badge

Mengurus Visa Jepang

Kali ini kita share untuk persyaratan visa turis ke Jepang, dengan update persyaratan per tanggal posting, kalau ada perubahan silahkan klik ke website resmi mereka aja : http://www.id.emb-japan.go.jp/visa.html
Jangan percaya kalau ada berita untuk bepergian ke Jepang sudah bisa tanpa visa. Itu hoax, karena kenyataannya memang belum bisa, kalau sudah bisa nanti postingan ini akan saya update atau malah saya hapus aja karena udah ngga relevan.

Anyway, berikut persyaratan untuk mengajukan visa turis ke Jepang;

1. Paspor asli dengan masa berlaku yang masih 6 bulan
Juga fotocopy-nya 1 lembar.

2. Pas Foto Berwarna background putih, ukuran 4.5x4.5cm, 2 lembar.
Ukuran ini harus diperhatikan ya, jangan sampai salah.

3. Fotokopi KTP, Kartu Keluarga, masing-masing 1 lembar aja.



4. Fotokopi Surat/ Buku Nikah, bagi yang sudah menikah.

6. Fotokopi Akte Kelahiran / Surat Kenal Lahir, 1 lembar aja.

7. Surat Pernyataan bekerja dari Perusahaan, ditulis dalam bahasa Inggris, di kop surat perusahaan dengan cap perusahaan. Surat ini harus asli, bukan fotokopi.

8. Bukti print out rekening tabungan selama 3 bulan.  Tidak ada minimal berapa nominal yang dimiliki karena sebenarnya mau dilihat bahwa Anda benar punya pemasukan rutin tiap bulan dan sanggup membiayai perjalanan ke Jepang.

9. Print Out Tiket dan pesanan hotel. Disarankan mencari bookingan hotel online yang tidak perlu bayar di depan, seperti Asiarooms.com.

10. Formulir Permohonan visa, download formulirnya dari : http://www.id.emb-japan.go.jp/visa.html diiisi aja formulir yang sesuai visa yang diinginkan, sebagai catatan, dalam mengisinya gunakan huruf kapital (walaupun ngga lagi marah2 :p).

11. Itinenary Perjalanan. Siapkan saja selama di Jepang mau kemana saja objek wisata yang ingin didatangi. Saya siap membantu jika dibutuhkan, dengan imbalan pastinya, hehehe...nothing free in this world ;)

Untuk tempat pengajuan visanya sendiri berada di kedubes Jepang di Jakarta serta beberapa kantor konsuler di Surabaya, Denpasar, Makassar dan Medan.
Alamat lengkap dan nomor telpon masing-masing kantor bisa dilihat disini: http://www.id.emb-japan.go.jp/conind.html 

Silahkan datang sesuai hari pelayanan kantor pada umumnya, yaitu :
Hari Senin - Jumat, (kecuali pada hari libur nasional dan libur Kedutaan).
- Pengajuan Permohonan Visa : pk. 08:30 - 12:00.
- Pengambilan Paspor : pk. 13:30 - 15:00.

Biaya permohonan visa adalah sebagai berikut (mohon selalu dicek ulang ke websitenya ya siapa tahu ada update terbaru):
    1.Visa Single Entry Rp 325,000,-
    2.Visa Multiple Entry Rp 650,000,-
    3.Visa Transit Rp 80,000,-

Proses permohonannya biasa memakan waktu sekitar 4 hari kerja minimal, jika tidak ada kekurangan persyaratan prosedur.
Sebenarnya gak susah kalau dilakukan sendiri, tapi kalau tidak ada waktu, mungkin bisa minta bantuan travel agent tapi sudah pasti biayanya berbeda :)


CATATAN Per Sept 2014 :
  • Mohon maaf kami tidak melayani segala komentar ataupun pertanyaan terkait illegal employment using visitor/student visa di negara manapun.
  • Juga tidak melayani pertanyaan terkait pengajuan visa jika keluarga/teman/sodara/handai taulannya tinggal/kerja ilegal di negara manapun.

 

2 comments:

Boleh kok komen apa aja, nanya apa aja, curcol jg boleh. Minta di blogwalk jg boleh. Yang ga boleh itu pasang link ke website jualan ya. Tolong punya etika, jangan numpang iklan gratisan.

Spam komen link jualan = Delete.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Booking.com
Gadgets By Spice Up Your Blog