Minggu, 29 Januari 2012

NZ Trip : Memilih Kartu Prabayar di New Zealand

Salah satu yang harus dipikirkan dan dipertimbangkan saat melakukan perjalanan ke New Zealand adalah menggunakan kartu prabayar/ SIM Card prepaid untuk ponsel atau smartphone kita. Males kan udah hidup ngirit selama perjalanan, gak taunya sewaktu pulang tagihan ponsel melambung lebih mahal dari harga tiket pesawat ke NZ (ini berlaku untuk yang pakai layanan paskabayar sih, kalo prabayar ya udah otomatis harus punya pulsa dulu untuk bisa international roaming biasanya).

Untungnya mudah sekali untuk membeli/mendapatkan kartu SIM prabayar di New Zealand. Operator yang pertama akan dilihat di bandara adalah Vodafone. 
Sementara di New Zealand sendiri ada 3 operator telco yang menguasai jaringan telekomunikasi, selain Vodafone, yaitu Telecom New Zealand dan 2Degrees. Ketiganya mempunyai toko dan outlet yang cukup banyak nyaris di semua kota besar di New Zealand.

Berikut adalah link untuk mendapatkan outlet terdekat membeli kartu prabayar SIM di New Zealand:

Saya coba bahas kelebihan dan kekurangan masing-masing telco, berdasarkan survey yang sudah saya lakukan sebelum berangkat dan selama kami disana. Semoga bisa jadi bahan pertimbangan.

Vodafone New Zealand  
Supa Prepay card.
image from : priceme.co.nz
Vodafone NZ memproklamirkan bahwa jaringan mereka ada di 97% dimana Kiwis (penduduk New Zealand menyebut diri mereka sebagai: Kiwi) bekerja dan tinggal. Namun 97% itu bukanlah jaringan 3G, melainkan 2G sajah, jadi jangan mengandalkan layanan mereka untuk akses mobile data/internetan di ponsel deh. Kalau hanya untuk SMS-an atau telponan bolehlah. Jaringan 3G-nya sendiri ada sih, tapi di kota-kota besar seperti Christchurch, Auckland, Wellington , Dunedin dan Queenstown, dengan ponsel yang bisa bekerja di frekuensi 900 - 2100 MHz. 
Harga Kartu perdana prabayar Vodafone : NZD 30, belum ada pulsa dan paket data apapun, mahal sih menurut kami. tapi mereka punya beberapa paket prabayar setelah top-up pulsa, sebagai berikut :
Simply Prepay , ini adalah salah satu pilihan terbaik buat yang lagi melakukan perjalanan singkat di New Zealand. Tarif panggilan keluar domestik (antar nomor lokal NZ): NZD 49c/menit , SMS NZD 12c ke sesama nomor GSM di NZ atau 31c ke nomor internasional. Untuk biaya paket internetnya sendiri untuk penggunaan 10MB per hari tarifnya flat NZD 1 namun jika penggunaan lebih dari 10MB dalam sehari, tarifnya meningkat tajam jadi NZD 1/MB. 
Jadi kalau cuma mau dipakai untuk internetan aja, lebih baik beli pulsa/prepaid credit  untuk paket mobile broadband ; 512MB seharga NZD 30 atau 2GB seharga NZD 50. Untuk pilihan top-up tersedia paket 100MB seharga NZD 10 dan 512MB seharga NZD 30. Jangan lupa untuk mengganti APN di ponsel setting dengan APN Vodafone NZ : vodafone.net.nz.
Selain yang disebut diatas, mereka punya beberapa option lain untuk paket kartu prabayar, bisa dipilih disini: Prepaid Smart.

Untuk pengguna iPad, mereka juga ada paket khusus dengan MicroSIM. Harga kartu perdananya sama, NZD 30 kemudian bisa ditop-up/beli pulsa seharga pilihan top up ; 250MB seharga NZD 20 dan 3GB  seharga NZD 50. Mahaaall memaaanggg internetan di New Zealand ini. Secara infrastruktur mau internetan pakai ponsel ataupun pakai wifi juga mahal di NZ, karena jarang banget tempat umum ataupun hostel yang menyediakan wifi gratis.

