badge

Perjuangan Mengurus Visa Australia

Rencana untuk tamasya (caelah) ke Australia ini sangat mendadak, terutama karena sebenarnya adalah gw kepengen kejar target sebelum umur 30 sudah menjajaki 5 benua utama, so far yang sudah tercapai target kan Asia dan Amerika, masih ada 2 tahun lagi untuk menginjakkan jempol kaki ke benua Afrika, Australia dan Eropa. Gw optimis banget sih semua akan tercapai..amin.

Anyway problem pertama adalah soal Visa. Salah satu alasan kenapa gw kepengen ke Australia dalam hal ini Sydney adalah karena salah seorang sepupu gw lagi sekolah di Billy Blue Music School di Sydney. Jadi gw pikir gw bisa minta rekomendasi letter sponsor dan juga bisa numpang nginep disana.

Googling buat cara bikin visa turis ke Australia sepertinya agak sulit karena sejak kejadian bombing di Kedutaan Australia beberapa tahun yang lalu mungkin entry permit untuk visa turis ke Australia dipersulit. Akhirnya setelah chatting dengan Bravo-kenalan agent travel, dia usulkan untuk melalui calo visa dari travelnya.
Biayanya Rp 800ribu. Ya sudah gw pikir daripada gw harus bolak balik kesana mending gw tau beres isi form dan kasih dokumen2 yang diperlukan ke dia.

Syarat-syaratnya aplikasi visa turis ke Australia sebenarnya standar sih :
  • Paspor valid min 6 bulan
  • Foto berwarna 4x6 yang terbaru
  • Surat sponsor dari keluarga/teman di Oz - jika tdk nginep di hotel
  • Surat rekomendasi bank dan juml rekening
  • Surat jaminan perusahaan tempat bekerja
  • Copy KTP dan KK serta Surat Nikah
  • Isi Form aplikasinya.
Gw agak cemas karena sepertinya surat sponsor dari keluarga itu yang sulit didapat mengingat sepupu gw ini sepertinya tdk dapat diandalkan untuk membantu, maka akhirnya gw membuat bookingan sementara hostel di sydney yang ternyata emang keputusan gw ini tepat. Sepupu gw itu tiba-tiba aja menghilang, di YM ga bales, di SMSin jg ga reply, pokoknya completely being as*hole!! kueseell banget deh

Anyway semua dokumen gw submit dan ternyata membutuhkan waktu yang cukup lama, hampir sebulan baru kelar. Kenapa sih mereka ngga bikin sistem online visa application aja. bikin stres :(
CATATAN Per Sept 2014 :
  • Mohon maaf kami tidak melayani segala komentar ataupun pertanyaan terkait illegal employment using visitor/student visa di negara manapun.
  • Juga tidak melayani pertanyaan terkait pengajuan visa jika keluarga/teman/sodara/handai taulannya tinggal/kerja ilegal di negara manapun.

 

2 comments:

  1. Trus visanya jebol beneran ga mas?? Saya mau mengajukan working and holiday visa karena emg udh dpt job dr sana. Jadi nanny aja sih, tp skalian liburan ksana, kan seruuu. Takut banget ngajuin visa trus dtolak karena emang udah dtunggu kehadirannya dsana. Klo boleh minta contact travelnya dong, email me at finthia.amkas@gmail.com. Thx before mas buat infonyaa ;))

    ReplyDelete
  2. tembus donk, kan ada di blog ini juga tulisannya : http://www.travelingcow.com/2007/11/yeyyi-got-australia-visa.html
    kebetulan itu kan cuma visa turis, ga terlalu sulit juga, saya kurang tau kalo working with holiday visa kayak gimana prosesnya tapi seharusnya kalau under 30 yrs old sih dikasih ya.
    good luck ya

    ReplyDelete

Boleh kok komen apa aja, nanya apa aja, curcol jg boleh. Minta di blogwalk jg boleh. Yang ga boleh itu pasang link ke website jualan ya. Tolong punya etika, jangan numpang iklan gratisan.

Spam komen link jualan = Delete.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Booking.com
Gadgets By Spice Up Your Blog