadtrip dari Surabaya ke Banyuwangi

Kawah Ijen
Sebelumnya saya dan suami ngga pernah berpikir untuk jalan-jalan ke Kawah Gunung Ijen, yang terletak di perbatasan Bondowoso dan Banyuwangi, dan juga Taman Nasional Baluran dekat Banyuwangi, Jawa Timur ini.

Tadinya kita berencana untuk balik lagi ke Penang untuk program ke LWEH lagi tapi ternyata jadwal bulanan saya tidak pas, jadi saya ganti rencana untuk jalan ke pulau Bangka, walaupun saya udah pernah tapi suami belum pernah kesana. Tapi rencana ini juga kurang sreg karena untuk pemesanan transportasi yang mengingat waktu mepet jadi sulit dilakukan.

Akhirnya setelah iseng buka forum Trip di mailist forum Backpacker Indonesia, saya menemukan ajakan dari Keliling Nusantara untuk trip ke Kawah Ijen dan TN Baluran dengan tanggal dan harga yang sesuai rencana libur kita. Tinggal beli tiket pesawat/kereta ke Surabaya pulang pergi aja, yang akhirnya saya beli tiket berdua 3,6 juta, cukup mahal mengingat buruknya service yang maskapai ini berikan (delay selalu dan AC panas)
Peserta Keliling Nusantara
Paket seharga Rp 650.000,- yang ditawarkan Keliling Nusantara ini termasuk :
- Pemandu Wisata (Tour Guide) dari Tim Keliling Nusantara
- Kendaraan selama perjalanan berlangsung (AC); Pregio 12 seater
- Tiket Masuk Semua Destinasi Wisata
- Makan untuk 4 kali
- Penginapan di Taman Nasional Baluran (Non AC)
-Foto dokumentasi trip (di Copy di Flashdisk) ; yang akhirnya belum sempet dikasih.

Peta TN Baluran
Sementara Itinerary yang mereka berikan sebagai acuan kita adalah sebagai berikut:
Itenarary
Hari Pertama
20.00 – 21.00 : Bertemu di Meeting Point Surabaya – Briefing
21.00 – 00.00 : Perjalanan menuju lereng gunung Ijen.

Hari Kedua
00.00 – 05.00 : Tiba di Lereng gunung ijen – Istirahat
05.00 – 09.00 : Explore kawah ijen.
09.00 – 10.00 : Istirahat dan Sarapan pagi (Include).
10.00 – 15.00 : Perjalanan menuju Taman Nasional Baluran – Banyuwangi (Makang siang di perjalanan – Include).
15.00 – 17.00 : Tiba di savana bekol dan menikmati aktivitas hewan liar di sore hari.
17.00 – 19.00 : Menikmati matahari tenggelam di Pantai Bama.
19.00 – 21.00 : Bersih-bersih dan makan malam (Include).
21.00 – 00.00 : Mengamati aktivitas hewan di tepi pantai bama – bebas.

Hari Ketiga
05.00 – 06.00 : Bangun pagi.
06.00 – 08.00 : Mengamati aktivitas burung di watching birds area di lanjutkan dengan berenang di pantai bama dan mengamati terumbu karang di sekitar pantai.
08.00 – 10.00 : Sarapan pagi (Include) dan bersih-bersih.
10.00 – 20.00 : Perjalanan kembali ke Surabaya.
20.00 – 21.00 : Tiba di Surabaya dan Perpisahan.

Kita sampai di Surabaya hari pertama itu sekitar pukul 4 sore, karena delay sejam. Mampir di Tourist Information di bandara Djuanda untuk cari tahu enaknya kita mampir kemana selama 5jam kedepan, penginnya sih ke mall ajah karena males panas dan suami mau potong rambut. Akhirnya disarankan ke Royal Plaza yang dekat dengan Jatim Expo tempat ketemuan kita dengan Keliling Nusantara,dan ternyata juga dekat dengan basecamp-nya KN juga.

Kita ke Royal naik taksi bandara, 100ribu ajah gitu mahal banget deh, tapi males juga nyari-nyari pilihan lain. Menghabiskan waktu 3,5 jam di mall itu gampang banget ya, kita udah muterin ACE Hardware (sembari beli headlamp dan hadiah ultah suami; binocular, juga nitip segala tas backpack kita yang ribet banget kalo dibawa-bawa), suami potong rambut, muterin mall sampai sempat makan malam di Noodle Express (yang ternyata enak!).

Dari situ kita akhirnya naik becak ke basecamp-nya KN di Pegadaian Jl Stasiun Wonokromo (yang dibilang dekat kalau jalan kaki, ternyata kita berdua terlalu malas untuk jalan). Enaknya disini kita bisa numpang mandi dan nitipin bawaan yang bakal ngga kepakai di Ijen dan Baluran juga.