Telecom New Zealand

Telecom New Zealand dikenal terbaik untuk kecepatan dan jaringan internetnya, dengan "XT" mobile network, namun untuk dapat menikmati kecanggihannya, ponsel kita harus kompatibel 3G dan support radio frekuensi 850MHz, karena Telecom NZ tidak ada jaringan 2G nya jadi kalau ponsel kita tidak 3G compatible ya udah gak bakal nemu sinyalnya. Tapi jangan kuatir kalau ponsel kita bukan 850 MHz, misalkan 2100 MHz, tetap bisa dipakai, namun biasanya hanya di pusat kota. Paling aman sih pake iPhone, mulai dari generasi pertama sampai yang terakhir iPhone 4s, semua support frekuensi 850 MHz. requency.
Tarif Telecom NZ lebih murah dari Vodafone NZ, kalau untuk penggunaan internet di ponsel kita. Kartu perdana SIM prabayarnya sama-sama seharga NZD 30 tapi sudah berisikan pulsa sebesar NZD 30 dan internet data plan sebesar 500MB, jadi kita bisa memilih mau menggunakan pulsa tersebut hanya untuk telpon dan SMS dengan total pulsa yang tersedia ataukah untuk internetan. Isi ulang tambahan untuk paket datanya bisa dipilih: 500MB seharga NZD 29.95 ; 2GB seharga NZD 61.06 dan 4GB seharga $81.51, ketiganya berlaku selama sebulan. Sedangkan jika kelebihan penggunaan dari paket yang sudah dipilih, biaya tambahannya adalah NZD 10c/MB. APN setting juga harus diganti menjadi : internet.telecom.co.nz.
Tarif panggilan sesama nomor NZ/ domestik sebesar NZD 69c/menit dan SMS sebesar NZD 20c untuk sesama nomor NZ, sedangkan ke nomor internasional sebesar NZD 30c per SMS. Telecom NZ juga menyediakan micro SIM dengan harga $30, sudah termasuk paket data 500MB seperti disebut diatas. 

2Degrees
image from chrysaliscomputers.co.nz  
Merupakan perusahaan telco paling baru di New Zealand jadi secara jaringan masih terbatas banget, tapi mereka kerjasama jaringan dengan Vodafone NZ sehingga untuk jaringan 2G nya pun mereka bisa digunakan di kota-kota yang ada jaringan Vodafonenya juga, lumayan lah kalau memang butuh untuk telpon dan SMS ajah, biaya yang dikenakan saat berada di jaringan Vodafone NZ juga sama (untuk telpon dan SMS ajah).
Kalau kita cuma melakukan perjalanan di kota-kota seperti Christchurch, Wellington, Auckland atau Queenstown, sebenernya pakai.2Degrees sih lumayan murah, tapi kalau ke kota-kota lain, jaringannya langsung susaaaahh, apalagi kalau belum masuk ke jaringan Vodafone. Kebetulan saya mengalami banget karena saya pakai 2Degrees ini di iPhone4 saya selama perjalanan kita.

Kartu perdana SIM prabayarnya sendiri paling murah, cuma NZD 5 udah termasuk pulsa NZD 1. Kebetulan malah saya dapat prabayar saya sendiri malahan gratis!, dikasih dari tempat rental mobil kita. Untuk isi ulangnya sendiri saya lihat 2Degrees paling gampang dibanding yang lainnya, mulai dari pom bensin, toko 24 jam, supermarket dan banyak lainnya sedia voucher isi ulangnya baik fisik maupun elektronik. Yang agak susah itu saya lihat adalah Telecom NZ.

Tarif telpon lokal sesama nomor NZ adalah NZD 44c/menit dan tarif SMS adalah NZD 9c flat ke sesama nomor NZ maupun internasional. Murah dibanding yang lain.Semua ponsel bisa digunakan dengan kartu 2Degrees karena jaringannya menggunakan 3G dengan frekuensi 2100MHz. Namun ketika kita pindah kota dan harus menggunakan jaringan Vodafone New Zealand sebaiknya ponsel kita support frekuensi 900MHz.
Untuk paket datanya sendiri termasuk murah selama kita berada di kota-kota jaringan utamanya; Christchurch, Wellington, Auckland atau Queenstown.Paket 1GB seharga NZD 20 berlaku untuk sebulan, paket 3GB seharga NZD 50 berlaku untuk 60 hari dan paket 12GB seharga $150 berlaku 6 bulan.
Tapi kalau diluar kota-kota tadi, 2Degrees akan menggunakan jaringan VodafoneNZ dan secara tarif lebih mahal, sekitar NZD 50c/MB. Seperti yang lainnya juga, APN setting harus diganti menjadi :  internet. 

Jadi silahkan dipilih sendiri, kartu prabayar mana yang paling sesuai dengan perjalanan Anda. Kalau kami boleh usul sih, jika memang paling sering digunakan untuk internet/data, dan digunakan untuk keliling berbagai kota di NZ, mendingan beli Telecom NZ ajah. 2Degrees emang murah, tapi ya ampun sinyalnya parah kalau buat keliling New Zealand sih.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

IBN