badge

Rafting Pertama Kita !!

Iya gw taauu, pasti pada komen kan: kemana aja loe hari gini baru rafting?! Hahaha. Persis seperti komen salah satu sohib kita : Lolo, waktu kita kasih tau bahwa ini adalah rafting pertama kalinya buat saya en suami, tapi kalo maen di wahana Arung Jeram di Dufan udah sering kok (halah). Ngga tau deh ya, jaman dulu waktu lagi super ngetrend-nya rafting kita tuh adaaa aja kejadian yang akhirnya ga jadi-jadi rafting. Kesian deh...

Anyway, jadi begitu diajak Bebe untuk ikutan lagi outing kantornya ( iya gw tau aneh banget ya gw ngintilin outing kantor orang), langsung ga pake mikir saya jawab "iyak, ikut" ( padahal belom bilang suami). Emang dasar murahan sih kalo soal diajak jalan-jalan, ga pake mikir jawabnya. Hehehe. Udah gitu dengan ga tau dirinya, asik-asik aja gitu saya ajak si Lolo untuk ikutan, secara dia sama murehnya sama gw urusan jalan-jalan. Yang lebih ga tau diri lagi ini bocah juga ngajak pacar (uhuk) pula.Lengkap.

Akhirnya disuatu hari Sabtu ceria di awal Februari 2012 ini (tepatnya kemarin), kita melanconglah ke Sukabumi, tepatnya ke Sungai Citarik yang sudah kondang ...

....dengan aktifitas arung jeramnya, terbukti dengan banyaknya operator rafting di sepanjang jalan kenangan menuju tempat kita rafting itu. Berangkat dari kantor MAP di BNI tower, Sudirman sekitar jam 7 pagi (padahal di email ditakut-takutin jam 6 pagi kalo telat di tinggal...huh, dari rumah udah main Gran Turismo aja deh suami nyetirnya, bayangin aja dari rumah Lebak Bulus itu 5.45 pagi, nyampe situ jam 6.05! gmana gak ngebut?!). Karena banyak yang belom nongol akhirnya kita berdua makan ketupat sayur dulu. Jam 7an baru deh bis jalan, selama di perjalanan suplai makanan gila-gilaan banyaknya, mulai dari lontong, roti unyil,  kripik-kripik, ga tau deh apaan lagi karena kita sempet ketiduran.
Fasilitas di Caldera Rafting
Nyampe Citarik sekitar jam 11:00-an. Operator yang dipilih anak-anak MAP ini sendiri adalah Caldera. Tempatnya sih lumayan bagus kalau dibandingin dengan operator lain, baru di renovasi kata Bebe. Penilaian saya berdasarkan tampilan bangunan luar yang tampak baru, kamar mandi yang jumlahnya cukup banyak dan yang paling penting; bersih! Lengkap dengan shower (tanpa air hangat sayangnya) dan sabun cair. Yang kurang selain fitur hot shower, adalah ngga ada layanan pijet abis rafting, hehehe. Oiya, tas dan peralatan berharga lainnya bisa dititipkan di loker yang bayar sekali buka doank. Lupa berapa bayarnya karena kita pun nitip.

Kita nunggu lumayan lama ada kali 3 jam ya, udah laper banget! mengisi waktu dengan foto-foto, ngemil pisang goreng, tahu goreng dan teh manis anget yang disediakan Caldera.Baru sekitar jam 13:00 kita digiring untuk pakai jaket pelampung dan helm. Jaket pelampungnya tersedia dari ukuran S sampe XXL. Demikian juga dengan helm-nya ada beberapa ukuran, saya untuk keduanya pakai ukuran M sementara suami jaketnya ukuran L dan helmnya M.Yang bikin menderita adalah : helm-nya baaauuu!!..yuck! asli ganggu banget deh baunya. Gak pernah dicuci deh kayaknya. Oiya, karena saya pakai kacamata minus, disarankan untuk minta karet pengikat kacamata di Lobby, gak keren sih bentuknya cuma karet gelang biasa disambung-sambung dan diikat ke kacamata saya.