Qta menjemput peserta lainnya di Jatim Expo sekitar pukul 9 malam, dari basecamp seingat saya sih yang ikut selain kita berdua, ada juga namanya Wulan. Sampai di Jatim Expo sempet ketemu rombongan trip lain yang diangkut mas Misbach-KN, oiya rombongan kita ditemeninnya sama mas Hayun-KN, total peserta 9 orang (dijamin sih suamiku paling tua diantara rombongan ini, lawannya cuma pak supir aja yang memang sudah lumayan sepuh).

Perjalanan dimulai sekitar pukul 22.00, cuma kayaknya berkat Antimo, gak sadar juga sih beberapa kali sempat berhenti, pokoknya kalau ngga salah itu nyampe perhentian pertama (asumsi saya itu di Bondowoso? Hahahaha, lupa) sekitar waktu Subuh karena rombongan sempat berhenti lama untuk solat Subuh dan menunggu guide kami datang soalnya Hayun dan pak supir kayaknya ngga terlalu tau jalan ke Ijen dan Baluran ini. Dari situ hingga tiba di pos perhentian terakhir kira-kira masih naik mobil lagi selama 2jam, kita sampai di Ijen sekitar pukul 7 pagi.

Cerita lengkapnya tentang perjalanan ke Kawah Ijen ini bisa dibaca disini.
Gunung Baluran
Selepas perjalanan ke Ijen, tanpa makan siang kami langsung meneruskan perjalanan ke Taman Nasional Baluran yang terletak di kota Banyuwangi, kota besar paling timur di pulau Jawa. Namun akhirnya sekitar pukul 3 sore beneran ngga tahan deh harus berhenti untuk mengisi perut, karena makanan terakhir yang kita makan cuma Popmie di Ijen jam 10 siang itupun seharusnya sarapan.

Kita pun berhenti di rumah makan Depot Merpati dengan pilihan menu yang tersedia; Merpati goreng dan Bebek Goreng. Kita berdua pilih Merpati Goreng pastinya. Secara rasa sih lumayan, sambalnya ada 2 macam; pedas dan biasa. Setidaknya kita bisa numpang nge-charge ponsel disitu (nasib deh jalan jauh begini ngga punya PowerBank dan ngga bawa Iconia).

Sampai di Baluran sudah magrib, jauh terlambat sih dari jadwal seharusnya yangmana kita seharusnya punya waktu untuk jalan-jalan sore di Baluran ini, tapi ya sudahlah, capek juga. Tempat menginap kita namanya Resort Bama, lokasinya depan pantai Bama, ditempuh sekitar 40menit (12km) dari kantor depan TN Baluran. Cerita lengkap tentang kita di Baluran ini bisa dibaca disini.
Baluran ; Africa van Java
Hari terakhir kita siap-siap dari Baluran sekitar pukul 1 siang, setelah makan siang. Perjalanan darat nonstop dari Banyuwangi ke Surabaya ini ditempuh dalam waktu 9,5jam dengan beberapa kali berhenti untuk ke toilet dan isi diesel, ngedrop guide kita mas Dodi di Bondowoso dan juga makan malam di Paiton (yang mana cuma rumah makan nasi rames biasa tapi enak-enak banget menunya ada udang bakar, cumi masak tinta, kari ayam) sembari nonton pertandingan bola antara Indonesia vs Kamerun (cuma bentar sih). Dari Paiton ke Surabaya sekitar 100km lagi, atau sekitar 3 jam kurang lewat tol Gempol.

Kita tiba di Basecamp KN pukul 22.45, lebih cepat setengah jam dari perkiraan GPS di ipad saya, hebat memang pak supir kita ini, staminanya juara!. Selama perjalanan saya jarang tidur, sempat 2x nonton film: Exit Strategy dan Man on the Ledge di ipad, sementara suami bolak balik pulas.

Kamar di F*ve Hotel
Di Surabaya kita menginap di F*ve Hotel, ditengah kota, dekat Tunjungan Plaza. Nyesel banget nginap disini, selain tarifnya ngga murah juga (448rb termasuk pajak, beli di Agoda) kebersihan hotelnya kurang, karpet jarang disedot (bau debunya menusuk), AC ngga dingin, hot shower juga kurang kencang dan kadang-kadang dingin sendiri, Listrik bolak balik mati saat saya lagi di lift pula!.

Anyway, penerbangan kita pulang ke Jakarta sempat kena delay lagi, padahal kita sudah buru-buru berangkat dari hotel jam 9 pagi, jadi ngga sempat berleyeh-leyeh kan.

1 comment:

Boleh kok komen apa aja, nanya apa aja, curcol jg boleh. Minta di blogwalk jg boleh. Yang ga boleh itu pasang link ke website jualan ya. Tolong punya etika, jangan numpang iklan gratisan.

Spam komen link jualan = Delete.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...