Setelah semua siap, termasuk dibagikan dayung, kita berbaris sesuai kelompok perahu karetnya, kami berempat ; saya, suami, Lolo dan Adi beserta 2 guide kami jadi total berenam dalam 1 perahu karet. Lalu kami beserta kelompok-kelompok lain  diberikan petunjuk alias instruksi cara mendayung, komando apa yang biasa dilakukan guide, dan hal-hal lain yang harus dilakukan jika dalam keadaan darurat, dimana seperti biasa secara sukses semua instruksi tadi saya lupakan dengan segera (bener-bener short term memory lost banget!). Ada beberapa kelompok lainnya di luar kelompok outing MAP, yang ternyata ada 2 orang temen kuliah dan temen sekolah suamiku dimana mereka bergabung dalam kelompok reunian SMPnya, lucu banget loh mereka kompakan pake T-shirt gitu.

Setelah intruksi kita selesai, kita digiring oleh instruktur kita ; Mang Udi (gak pake "K") ke mobil bak (iya mobil bak!) menuju tempat perahu karet kami dan tempat memulai arung jeram ini. Ini ya, naik mobil bak aja udah kayak naik wahana di Dufan, ngeri bo..mana jalanannya mayan jauh, ajrut-ajrutan, naik turun bukit, tanpa pegangan, di jejerin aja gitu kita semua kayak kambing siap dipotong kurban. Hahaha..seru..sampe tempatnya pantat gw berasa aneh, wkwkwkwk. Eh ternyata belom sampe ding, masih harus jalan kaki lagi melewati pematang sawah (apa? sawah?!..iya sawah...komplit kan?!) sekitar 1 km kurang, barulah ketemu itu sungai beserta perahu-perahu karet kita. Yey!

Bersiap-siaplah kita bersama Mang Lalan dan Mang Rohman, diulang lagi sebentar instruksinya, saya dan Lolo duduk di baris kedua sementara cowok-cowok itu duduk didepan. Paket yang diambil adalah Paket Alligator ; 9 km, seharusnya jika debit air lumayan banyak bisa berlangsung selama 2 jam, tapi pada hari itu sepertinya walaupun setiap hari hujan di Jakarta ternyata debit air terhitung normal sehingga kita berarung jeram hanya sekitar 90 menit, tapi seru banget!. Ada sekitar 20 jeram yang kami lalui, dan semuanya diberi nama ; Ada Jeram Ayu, Jeram, Rocky, Jeram Guntur dan sebagainya bisa dilihat disini daftar nama Jeramnya :

Yang bikin tambah seru, 2 Guide kita yang super kocak itu berusaha untuk membalikkan perahu karet kita (walaupun di awal naik, saya udah wanti-wanti ; jangan dijeburin ya), tapi gak mempan donk, kegigihan handal duo Rangga- Adi untuk mempertahankan perahu kita tetap stabil patut diacungi jempol. Plus mungkin juga segala ancaman tolol gw untuk menuntut Calder jika terjadi sesuatu terhadap kami mungkin memberikan efek moral ke si mang Udi dan Rohman (mereka mungkin pikir; kenapa ada tante gila ikutan rafting ini) hahahaha...Ini mulut sampe aneh rasanya ketawa dan jejeritan mulu selama rafting 90 menit itu.

Setelah selesai berarung jeram, kita disuguhi dengan Air kelapa muda yang segerrr..sayang gak ada cemilan. Ditempat berhentinya ini ada toilet tapi tidak terlalu bersih dan gelap. Habis itu kita kembali donk ke markas Caldera naik mobil bak alias pick up yang sama. Langsung mandi dan ganti baju, dan makan siang!..
Makan siangnya ueeenaak banget (secara udah jam 3 sore baru makan siang ya, udah mau mati kelaparan, semua makanan terasa lebih enak), kita disuguhi hidangan Khas Sunda (seperti tebakan suami ; pasti ada ayam goreng), Sayur Asem, Lalapan, Ikan Asin teri, tempe- tahu goreng, karedok dan sambal terasi yang super enaaaak!. Nyem..nyem. Ada es cincau-nya juga sih tapi kita kurang doyan, rasanya agak hambar kurang manis.Habis makan, kita leyeh-leyeh sebelum akhirnya siap-siap pulang ke Jakarta.
Menu Makan Siang

Untuk foto-foto yang disediakan oleh Caldera sendiri tentunya gak termasuk paket rafting yang sudah dibayarkan tapi musti bayar lagi. Paketnya 1 perahu dapat 4 foto dicetak ukuran 10R dan CD berisikan semua foto dalam 1 perahu karet. Jadi musti diinget banget nama guide di perahu karetnya siapa karena foto-fotonya disimpen di folder komputer mereka berdasarkan nama guidenya. Oiya juga sertifikat dari Calder, ga penting sih :) kayak gini nih :

Perjalanan kesananya sendiri sih cukup gila, gila lamanyaaaa...macet booo, apalagi perjalanan pulangnya, beh.. untungnya pas perjalanan pulang saya sempat terhibur dengan Starbuck Hot Chocolate diskon karyawan MAP 20% (ya iyalah pergi se-bis dengan anak MAP rugi banget gak nebeng diskonan..xixixixixi).
Foto Keluarga MAP + kita, hehehe (foto dari Bebe)

Oiya buat yang belom pernah rafting alias Rafting virgin kayak kita dan butuh tips berikut ini beberapa tips berarung jeram dari kita (yang baru sekali rafting tapi lagaknya kayak udah sering, bagi-bagi tips gini) :
- Datanglah sepagi mungkin karena mereka mulai rafting berdasarkan siapa yang datang duluan aja.
- Bawa cemilan secukupnya untuk perjalanan kesana dan juga selama disana, walaupun dapat snack dan makan siang ya siapa tau kayak kita yang doyan makan ini gampang kelaparan.
- Pakai T-Shirt yang nyaman dan celana pendek yang bahan ringan (jangan bahan jeans atau kanvas), bawa baju ganti karena pasti basah kuyup.
- Pakai sendal gunung/ sepatu karet (yang asli Crocs atau tembakan juga gapapa, hehehe), asal jangan sepatu keds (kalau udah basah, males deh ngeringinnya), sendal jepit (resiko ilang kalau ternyata perahu kebalik), apalagi sepatu hak tinggi (entar bocor tuh perahu karetnya).
- Kalau pakai contact lens, sebaiknya dilepas dulu, ganti kacamata aja (lebih baik lagi kalau punya strap kacamata sebaiknya dipakai).
- Jangan lupa bawa handuk, perlengkapan mandi dan kantong plastik cadangan untuk tempat baju basah.
- Kalau narsis dan punya kamera tahan air silahkan dibawa tapi pastikan pegangan strapnya cukup kencang di leher atau di tangan karena bisa aja itu kamera lompat ke air kalau terlepas pegangan saat terjadi lonjakan perahu.
- Kalau narsis dan gak punya kamera tahan air, saya sarankan seperahulah dengan yang punya, hahahaha. Ngga ding, jangan kuatir, hampir di setiap pengkolan jeram yang besar ada fotografer dari Caldera yang siap menjepret (jepretnya gratis, nebusnya bayar!).
- Kalau punya dry bag sebaiknya dibawa aja, kalau pede mau bawa ponsel ke perahu sih terserah ya.

Have Fun!

7 comments:

1. hahah keknya perlu di coba nih!! hehe seru!

Fika

ReplyDelete
  2. thanks for the review...
    it's really something for us :)

kapan2 k Caldera lagi ya :)

regards,
    Caldera management

Replies
    1. Your welcome..jgn lupa; hot shower, tempat pijet sama cuciiii tuh helm2nyaaaa :)

Delete
  3. kunjungan gan .,.
    Menjaga kepercayaan orang lain lebih penting daripada membangunnya.,.
    di tunggu kunjungan balik.na gan.,.

4. Mau Rafting bersama Caldera Rafting ada promonya loh di Bingkis

5. ini liburan menantang
    mencoba rafting di sungai
    makasih infonya

ReplyDelete

Boleh kok komen apa aja, nanya apa aja, curcol jg boleh. Minta di blogwalk jg boleh. Yang ga boleh itu pasang link ke website jualan ya. Tolong punya etika, jangan numpang iklan gratisan.

Spam komen link jualan = Delete.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...